SOLOPOS.COM - Umat Islam Klaten saat menggelar aksi damai di depan kantor Kemenag Klaten, Jumat (11/9/2020). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Gabungan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang mengatasnamakan diri sebagai Umat Islam Klaten menuntut Menteri Agama Fachrul Razi mundur dari jabatannya. Massa menggelar longmarch dari Masjid Agung Al Aqsha Klaten menuju Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten di Jl Ronggowarsito Klaten, Jumat (11/9/2020) siang.

Saat massa berorasi di depan kantor Kemenag, polisi menutup sementara akses di Jl Ronggo Warsito Klaten selama satu jam. Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan jumlah aparat keamanan yang diterjunkan guna menjaga iklim kondusivitas selama aksi damai berlangsung mencapai 299 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Di sini, kami melakukan pengamanan. Selama aksi, arus lalu lintas kami alihkan sementara,” katanya.

Sempat Gerayangi Janda, Pelaku Batal Perkosa & Lari Tanpa Celana Usai Anak Korban Nangis

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Damai Umat Islam Klaten, Norman Arista Abdurahman, mengatakan unjuk rasa itu digelar sebagai reaksi atas penyataan sang menteri.

“Siang ini, bukan aksi damai ke Kemenag Klaten. Tapi lebih ke pernyataan menag yang sebabkan umat Islam resah. Menag telah membikin stigma mereka yang jadi penghafal Alquran cikal bakal radikalisme. Padahal Islam itu rahmatan lil alamin. Tuntutan kami, copot menag,” kata Norman.

Dalam tuntutan lengkapnya, Umat Islam Klaten menyebutkan beberapa alasan Fachrul Razi dianggap tak layak memegang jabatan sebagai menteri agama. Salah satu alasan itu adalah karena Fachrul Razi tak memiliki latar belakang sebagai ulama atau ahli agama Islam.

Berikut isi tuntutan Umat Islam Klaten yang ingin Menteri Agama Fachrul Razi mundur dari jabatannya:

1. Pemilihan dan pengangkatan saudara Fachrul Razi sebagai menteri agama yang berlatar belakang bukan dari ulama atau orang yang paham tentang agama, khususnya Islam kami pandang tidak tepat. Hal ini tidak sesuai dengan asas The Right Man in The Right Place.

2. Sejak awal dilantik sampai saat ini, Menteri Agama RI, Fachrul Razi selalu mengeluarkan ungkapan, narasi, pernyataan, serta kebijakan yang tidak positif serta tidak produktif bagi kehidupan beragama rakyat Indonesia, terutama umat Islam yang menjadi bagian terbesar dari NKRI.

Hari Ini Dalam Sejarah: 11 September 2001, Amerika Serikat Diserang Al-Qaeda

3. Ungkapan, narasi, pernyataan serta kebijakan Menteri Agama RI, Fachrul Razi cenderung membikin gaduh serta justru memojokkan umat Islam yang notabene penyandang saham terbesar berdirinya RI ini. Sehingga wajar ada yang bertanya, kok menteri agama benci dengan agama?

4. Dengan dasar pemikiran yang independen, objektif, berakal sehat, serta tentunya panduan nurani kami sebagai rakyat dan umat Islam, kami dari umat Islam Jateng menuntut kepada presiden RI untuk mengganti Menteri Agama RI, Fachrul Razi secepatnya.

5. Usulan menteri agama yang mau menyertifikasi para mubalig dan dai tidak tepat dan tidak punya kapasitas untuk menilai. Pastinya, menteri agama pun pasti tidak lolos uji sertifikasi. Demikian pernyataan sikap kami dari umat Islam Jateng sebagai bentuk Jihadul Kalimah dari kami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya