SOLOPOS.COM - Imbauan Polres Sukoharjo. (Instagram @polisisukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO–Kepolisian Resor atau Polres Sukoharjo mengeluarkan imbauan supaya malam takbiran yang akan digelar pada Selasa (9/4/2024) malam nanti dirayakan dengan tidak berlebihan.

Kasubsi Penmas Polres Sukoharjo, Bripka Eka Prasetia, mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit mengimbau agar masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban terutama di jalanan saat menggelar takbiran menyambut Lebaran. Selain itu, warga juga diimbau agar tidak menyalakan petasan selama takbiran keliling.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami dari Polres Sukoharjo mengimbau agar masyarakat tidak menyalakan petasan, kemudian tertib berlalu lintas bagi pengguna jalan,” ungkap Eka saat dihubungi Solopos.com, Selasa (9/4/2024).

Imbauan lainnya terkait malam takbiran keliling dari Polres Sukoharjo adalah sebaiknya tidak menggunakan mobil dengan bak terbuka atau truk yang membawa pengeras suara pun agar dikurangi demi kenyamanan dan keamanan bersama.

“Untuk takbir keliling, agar tidak ada battle sound,” kata dia.

Imbauan agar merayakan malam takbiran dengan tidak berlebihan juga sudah diunggah di media sosial Instagram melalui akun resmi Polres Sukoharjo, @polisisukoharjo, Selasa (9/4/2024). Dalam unggahan itu tertulis “Mari kita rayakan malam takbiran dengan tidak berlebihan yang juga dibubuhi dengan Stop nyalakan petasan.”

Selain imbauan tentang malam takbiran, Polres Sukoharjo juga mengunggah imbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Selasa (9/4/2024).

Terdapat lima poin yang menjadi imbauan Polres Sukoharjo terkait malam takbiran dan Lebaran 2024 di antaranya:

1. Waktu mudik pastikan rumah terkunci dan aman saat ditinggalkan.

2. Laporkan atau titipkan rumah pada petugas keamanan setempat, tetangga bila ditinggal dalam keadaan kosong dalam waktu tertentu, berikan lampu penerangan di luar rumah.

3. Simpan barang berharga, dokumen penting di tempat yang aman atau titipkan ke kantor polisi terdekat.

4. Sebelum melaksanakan perjalanan jauh, cek kondisi kendaraan, jangan bawa barang berlebih, patuhi peraturan lalu lintas, dan jangan lupa berdoa untuk keselamatan.

5. Bila lelah dalam berkendaraan beristirahatlah, gunakan pospam posyan, atau rest area yang ada untuk beristirahat.

Imbauan itu dikeluarkan dalam rangka terciptanya kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif saat Ramadan dan Syawal.

Terkait imbauan kamtibmas itu, dia menjelaskan tidak ada kaitannya dengan tindak pidana pencurian atau pun tindak kriminal lainnya. Imbauan itu, lanjut Eka, bertujuan agar masyarakat tetap waspada dan kondisi rumah dan lingkungan tetap aman.

“Sampai saat ini, untuk kejadian pencurian yang menonjol belum ada dan kami berharap tidak ada, kami hanya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada, bila mudik agar pastikan rumah aman,” ungkap Eka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya