Ini Identitas Calon Haji Asal Sragen yang Meninggal di Tanah Suci

Satu anggota jemaah calon haji asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang meninggal di Madinah Arab Saudi pada Sabtu (18/6/2022) lalu bernama Purnomo, 61, warga Kecamatan Masaran.

 Ilustrasi jemaah haji beribadah di depan Kakbah. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji beribadah di depan Kakbah. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Satu anggota jemaah calon haji asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang meninggal di Madinah Arab Saudi pada Sabtu (18/6/2022) lalu diketahui bernama Purnomo, 61.

Ia tercatat sebagai warga Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Identitas itu diketahui berdasarkan Certificate of Death (COD) yang dikeluarkan Indonesia Medical Mission No.1 Daker/KKHI Madinah tertanggal 18 Juni 2022.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Penjelasan itu diungkapkan Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sragen, Ahmad Ulin Nur Hafsun, kepada Solopos.com, Minggu (19/6/2022) sore. Dia menerangkan Purnomo merupakan anggota jemaah haji kloter 15 SOC.

Dia mengatakan almarhum meninggal dengan tenang di Rumah Sakit Al Safiah Health Care Center Madinah.

“Berdasarkan laporan petugas kloter, almarhum awalnya sesak nafas saat di Masjid Nabawi sekitar pukul 07.10 waktu Arab Saudi. Petugas medis dan paramedis yang saat itu ikut salat di lokasi dengan almarhum sempat melakukan [resusitasi jantung paru] RJP. Kemudian, pukul 07.25 waktu setempat almarhum dilarikan ke RS Al Safiah,” ujar Ulin, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Innalilllah! 1 Calon Haji Asal Sragen Meninggal di Tanah Suci

RJP diberikan kepada seseorang yang mengalami henti napas dan henti jantung oleh sebab apapun, misalnya serangan jantung. Ulin melanjutkan pada pukul 07.40 waktu setempat langsung ditangani tenaga medis. Namun, pada pukul 08.10 waktu setempat, almarhum meninggal dunia.

“Kami ikut berduka. Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga diberi kesabaran. Aamiin. Jenazah almarhum dimakamkan di permakaman Uhud Madinah. Diduga serangan jantung yang menyebabkan almarhum meninggal,” tutur Ulin.

Ulin menerangkan total jemaah calon haji kloter 15 sebanyak 356 orang. Sebanyak 331 orang di antaranya dari Kabupaten Sragen.

Jemaah calon haji asal Sragen terbagi atas tiga kloter, yakni kloter 14, 15, dan 16. Kloter 14 dan 15 terbang ke Tanah Suci pada Senin (13/6/2022) lalu dan kloter 16 terbang ke Tanah Suci pada Rabu (15/6/2022). Mereka diberangkatkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan Wakil Bupati Sragen, Suroto, dari Pendapa Sumonegaran Sragen.

Baca Juga : Meninggal di Mekkah, Jenazah Calon Haji Sragen Tak Dipulangkan

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

Mobil Meluncur ke Jurang di Boyolali Sempat Terbang dan Tabrak Pohon

Video tentang mobil berwarna merah yang hilang kendali di sebuah jalan turunan hingga akhirnya terjun ke jurang viral di media sosial.

Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Gubernur Ganjar datang ke Sukoharjo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Ada Kecamatan Tak Punya SMA Negeri Di Solo, Ombudsman Bilang Begini

Ombudsman RI menyoroti tidak adanya SMA negeri di Pasar Kliwon saat kunjungan ke Kota Solo, meminta Pemprov Jateng segera mencari solusi.

Bawang Merah Langka, Pengepul Luar Kota Datangi Petani di Selo Boyolali

Kelangkaan bawang merah terjadi karena para petani bawang merah mengalami gagal panen.

Polemik Holywings, Apa Pengaruhnya ke Pembangunan Holywings Solo Baru?

Holywings Solo Baru dibangun oleh PT Alpha Solo Berjaya yang menyewa lahan seluas 1.500 meter persegi di sisi timur The Park Mall Solo Baru.

Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Sampah basah sehabis hujan sempat menjadi kendala saat uji coba PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang dimulai Selasa (28/6/2022).

3 Penganiaya Nasabah Bank Plecit Wonogiri Divonis 5 Bulan Penjara

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri memvonis lima bulan penjara kepada tiga terdakwa kasus penganiayaan kepada nasabah bank plecit di Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/6/2022).