SOLOPOS.COM - Honda Jazz 2014-2021 merupakan Honda Jazz terakhir uang beredar di Indonesia (Otoloka.id)

Solopos.com, SOLO — Honda Jazz resmi tidak dijual lagi di Indonesia dan PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengumumkan telah menghentikan produksinya. Ada beberapa generasi Honda Jazz di Indonesia, lantas Honda Jazz Terakhir yang dijual di Indonesia seri apa.

Kehadiran mobil Honda City Hatchback RS di Indonesia yang resmi diluncurkan pada 3 Maret 2021 menjadi tanda berakhirnya penjualan Honda Jazz di Indonesia dan resmi tidak diproduksi lagi atau telah disuntik mati.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

“Kami sudah tidak memproduksi lagi Honda Jazz di Indonesia. Kami menilai bahwa Honda City Hatchback RS bisa memenuhi keinginan target konsumen kami di segmen hatchback,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy pada 3 Maret 2021.

Baca juga: Ini Mobil Sedan Honda Bekas Harga Rp80-Rp100 Jutaan

Dikutip dari Gridoto.com dan Otoloka id, mobil Honda Jazz kali pertama masuk ke Indonesia pada 2003. Honda Jazz generasi pertama yang masuk ke Indonesia lewat skema impor secara utuh (Completely Build Up/CBU) dari Thailand.

Mobil yang mengusung mesin 1.500 cc berkode L15A dengan teknologi iDSI (Intelligent-Dual Sequential Ignition) ini langsung terkenal. Hal ini setelah adanya hoaks bahwa titik di huruf J pada emblem Honda Jazz mengandung berlian.

Kemudian sebelum Honda Jazz terakhir muncul generasi kedua di Indonesia (2008-2014)dengan kode bodi GE8 memiliki dimensi lebih besar. Dibekali dengan mesin baru yakni 1.500 cc i-VTEC, dengan tenaga maksimum 117,6 dk/6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm/4.800 rpm.

Baca juga: Resmi Diperkenalkan di Jateng & DIY, Honda City Hatchback RS Siap Gantikan Honda Jazz

Hond Jazz Generasi kedua ini memiliki varian A, S dan RS itu juga sempat beberapa kali mendapatkan penyegaran minor alias facelift pada 2011 dan 2013. Desain eksterior dan interiornya mendapat penyegaran di tahun tersebut.

Hingga akhirnya Honda Jazz terakhir yang beredar di Indonesia adalah generasi ketiga (2014-2021). Honda Jazz ini memiliki kode bodi GK5 dengan tampilan yang jauh lebih sporty dan modern dibandingkan generasi sebelumnya (2008).

Mesinnya masih menggunakan kapasitas 1.500 cc, namun berbeda dari sebelumnya, kali ini hadir dengan kode mesin L15Z1, yang juga digunakan pada Mobilio, dan BR-V.Mesinnya diklaim memiliki output tenaga sebesar 120 dk dan torsi maksimal 145 Nm. Honda Jass terakhir ini sempat mendapat facelift pada 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya