SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, KULONPROGO—Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuktikan kedigdayaannya di Daerah Pemilihan (Dapil) I yang meliputi wilayah Panjatan, Wates dan Temon. Perolehan suara partai berlambang banteng kekar di Dapil ini mencapai angka 22.269 suara, terpaut jauh dengan para pesaingnya.

Superioritas banteng ditunjukkan di wilayah Panjatan dan Wates. Di Panjatan PDIP mendulang 8.357 suara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menempel di peringkat dua cuma mampu meraih 3.458 suara. Banteng semakin perkasa di Wates dengan pencapaian 10.718 suara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di wilayah ini, sinar matahari terbit  Partai Amanat Nasional (PAN)  yang menjadi runner up juga belum bisa meredupkan  langkah si banteng. PAN cuma mengumpulkan 3.220 suara, malah kalah jauh dibandingkan PDIP.

Ambisi banteng untuk sapu bersih perolehan suara di seluruh wilayah Dapil I terjegal oleh  Partai Gerindra. Pasalnya, di Temon, Gerindra mampu mengungguli perolehan suara PDIP. Kendati begitu, kemenangan Gerindra juga tidak terlalu telak.

Gerindra mendulang 3483 suara, sedangkan PDIP mengoleksi 3.194 suara atau cuma terpaut 289 suara. Masih mentereng pencapaian PDIP di dua wilayah, Panjatan dan Wates yang mampu menjaga jarak sampai ribuan suara dengan pesaing terdekatnya.

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panjatan, Ida Yuswantiyas mengungkapkan proses rekapitulasi suara telah final. Kini PPK sudah mengirimkan hasil rekapitulasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dia mengakui perolehan suara PDIP di Panjatan berpotensi mampu mengantar dua jatah calon legislator (Caleg) ke dewan.

“Dibandingkan dengan suara dari Parepol lain memang terpaut jauh. Besar kemungkinan akan bisa mengirim dua wakilny ke dewan,” ujarnya saat ditemui Harian Jogja, Selasa (15/4/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya