SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Moderna. (opeaccesgoverment.com)

Solopos.com, JAKARTA — BUMN Farmasi PT Kimia Farma Tbk akan membuka klinik vaksinasi individual pada Senin (12/7/2021). Lantas, berapa harga vaksin Covid-19 di Kima Farma?

Dikutip dari Antara, Minggu (11/7/2021), vaksinasi individu merupakan bagian program vaksin gotong royong. Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah produksi Sinophram.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harga vaksin Covid-19 di klinik Kimia Farma ini dipatok sebesar Rp321.660 per dosis dengan tarif pelayanan Rp117.910 per dosis. Artinya sekali vaksinasi biayanya Rp439.570. Sementara jika vaksinasi Covid-19 dibutuhkan dua dosis vaksin, maka harga vaksin dan biaya jasanya Rp879.140 per orang.

Baca juga: Duh Duh Duh, Putri Keraton Yogyakarta Dikatain Kampungan di Jakarta Gegara Ucapkan Makasih

Vaksinasi gotong royong untuk individu menggunakan jenis vaksin yang berbeda dari vaksinasi program pemerintah.

Ketentuan vaksinasi Gotong Royong individu ini diatur dalam Permenkes No 19 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenkes No 10/2021 mengenai Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.

Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansyuri mengatakan bahwa vaksinasi gotong royong individu dapat mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity), sehingga pemulihan perekonomian nasional dapat berjalan lebih cepat.

“Pelayanan vaksinasi individu oleh Kimia Farma Group ini merupakan upaya untuk mengakselerasi penerapan Vaksinasi Gotong Royong dalam membantu program vaksinasi Indonesia untuk mencapai herd immunity secepat-cepatnya,” katanya saat meninjau pelaksanaan VGR Individu di Klinik Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (10/7/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

Baca juga: Makam Kuno di Pojokan Jl Raya Sukowati Sragen Ternyata Punya Orang Belanda, Pemilik Pertama PG Mojo 

Adapun pelaksanaan vaksin gotong royong individu melalui klinik Kimia Farma mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 18 Tahun 2021 tentang perubahan atas Permenkes Nomor 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. Arya menjelaskan upaya tersebut adalah langkah yang dilakukan supaya vaksinasi semakin cepat diterima masyarakat.

Meskipun ada program vaksinasi Gotong Royong yang berbayar, vaksinasi gratis dari pemerintah tetap berjalan. Hal itu disampaikan Staf Khusus Kementerian BUMN Bidang Komunikasi, Arya Sinulingga. Vaksinasi gratis dari pemerintah bisa diakses masyarakat di berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya