Ini Ganjaran Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan 2 Orang di Tol Madiun

Sopir truk kontainer pelaku tabrak lari di jalan tol Madiun terancam pidana penjara sembilan tahun dan dicabut SIM-nya.

 Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo, menunjukkan truk kontainer yang menabrak dua orang hingga meninggal di Jalan Tol Madiun-Surabaya, Rabu (26/1/2022). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo, menunjukkan truk kontainer yang menabrak dua orang hingga meninggal di Jalan Tol Madiun-Surabaya, Rabu (26/1/2022). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Sopir truk kontainer yang menjadi pelaku tabrak lari di Jalan Tol Madiun-Surabaya KM 622.180 bakal dikenai pasal berlapis. Bukan hanya dikenai pasal berlapis, sopir truk itu juga bakal dicabut SIM-nya seumur hidup.

Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo, mengatakan sopir truk kontainer bernama Sukiman, 51, itu telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tabrak lari di Jalan Tol Madiun-Surabaya pada Selasa (25/1/2022). Dalam kecelakaan itu, dua orang meninggal dunia di lokasi kejadian dengan kondisi mengenaskan.

PromosiPembuktian BNI Jadi Pelopor Green Banking

Bukannya menolong para korban yang ditabrak, sopir truk kontainer berpelat nomor B 9110 UEW itu malah melarikan diri. Kedua korban yang meninggal dalam kecelakaan itu adalah sopir dan kernet truk berpelat nomor S 7876 UP.

Baca juga: Sopir Truk Kontainer Tabrak Lari 2 Orang di Tol Madiun Jadi Tersangka

Kedua korban bernama Widi Yuho Nusantoro, 27, warga Desa Glonggong, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, dan Brian Lanno Pangestu, 22, warga Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

“Sebelum kecelakaan terjadi, kedua korban sedang turun dari truk dan mengecek bannya,” jelas dia kepada wartawan saat pengungkapan kasus, Rabu (26/1/2022).

Polisi kemudian melakukan pengejaran kepada pelaku penabrakan tersebut. Di lokasi kejadian, polisi menemukan barang bukti berupa kaca spion yang jatuh. Setelah melakukan pengejaran dengan melihat rekaman CCTV di berbagai lokasi, petugas berhasil menemukan keberadaan sopir truk tak bertanggungjawab itu. Pelaku ditangkap di pool truk perusahaan di wilayah Krian, Kabupaten Sidoarjo.

Anton pun menjelaskan bahwa pelaku ini berniat menghilangkan barang bukti dengan mengganti kaca spion truk. Polisi segera mengendus itu karena kaca spion tersebut yang baru tidak sesuai ukurannya.

Baca juga: Hati-Hati! Ruas Jalan Raya Madiun-Surabaya Rawan Kecelakaan

Atas kelaiannya yang mengakibatkan hilangnya dua nyawa, tersangka akan dikenai pasal berlapis. Tersangka bakal dikenai Pasal 310 ayat 4 UU No.22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULAJ) dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara dan denda Rp12 juta. Selain itu, tersangka juga dijerat Pasal 312 UU No. 22/2009 dengan ancaman penjara maksimal 3 tahun dan denda Rp75 juta.

Kasatlantas Polres Madiun, AKP Firman Widyaputra, mengatakan tersangka tidak hanya mendapatkan hukuman pidana, tetapi juga mendapatkan hukuman pencabutan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidupnya. Pemberian hukuman ini karena tersangka dinilai tidak layak untuk berkendara di jalan raya.

Satlantas Polres Madiun akan mencabut SIM pelaku untuk seumur hidup karena dinilai tidak layak untuk berkendara di jalan raya. Hal ini sesuai petunjuk dan arahan dari Ditlantas Polda Jatim,” jelas Firman.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Hutan Madiun, Ini Ciri-Cirinya

Sesosok mayat tanpa identitas ditemukan di Gunung Kendil, Desa Pilangrejo, Kecamatan Wungu, Madiun.

Gara-Gara KKN di Desa Penari, Pengunjung Bioskop di Ponorogo Melonjak

Pengunjung bioskop di Ponorogo City Center (PCC) melonjak tajam saat penayangan film KKN di Desa Penari.

Sita 279 Ton Pupuk Bersubsidi Ilegal, Polda Jatim Tangkap 24 Orang

Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menyita sebanyak 279,45 ton atau 5.589 karung pupuk bersubsidi ilegal yang melibatkan 24 orang tersangka.

Hebat! Siswi MAN 2 Ponorogo Ini Raih Beasiswa Kuliah di Kanada

Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ponorogo, lolos mendapatkan beasiswa Indonesia Maju untuk kuliah di University of British Columbia (UBC) Kanada.

Polisi: Kecelakaan Maut di Tol Surabaya Diduga karena Sopir Bus Ngantuk

Polisi menduga kecelakaan maut di Tol Surabaya-Mojokerto disebabkan sopir bus yang mengantuk.

Berikut Identitas Korban Meninggal Dunia dan Luka-Luka di Tol Surabaya

Berikut ini nama-nama korban meninggal dunia dan luka-luka dalam kecelakaan lalu lintas maut di Tol Surabaya-Mojokerto.

Legenda Golan Mirah di Ponorogo, Warga Desanya Tak Bisa Saling Menikah

Legenda Golan Mirah yang ada di Kabupaten Ponorogo sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan dipercaya hingga sekarang.

Pemkot Surabaya Bantu Siapkan Pemakaman Korban Kecelakaan di Tol Sumo

Pemerintah Kota Surabaya mengirimkan delapan unit mobil ambulans ke RSUD Wahidin Mojokerto untuk membawa sejumlah jenazah yang menjadi korban dalam kecelakaan bus di Tol Surabaya-Mojokerto atau Sumo pada Senin (16/5/2022).

Deklarasikan Hari Menggambar Nasional, Warga Madiun Melukis Bersama

Belasan pelukis dan warga mendeklarasikan Hari Menggambar Nasional.

Bentrokan Antar Perguruan Silat Terjadi di Perlintasan KA Madiun

Aksi bentrokan antar perguruan silat terjadi di perlintasan kereta api di wilayah Kota Madiun.

Kawanan Ubur-Ubur Muncul di Pantai Probolinggo Lebih Awal dari Biasanya

Kawanan ubur-ubur muncul lebih awal di pantai Probolinggo, Jawa Timur.

Mantap! Desa di Magetan Ini Dikembangkan Jadi Sentra Ikan Koi

Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dikembangkan menjadi sentra budi daya ikan koi.

Langka! Ubur-ubur Sudah Penuhi Kawasan Pantai Probolinggo

Fenomena cukup langka terjadi di kawasan pantai di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), di mana kawanan ubur-ubur sudah bermunculan.

Selama Lebaran 2022 KAI Daop Jember Angkut 281.016 Penumpang

Jumlah penumpang tersebut naik dan turun di wilayah kerja Daop 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi, Jawa Timur sejak 22 April - 13 Mei 2022.

Puluhan Warga Desa di Jombang Alami Keracunan Usai Santap Nasi Kotak

Puluhan warga Dusun Garu, Desa Podoroto, Kabupaten Jombang, mengalami keracunan secara massal usai menyantap makanan dari nasi kotak di pengajian.

Orang Malang Suka Membalik Kata, Ternyata Ini Awal Mulanya

Ini alasan orang Malang, Jawa Timur (Jatim) suka membalikan kata atau menggunakan bahasa Walikan.