SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria makan sayuran. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Baru-baru ini diet starvemaxxing sedang trending di media sosial. Diet ini dipercaya bisa membuat lekukan tulang rahang terlihat jelas sehingga wajah terlihat tegas. Ketahui sejumlah fakta diet ekstrem ini di tips sehat kali ini.

Dari pantauan Bisnis, mayoritas yang menerapkan program penurunan berat badan ini adalah laki-laki. Mereka menginginkan lekukan itu layaknya Jordan Barrett

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam narasi yang beredar, untuk mendapatkan bentuk muka tersebut mereka tidak akan makan selama kurang lebih tiga hari karena dipercaya dapat membakar lemak dalam tubuh. Tentu saja, tidak makan dalam waktu yang panjang bisa berakibat fatal bagi kesehatan dan termasuk kategori diet ekstrem.

Berikut ini sejumlah fakta tentang diet starvemaxxing dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (14/3/2024):

1. Bisa membuat wajah tampak lebih menawan

Para penganut diet starvemaxxing mempercayai bahwa tidak makan dalam waktu berhari-hari dapat membakar lemak, terutama pada bagian wajah sehingga akan membentuk wajah yang menawan dan tampak lebih tegas. Bentuk wajah tersebut biasa disebut dengan “Mewing”.

2. Digandrungi pria

Fakta berikutnya dari diet starvemaxxing ini adalah digandrungi kaum pria karena dipercaya bisa memikat lawan jenis dan membuat wajah tampak lebih tampan.

3. Terinspirasi bentuk muka Jordan Barrett

Jordan Barrett merupakan model asal Australia yang pernah menjalankan diet ekstrim untuk menurunkan berat badan. Hasilnya, Jordan mendapatkan bentuk wajah yang tampak lebih tegas, di mana bagian wajah memiliki sedikit lemak sehingga tulang rahang tampak terlihat jelas.

4. Termasuk diet ekstrem

Fakta berikutnya diet starvemaxxing mengharuskan seseorang tidak makan selama berhari-hari, maka diet ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Pasalnya, tubuh akan kekurangan asupan nutrisi yang dapat mengganggu metabolisme.

Setelah tahu fakta diet starvemaxxing, ketahui bahaya diet ekstrem bagi kesehatan tubuh berikut ini:

1. Tubuh jadi lemas

Diet ekstrem umumnya dilakukan dengan cara yang tidak wajar yang mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi ke dalam tubuh. Saat ini terjadi, tubuh akan menjadi lemas dan sulit melakukan rutinitas sehari-hari.

2. Penurunan massa otot

Diet ekstrem seperti starvemaxxing ini bisa menyebabkan penurunan masa otot. Walaupun lemak akan habis karena dijadikan cadangan energi, massa otot juga akan mengalami penurunan karena tidak dilatih secara bertahap, terlebih kurangnya protein membuat otot tidak berkembang sehingga tubuh terlihat kurus.

3. Malnutrisi

Diet ekstrem membuat tubuh kekurangan nutrisi yang menjadi sumber energi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Dampaknya, tubuh akan mudah lelah, sulit berkonsentrasi, sampai gangguan mental.

4. Imun tubuh melemah

Diet ekstrem seperti starvemaxxing ini bisa menurunkan daya tahan tubuh. Imun memiliki peranan penting untuk menjaga tubuh dari paparan penyakit. Namun, ketika asupan makanan kurang dan tidak memiliki nutrisi yang cukup dapat mengakibatkan imun tubuh melemah dan membuat tubuh mudah terpapar penyakit.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Lagi Digandrungi Kaum Pria, Ini Bahaya dan Fakta-fakta Diet Starvemaxxing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya