Ini Efek Bleaching dalam Proses Pewarnaan Rambut Seperti Lisa Blackpink

Berikut ini beberapa efek buruk yang bisa timbul akibat proses bleaching dalam pewarnaan rambut.

 Lisa Blackpink mengaku rambutnya rusak. (Instagram/@lalisa_m)

SOLOPOS.COM - Lisa Blackpink mengaku rambutnya rusak. (Instagram/@lalisa_m)

Solopos.com, SOLO-Sebelum melakukan bleaching dalam proses pewarnaan rambut seperti dilakukan Lisa Blackpink, sebaiknya kenali dulu efek tindakan ini. Sebagaimana diketahui pelantun Lalisa itu sempat curhat rambutnya rusak.

Meski tidak menjelaskan penyebab kerusakan rambutnya lantaran pewarnaan rambut, tak sedikit warganet menduga hal itu sebagai penyebabnya. Sebagaimana diketahui, member girl group dari Korea Selatan itu sering berganti-ganti warna rambut mulai dari dark brown hingga blonde platinum.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Padahal warna rambutnya yang asli adalah hitam. Lisa Blackpink mengeluhkan rambutnya jadi kering. Simak ulasannya di tips perawatan rambut berikut ini.

Jika Anda berambut hitam seperti Lisa Blackpink, sebaiknya ketahui efek bleaching dalam proses pewarnaan rambut. Sebab jika Anda berambut hitam dan menginginkan warna terang seperti blonde platinum, tentu harus menjalani bleaching terlebih dulu.

Baca Juga:  Curhat Rambut Rusak, Ini Transformasi Warna Rambut Lisa Blackpink

Proses ini bertujuan untuk melunturkan pigmen warna asli rambut sehingga zat pewarna lebih mudah meresap dan menghasilkan tone warna yang diinginkan. Pada umumnya, bleaching dilakukan pada rambut yang warna aslinya gelap, misalnya cokelat tua dan hitam. Karena pigmen warna rambut yang gelap akan menyulitkan proses pewarnaan yang menggunakan warna-warna terang.

Kamu harus meluangkan banyak waktu bila akan melakukan bleaching rambut karena prosesnya membutuhkan waktu lama. Semakin terang warna rambut yang kamu inginkan, maka semakin lama pula proses bleaching-nya. Langkah-langkah bleaching yang harus dilalui sebelum rambut siap diwarnai yaitu:

Berikut ini beberapa efek buruk yang bisa timbul akibat proses bleaching dalam pewarnaan rambut seperti dikutip dari tresemme.com pada Selasa (9/8/2022):

1. Membuat Rambut Jadi Kering

Proses bleaching ternyata bisa membuat rambut kering. Hal ini rentan terjadi karena paparan bahan kimia yang digunakan. Risiko rambut kering bahkan meningkat kalau kamu sudah melakukan bleaching lebih dari satu kali. Kamu harus telaten mencari cara mengatasi rambut kering untuk mengurangi dampak buruk bleaching terhadap kesehatan rambutmu.

Baca Juga: Sebelum Mewarnai Rambut, Ketahui Hukum Cat Rambut dalam Islam

2. Gampang Rontok dan Rusak

Rambut yang kering biasanya akan lebih rapuh sehingga mudah rontok dan bercabang. Selain itu, rambutmu juga akan tampak kusam dan tidak berkilau alami. Bila dibiarkan begitu saja, dampak buruk ini bisa menyebabkan kerontokan parah sampai rambutmu menipis.

3. Tekstur Rambut Berubah

Tekstur rambut yang tadinya lembut dan mudah diatur dapat berubah jadi kasar akibat bleaching. Hal ini bahkan bisa semakin parah jika kamu tidak merawat rambutmu dengan benar pasca bleaching. Perubahan tekstur rambut akan membuat rambutmu terlihat lepek atau justru mengembang seperti singa.

4. Rentan Menyebabkan Kebotakan Permanen

Efek buruk bleaching dalam pewarnaan rambut adalah rambut rontok parah sehingga berisiko mengalami kebotakan permanen jika tidak ditangani secara intensif. Kondisi tersebut diperparah oleh gangguan folikel-folikel dan saraf pada kulit kepala. Kalau kamu melakukan bleaching berkali-kali dalam waktu berdekatan, risiko kebotakan permanen pun akan semakin besar. Demi menghindari dampak buruk yang satu ini, kamu mesti telaten mengatasi rambut rontok dengan cara-cara alami.

Baca Juga: Hukum Cat Rambut Hitam dalam Islam, Boleh atau Tidak?

5. Menghilangkan Kandungan Melanin pada Rambut

Paparan bahan kimia dalam proses bleaching juga berisiko menghilangkan kandungan melanin pada rambutmu. Perubahan warna terjadi secara drastis dengan bantuan bahan kimia sehingga membuat rambut sulit beradaptasi mengembalikan kadar melanin secara alami. Jadi, tidak mengherankan jika bleaching menyebabkan perubahan warna rambut secara permanen.

6. Memicu Reaksi Alergi

Orang-orang yang punya sensitivitas tinggi terhadap bahan kimia rentan mengalami reaksi alergi saat menggunakan bahan-bahan bleaching. Reaksi tersebut bisa ditandai dengan beberapa gejala, misalnya iritasi kulit kepala, rasa gatal yang hebat, sesak napas, hingga sakit kepala. Kalau kamu mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya kamu lekas menghentikan proses bleaching.

Baca Juga: Mitos Memotong Rambut Saat Hamil, Begini Faktanya

7. Meningkatkan Risiko Penyakit Kanker

Informasi yang menyatakan bahwa bleaching rambut bisa meningkatkan risiko kanker rupanya bukan isapan jempol. Faktanya, bahan-bahan kimia yang digunakan untuk bleaching memang bersifat karsinogenik (memicu kanker). Paparan bahan kimia tersebut dapat membunuh sel-sel tubuh atau menyebabkan mutasi DNA sel tubuh. Sebaiknya kamu lebih teliti mencari bahan bleaching yang aman dan terdiri dari bahan-bahan alami demi meminimalkan risiko penyakit kanker.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Polisi dan TNI Viral di Twitter

      Anak korban tragedi Kanjuruhan dan korban tendangan TNI viral di Twitter setelah ditawari menjadi polisi hingga anggota TNI.

      Arti Mimpi Vampir yang Harus Kalian Waspadai

      Ada sejumlah arti mimpi terkait vampir.

      Obat Kuat yang Aman Dikonsumsi, Sebaiknya Konsultasi ke Dokter

      Untuk mengetahui obat kuat yang aman dikonsumsi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

      Kenali Gejala Infeksi Paru-Paru seperti Diidap Chris Martin

      Gejala infeksi paru-paru bisa berbeda pada setiap orang, tergantung penyebab, usia, hingga riwayat kesehatan penderitanya.

      Hukum Minum Obat Kuat dalam Islam Ternyata Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya!

      Ternyata minum obat kuat dalam Islam diperbolehkan, tetapi ada syarat dan ketentuannya menurut Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Ora Lanang Ora Wedok, Mengenal Frasa Gender Netral

      Gender netral alias non-binary alias non biner istilah yang dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya secara eksklusif sebagai laki-laki atau perempuan alias ora lanang dan ora wedok. 

      Foto Profil Instagram Gibran Bikin Heboh Lagi, Netizen: Ada Masalah Apa to Mas

      Foto profil di akun Instagram resmi Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan dengan menampilkan background Upin & Ipin.

      Kumpulan Kata-kata untuk Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

      Berikut ini terdapat kumpulan kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022.

      Bahaya Obat Kuat Tradisional Ilegal, Bisa Sebabkan Kematian

      Kemudahan akses membeli barang melalui online juga berimbas pada pembelian obat tradisional termasuk penjualan produk obat di bawah standar BPOM.

      Arti Mimpi Melihat Alien Tak Seburuk yang Dibayangkan

      Berikut ini sejumlah arti melihat alien.

      Simak Nih Beda Hotel Melati dan Berbintang

      Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang.

      Waspadai Efek Samping Obat Kuat

      Meski dapat membantu menggairahkan kehidupan seksual pasutri, mengonsumsi obat kuat pria memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai.

      Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

      Demi kepentingan pariwisata, Jepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. 

      Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

      Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.

      Ketahui Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

      Ada sejumlah makanan pantangan ibu hamil.