Kategori: Karanganyar

Ini Dia Wisata Baru Bernuansa Keluarga di Karanganyar, Tawangmangu Wonder Park


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Objek wisata Tawangmangu Wonder Park di kawasan wisata Tawangmangu menawarkan konsep Wisata Keluarga, Wisata Halal.

Objek wisata di Kecamatan Tawangmangu kembali menggeliat di tengah pandemi Covid-19. Salah satu buktinya, yakni pembukaan objek wisata baru di kawasan Gunung Lawu itu. Sebetulnya objek wisata itu tidak sepenuhnya baru karena Tawangmangu Wonder Park berada di lahan yang sama dengan Camping Tawangmangu Resort.

Sebagian orang ada yang menyebutnya Tawangmangu Camping Resort. Lokasinya di Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Menggemaskan! Ini Lucunya Primata Terkecil di Dunia Asli Sulawesi

Tangan dingin salah satu pengusaha di kawasan Soloraya ini diharapkan mampu membangkitkan pesona tersembunyi objek wisata yang dikelilingi bukit, sawah, dan pepohonan bak permadani hijau itu. Dia, Parmin Sastro. Parmin ini tidak hanya mengelola Tawangmangu Wonder Park.

Sebelumnya, dia membuka restoran Sate Lawu. Kemudian dia mengelola The Lawu Park I dan II. Setelah itu Sakura Hills. Tiga objek wisata tersebut berada di jalan tembus Kecamatan Tawangmangu.

Parmin memenangkan lelang pengelolaan lahan seluas 7,1 hektare yang kini diberi nama Tawangmangu Wonder Park. Lahan tersebut sebelumnya dikelola pengusaha Setiawan Djodi. Parmin memperkenalkan Tawangmangu Wonder Park pada Minggu (20/12/2020).

"Kami uji coba pembukaan sekaligus launching Tawangmangu Wonder Park. Ini dulu Camping Tawangmangu Resort. Kami masih mempertahankan ciri khas objek wisata ini, yakni camping ground dan resort. Itu [camping ground] sudah melegenda. Hanya kami perbaiki saja. Kami tambah fasilitas layar lebar untuk memutar film setiap Sabtu malam," kata Pengelola Tawangmangu Wonder Park, Parmin Sastro.

Selain camping ground dan resort, pengelola Tawangmangu Wonder Park juga menawarkan wahana lain. Lahan yang sebelumnya dibiarkan kosong di sisi timur camping ground itu ditata sedemikian rupa sehingga instagramable. Sejumlah spot cocok untuk berswafoto.

Parmin menyebutnya sebagai taman bertema. Ada taman gelembung, taman air, taman bermain pasir, catur raksasa, taman domba, taman kelinci, taman bermain, taman labirin, dan lain-lain.

"Kami juga menyiapkan jalan kecil dicat kotak-kotak. Itu untuk anak-anak yang hendak naik sepeda mini maupun otoped. Ada terapi ikan. Kalau Sakura Hills ada Canopy Forest dengan jembatan sepanjang 450 meter lalu di The Lawu Park ada Jembatan Jalatunda. Nah di sini ada yang menjadi ikon, yakni Wonder Bridge," ujar Parmin.

Pemandangan Gunung

Parmin mengklaim pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Lawu, Gunung Puring, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan lain-lain saat berjalan di Wonder Bridge itu. Tawangmangu Wonder Park juga menyiapkan fasilitas bagi pengunjung yang hendak menikmati wisata adrenalin.

"Lengkap, ada flying fox, ATV, mini trail, sepeda listrik, kuda, dan jeep. Semua sudah siap. Kami menggandeng komunitas setempat. Konsepnya pemberdayaan masyarakat dan komunitas," ujar dia.

Selain wisata untuk anak-anak kemudian wisata adrenalin, Tawangmangu Wonder Park juga menawarkan wisata keluarga. Mereka menyiapkan lahan untuk agrowisata petik buah dan sayur. Lokasinya berada di sebelah barat camping ground. Pengunjung juga dapat beristirahat di kafe maupun restoran di dalam kompleks objek wisata.

"Ada juga 30 unit kios. Tempat masyarakat berjualan. Kami tata. Tujuan kami menghidupkan kembali tempat ini agar semakin bermanfaat untuk masyarakat sekitar," ungkap dia.

Pendatang/Pemudik Masuk Solo Wajib Rapid Test Antigen Covid-19

Pengunjung dapat menikmati seluruh fasilitas itu dengan membayar tiket Rp10.000 per orang. Tetapi harga tiket itu hanya berlaku pada Senin-Kamis (21-24/12/2020). Setelah itu, pada Jumat (25/12/2020) dan seterusnya akan berlaku tiket normal, yakni Rp20.000 per orang. Pengunjung dapat menikmati wahana taman bertema sepuasnya.

"Tiket normal Rp20.000 per orang. Tetapi selama promo mulai Senin sampai Kamis [21-24/12/2020] kami beri diskon 50%. Tetapi harga itu tidak termasuk wisata adrenalin. Ada tarif berbeda. Tawangmangu Wonder Park buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kalau resort buka 24 jam."

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi