SOLOPOS.COM - Foto Asteroid 4179 Toutatis yang diambil China National Space Administration (Mashable.com)

Foto Asteroid 4179 Toutatis yang diambil China National Space Administration (Mashable.com)

JOGJA—Asteroid raksasa bernama 4179 Toutatis melayang di angkasa “mendekati” Bumi belum lama ini. Dilansir Mashable, Senin (17/12), ilmuwan NASA berhasil merekam asteroid tersebut selama 40 detik melalui kombinasi gambar dari 64 radar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jarak Toutatis mencapai tujuh juta kilometer dari Bumi atau 18 kali lebih jauh dari jarak Bumi ke Bulan. Radar NASA yang memiliki resolusi 3,75 meter setiap piksel menunjukkan gambar asteroid sepanjang lima kilometer itu dengan cukup jelas.

Ekspedisi Mudik 2024

Toutatis diyakini akan membawa bencana jika mendekat Bumi. Menurut ilmuwan, benturan asteroid sepanjang satu kilometer saja dapat mengganggu iklim Bumi hingga beberapa tahun. Sebagai perbandingan, asteroid yang diyakini memicu kepunahan dinosaurus pada 65 juta tahun silam memiliki panjang sekitar 10 kilometer.

Toutatis mengelilingi Matahari setiap empat tahun. Asteroid itu akan terlihat lagi pada November 2069. Ini dia video Toutatis NASA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya