Ini Dia Tukang Cukur Terkaya Pemilik 400 Mobil

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Ramesh Babu memutuskan mulai menjalankan pangkas rambut yang ditinggalkan mendiang ayahnya.

 Ramesh Babu menjadi tukang cukur terkaya asal India yang memiliki lebih dari 400 mobil. Kebanyakan kendaraan miliknya merupakan mobil mewah seperti BMW, Jaguar, bahkan Rolls Royce. (Okezone/India Times)

SOLOPOS.COM - Ramesh Babu menjadi tukang cukur terkaya asal India yang memiliki lebih dari 400 mobil. Kebanyakan kendaraan miliknya merupakan mobil mewah seperti BMW, Jaguar, bahkan Rolls Royce. (Okezone/India Times)

Solopos.com, JAKARTA — Ramesh Babu menjadi tukang cukur terkaya asal India yang memiliki lebih dari 400 mobil. Kebanyakan kendaraan miliknya merupakan mobil mewah seperti BMW, Jaguar, bahkan Rolls Royce.

Ramesh Babu bukanlah keturunan miliarder, ayah Ramesh Babu, P. Gopal merupakan tukang cukur di Bangaluru dan meninggal ketika Ramesh masih berusia 7 tahun. Demikian seperti dilansir Okezone dari India Times, Senin (29/11/2021).

Ayah Babu tidak memiliki warisan untuk istri dan ketiga anaknya selain tempat pangkas rambut kecil di Bridged road, Bengaluru.

Karena ibu Ramesh tidak bisa mengelola pangkas rambut yang kemudian menyewakannya seharga Rs5 sehari.

Ibunya pun juga harus bekerja sebagai pelayan dengan upah Rs40 hingga Rs50 (sekitar Rp7.600–Rp9.500) per bulan.

Ibunya harus mencukupi makan anak-anaknya, pakaian, dan lainnya. Dengan keadaan ekonomi itu Ramesh Babu juga hanya makan sekali dalam sehari.

Untuk membantu ibunya, Ramesh juga terpaksa bekerja sambilan seperti pengirim surat kabar, susu ke rumah, atau apapun yang bisa dia lakukan pada usia 13 tahun.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Tukang Cukur Di Gumpang Kartasura Sukoharjo Ini Pakai APD 

Dari kerja sampingannya tersebut dia melanjutkan pendidikan hingga studi standar ke sepuluh (sekolah menengah).

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Ramesh Babu memutuskan mulai menjalankan pangkas rambut yang ditinggalkan mendiang ayahnya. Tokonya terletak di kompleks perbelanjaan dekat sekolahnya dulu.

Salon tersebut dikenal sebagai ‘Inner Space’ dan menjadi outlet styling trendi. Pada 1993, Ramesh Babu berkeinginan membeli mobil Maruti Van (Omni) dari tabungan selama mencukur dan bantuan pamannya.

Namun karena jarang dipakai, mobil tersebut kemudian dia sewakan. Saat itu Ramesh mulai menyadari potensi layanan penyewaan mobil kelas atas dan mulai membangun armada mobilnya sendiri.

Kontrak bisnis pertamanya dari tempat ibunya bekerja dulu. Yang kemudian berdirilah Ramesh Tours and Travels.

Perusahaan yang menyewakan mobil sejak akhir 90-an. Kini Ramesh Tours & Travels berjalan di Delhi Chennai, Bengaluru. Usahanya tersebut sukses dan berharap untuk mengembangkannya hingga ke penjuru negeri.

Tak Lupa Akar

Tercatat investasi dalam mobil mewah adalah Mercedes E Class senilai Rs38 lakh atau Rp726 juta.

Saat ini bisnisnya terdiri dari 400 mobil, van dan minibus, termasuk kendaraan impor Rolls-Royce Silver Ghost, Mercedes C, E dan S class dan BMW seri 5, 6 dan 7.

Dia juga memiliki van Mercedes impor dan minibus Toyota.

Walaupun demikian, sebagai tukang cukur profesional Ramesh Babu tetap menjalankan salonnya di Bowring Institute.

Dia menghabiskan menghabiskan lima jam setiap hari untuk mencukur rambut pelanggan tetapnya. Ramesh mengatakan, dia tidak ingin melupakan akarnya.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Wow, Pebisnis Ini Sedekah Perusahaan kepada Ustaz Yusuf Mansur

Ia menyedekahkan perusahaan miliknya PT Veritra Sentosa Internasional (VSI) untuk Pondok Pesantren Darul Quran melalui Yusuf Mansur

Faisal Basri Bakal Gugat UU Ibu Kota Negara

Faisal Basri menilai pengesahan UU IKN tergesa-gesa.

Kasus Omicron Melonjak, Ini Pesan Presiden Jokowi

Jokowi mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap varian Omicron tetapi tidak perlu bereaksi berlebihan.

Sosok Sabdo Palon, Tokoh yang Dikenal Sebagai Penguasa Tanah Jawa

Inilah sosok Sabdo Palon yang dikenal sebagai tokoh penguasa Tanah Jawa.

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus US$35,34 M, Tertinggi Sejak 2006

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut neraca perdagangan Indonesia pada 2021 mengalami surplus tertinggi sejak 2006 atau 15 tahun lalu.

Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Kapolri menyebutkan, pentingnya pemberian sertifikat CSFA untuk para perwira menengah dan perwira pertama Polri agar memiliki kemampuan untuk melakukan audit.

Ahli Kepolisian: Penembakan Anggota Laskar FPI Seusai Prosedur

Penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi di Tol KM 50 tidak menyalahi prosedur karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem.

Kisah Dibalik Perubahan Nama Yusuf Mansur, Sama-Sama 2 Kali Dipenjara

Yusuf Mansur membeberkan kisah dibalik perubahan namanya dari Jam'an Nurchotib Mansur menjadi Yusuf Mansur, yakni sama-sama pernah dua kali dipenjara.

Gempa Afghanistan Telan Korban 22 Nyawa

Korban meninggal akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Provinsi Badghis, Afghanistan bertambah menjadi 22 orang, Selasa (18/1/2022).

Vaksin Merah Putih Jadi Prioritas Badan Riset Negara

Vaksin Merah Putih menjadi salah satu jenis vaksin yang diharapkan menjadi vaksin yang dihasilkan oleh anak bangsa.

Perempuan Depresi Turun dari Menara Setelah Kapolsek Panggil "Sayang"

Melalui alat pengeras suara (toa), Kompol Manapar bereaksi dan mengucapkan, 'Sayang ayo turun", sebanyak dua kali, untuk membujuk Julidar.

+ PLUS Periode Maret-September 2021, Tingkat Ketimpangan Pengeluaran Menurun

Tingkat ketimpangan atau pengeluaran masyarakat di tingkat nasional yang diukur oleh rasio Gini pada Maret 2021 dan pada September 2021 menunjukkan penurunan.

Miris, Umrah Batal Gara-Gara Investasi ke Yusuf Mansur Menguap

Padahal, uang tabungan tersebut sengaja mereka investasikan dengan harapan hasilnya bisa dipakai untuk biaya umrah orang tua mereka.

Vonis Terdakwa Kasus Asabri Heru Hidayat, Akan Lebih Ringan atau Mati

Vonis Komisaris PT TRAM, Heru Hidayat, terdakwa kasus korupsi dana investasi PT Asabri akan sesuai tuntutan atau lebih ringan tergantung keputusan Pengadilan Tipikor Jakarta Selasa (18/1/2022).

Tsunami Tonga Disebut Ledakan Satu Kali dalam Ribuan Tahun

Tsunami di kepulauan Tonga yang disebabkan oleh letusan gunung berapi pada Minggu (16/1/2022), disebut ilmuwan sebagai once in a thousand years atau ledakan satu kali dalam ribuan tahun.