SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Dishubkominfo Sleman menetapkan empat titik rawan kecelakaan saat arus lalu lintas padat pada musim mudik lebaran.

Empat titik itu yakni sepanjang Jalan Magelang, Jalan Wates kilometer 4 sampai 8 atau sekitar pasar Gamping dan sepanjang Ring Road Utara dan Jalan Solo kilometer 11 sampai 15, Kalasan.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Masyarakat diminta waspada jika melintas di lokasi itu karena berdasarkan pengalaman saat masa lebaran sebelumnya banyak terjadi kecelakaan. “Titik tersebut rawan kecelakaan sehingga perlu menjadi perhatian,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Dishubkominfo Sleman, Mursyid Kunjana, Selasa (16/8).

Adapun ruas jalan rawan macet adalah Jalan Magelang, Jalan Godean, Jalan Wates sekitar Gamping, Jalan Affandi, Jalan Kaliurang sekitar Barek-Pasar Kolombo dan Jalan Solo UIN Sunan Kalijaga.

Kasat Lantas Polres Sleman AKP Sri Wibowo menambahkan, kemacetan diprediksi akan terjadi mulai dari Tempel ke arah Prambanan. Berdasarkan pengalaman untuk menempuh jalur tersebut dibutuhkan waktu hingga 2-3 jam.

Begitu juga arus lalu lintas dari arah Klaten menuju Jogja kemungkinan terjadi kemacetan di seputaran Jalan Solo. “Yang menuju Jogja di seputar Maguwoharjo kemacetan bisa mencapai 1,5 kilometer,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, jalan alternatif bisa menjadi solusi pengendara. Misalnya dari Tempel lebih baik memilih jalur alternatif melalui Pakem dan Ngemplak untuk menuju Prambanan. Kemudian alternatif Tempel-Palbapang-Wates. Jalur alternatif tahun lalu justru lengang sehingga bisa menjadi alternatif. (Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya