Tutup Iklan

Ini Dia Shesar Hiren Rhustavito, dari Sukoharjo Melejit di Piala Thomas

Shesar Hiren Rhustavito mencuri perhatian di panggung Piala Thomas 2021. Pebulu tangkis asal Sukoharjo itu menjadi penentu kemenangan Indonesia dalam dua laga beruntun.

 Shesar Hiren Rhustavito (Badmintonindonesia.org)

SOLOPOS.COM - Shesar Hiren Rhustavito (Badmintonindonesia.org)

Solopos.com, SOLO – Shesar Hiren Rhustavito mencuri perhatian di panggung Piala Thomas 2021. Pebulu tangkis asal Sukoharjo itu menjadi penentu kemenangan Indonesia dalam dua laga beruntun.

Berkat kemenangan yang diraihnya, Indonesia mampu lolos ke babak perempatfinal Piala Thomas 2021. Vito, sapaan akrabnya, dimainkan sebagai tunggal putra ketiga setelah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Kerap menjadi partai penentu, Vito pun menjawabnya dengan kualitas. Dia dua kali berhasil menjadi penentu kemenangan Indonesia. Pertama, Vito mampu mengalahkan Adulrach Namkul untuk memastikan Indonesia menang atas Thailand 3-2.

Baca Juga: Disiarkan TVRI, Ini Jadwal Piala Thomas Indonesia vs Malaysia Malam Ini

Setelahnya Vito melakukan comeback apik untuk berbalik menumpas tungga putra Taiwan Chi Yu Jen dengan skor 16-21, 21-18, 21-19. Kemenangan atas Yu Jen membuat Indonesia menang 3-2 dan menjadi juara Grup A.

Lantas seperti apa sebenarnya karier Vito. Seorang tokoh bulu tangkis Sukoharjo, Rudi Setyohadi, saat dihuhubungi Solopos.com, Kamis (14/10/2021), mengatakan Vito sebenarnya lebih senior ketimbang Ginting dan Jojo di Pelatnas.

Sebelum masuk Pelatnas, Vito lebih dulu lolos seleksi PB Djarum Kudus. Saat itu, usianya baru 13 tahun. Bersama PB Djarum dia mampu mengembangkan bakatnya dan memenangi sejumlah turnamen. Barulah, Vito masuk ke Pelatnas Cipayung.

“Sebenarnya, Vito lebih senior dibanding atlet bulutangkis lainnya yakni Anthony Ginting dan Jonatan Christie. Vito lebih dahulu masuk pelatnas dibanding kedua pebulutangkis tersebut,” ujar Rudi.

Meski lebih senior ketimbang Ginting dan Jojo, Vito kalah tenar dari kedua kompatriotnya itu. Terbukti saat ini, pebulu tangkis 27 tahun itu hanya mampu duduk di peringkat ke-19 ranking BWF. Sementara Ginting berada di peringkat kelima, dan Jojo berada di posisi ketujuh dunia.

Kendati demikian, Vito juga memiliki segudang prestasi. Dia tercatat pernah memenangai Kejurnas 2010 dan meraih medali emas PON 2012 di Riau di nomor perorangan dan beregu putra.

Baca Juga: Pebulu Tangkis Sukoharjo Bawa Indonesia Kalahkan Taiwan di Piala Thomas

Di level internasional, Vito pernah menyabet medali emas beregu putra SEA Games 2019 dan tergabung dalam skuad Indonesia saat memenangi Asia Team Championship 2020. Kini, dia tengah berjuang di panggung yang lebih besar di kejuaraan beregu bersama Tim Indonesia di Piala Thomas 2021.

Rudi menceritakan talenta bulu tangkis Vito muncul sejak kecil. Vito lantas diantar orangtuanya untuk masuk ke klub bulu tangkis di Kota Solo. Vito kecil menimba ilmu dan teknik bermain bulu tangkis di klub selama beberapa tahun.

Vito juga kerap mengikuti beragam kejuaraan bulu tangkis di wilayah Soloraya. “Vito kecil satu angkatan dengan anak saya saat berlatih bulutangkis. Mereka sering bertemu di turnamen atau kejuaraan bulu tangkis kategori usia dini,” jelasnya.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Keren, Dechapol/Sapsiree Sikat Bersih 3 Gelar Ganda Campuran IBF 2021

Sukses besar diraih ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang memboyong tiga gelar juara dari ajang Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021.

Final BWF World Tour: Kevin/Marcus Hadapi Hoki/Kobayashi asal Jepang

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2021 akan dilaksanakan, Minggu (5/12/2021) mulai pukul 12.00 WIB di Nusa Dua, Bali.

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.

Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Eks striker Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga, melakukan aksi tak terpuji saat berlaga di Liga 3 bersama klub Medan Utama.

Statistik Iqbal Al Ghuzat, Bek PSG Pati yang Jadi Incaran Persis Solo

Persis Solo dikabarkan mengincar pemain PSG Pati, Iqbal Al Ghuzat, untuk menambah kekuatan pada babak 8 Besar kompetisi Liga 2.