Ini Dia Rumah Sakit Tertua di Jawa Tengah, Ternyata Ada di Klaten

RSUP dr Soeradji Tirtonegoro di Kabupaten Klaten disebut-sebut sebagai salah satu rumah sakit tertua di Jawa Tengah atau Jateng.

 Tampilan Dr Scheurer Hospital yang menjadi cikal bakal RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. (rsupsoeradji.id)

SOLOPOS.COM - Tampilan Dr Scheurer Hospital yang menjadi cikal bakal RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. (rsupsoeradji.id)

Solopos.com, SEMARANG — Ratusan rumah sakit atau RS tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng). Namun, dari ratusan rumah sakit itu manakah yang dianggap paling tua atau tertua di Jawa Tengah atau Jateng.

Berdasarkan data yang tertera di situs web Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng, ada sekitar 317 rumah sakit yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng. Rumah sakit paling banyak berada di Kota Semarang dengan 29 unit, disusul Kabupaten Banyumas dengan 23 rumah sakit dan Kota Solo dengan 19 rumah sakit.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kendati demikian, rumah sakit tertua di Jawa Tengah atau Jateng rupanya tidak berada di tiga kabupaten/kota yang memiliki rumah sakit terbanyak itu. Rumah sakit tertua di Jateng kemungkinan besar  ada di Kabupaten Klaten, yakni RSUP dr Soeradji Tirtonegoro.

Selama ini, rumah sakit tertua di Jawa Tengah memang masih menjadi tanda tanya. Masih jarang atau bahkan nyaris tidak ada literatur yang menulis tentang rumah sakit pertama atau yang tertua didirikan di Jateng.

Meski demikian, berdasarkan pernyataan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo, rumah sakit tertua di Jawa Tengah adalah RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro di Kabupaten Klaten.

Baca juga: Tiga Rumah Sakit di Jateng Dapat Tambahan Anggaran Belanja Rp190,4 Miliar

“RSUP Soeraji Tirtonegoro Klaten paling tua,” tulis mantan Kepala Dinkes Jateng itu kepada Solopos.com melalui aplikasi perpesanan, Selasa (17/5/20220.

Didirikan Belanda

Berdasarkan catatan sejarah, RSUP dr Soeradji Titronegoro Klaten didirikan pada 20 Desember 1927. Rumah sakit ini didirikan secara gotong royong oleh perkebunan-perkebunan milik pemerintah Hindia Belanda.

Awalnya, rumah sakit ini bernama Dr. Scheurer Hospital dan dikelola yayasan Zending, sebuah yayasan yang bergerak di bidang kesejahteraan umat dan dipimpin Dr. Bakker.

Saat pendudukan Jepang pada 1942, rumah sakit ini dikuasai Pemerintah Jepang. Namun saat kemerdekaan Indonesia, rumah sakit ini diambil alih Pemerintah Indonesia dan diganti namanya menjadi Rumah Sakit Umum Tegalyoso Klaten.

Baca juga: Gedung Tua dalam Kemegahan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Penamaan Rumah Sakit Umum Tegalyoso tak terlepas dari lokasi rumah sakit yang berada di Desa Tegalyoso, Klaten. Namun pada tahun 1997, berdasarkan SK Menteri Kesehatan No. 1442 A/Menkes/SK/XII/1997 tertanggal 20 Desember 1997, Rumah Sakit Tegalyoso resmi berubah nama menjadi RSUP dr Soeradji Tirtonegoro.

RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten juga memiliki andil besar dalam perkembangan ilmu kedokteran di Tanah Air. Pada tahun 1946 silam, di rumah sakit ini dibuka Perguruan Tinggi Kedokteran yang menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran UGM di Yogyakarta. Sejak saat itu, rumah sakit ini juga dimanfaatkan sebagai tempat pendidikan dokter.

Namun pada tahun 1950, pendidikan dokter di rumah sakit ini dipindah ke Yogyakarta dan berkembang menjadi Fakultas Kedokteran UGM. Oleh karenanya hingga kini RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten menjalin kerja sama erat dengan Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Cuci Tangan Dan Kaki di Embung, Petani di Grobogan Tenggelam

Seorang petani di Kabupaten Grobogan Marno, 58 tahun, warga Desa Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi meninggal akibat tenggelam di embung.

Libur Sekolah! Ini Rekomendasi 5 Tempat Wisata untuk Anak di Semarang

Berikut rekomendasi lima tempat wisata yang cocok bagi anak di wilayah Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Komisi V DPR RI Kunjungi Grobogan, Bahas Perubahan Status Jalan

Usulan perubahan status jalan provinsi menjadi jalan nasional yang melintasi Kabupaten Grobogan diperhatikan Komisi V DPR RI dan Kementerian PUPR.

Vaksin PMK Tiba di Salatiga, Hewan Ternak Langsung Disuntik

Pemerintah Kota Salatiga mendapatkan 1.500 dosis vaksin PMK yang mulai diberikan kepada hewan ternak, Jumat (24/6/2022).

Daftar 5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Paling Buncit Sering Erupsi

Berikut daftar lima gunung tertinggi di Jawa Tengah atau Jateng dan menjadi destinasi favorit kegiatan pendakian gunung.

Korupsi Pengadaan Lahan Karyawan YIA, Kejati Tetapkan 1 Tersangka

Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah atau Kejati Jateng menetapkan satu orang tersangka dalam kasus pengadaan lahan untuk perumahan karyawan Bandara YIA Kulonprogo.

Mitos Letusan Gunung Slamet, Juru Kunci: Pulau Jawa Tak Terbelah

Juru kunci menyebut mitos letusan Gunung Slamet bakal membelah Pulau Jawa tidak benar.

Asal-Usul Congyang Semarang, Jamu Tradisional yang Malah Dibuat Mabuk

Tahukah Anda bagaimana asal-usul congyang Semarang yang sering dianggap sebagai minuman keras?

Ada Larangan Mengoperasikan Ponsel di SPBU, Pakai MyPertamina Aman?

Meski ada larangan penggunaan ponsel di SPBU, layanan aplikasi MyPertamina bisa digunakan sepanjang terpenuhi jarak aman.

Investor Jajaki Bangun PLTS Terapung WKO & WGM, Potensinya Besar Lur

Dinas ESDM Jateng menjajaki pemanfaatan Waduk Kedung Ombo dan Waduk Gajah Mungkur sebagai lokasi untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) apung. Potensi listri dari PLTS di kedua waduk itu besar.

Ngeri! Pemulung Temukan Kerangka Manusia di Gedung Kosong di Grobogan

Seorang pemulung menemukan kerangka manusia di gedung kosong milik Unit Pengelolaan Keuangan di Desa/Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan.

Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Purbalingga

Berikut ini terdapat daftar pembagian wilayah zonasi SMA negeri di Kabupaten Purbalingga dalam PPDB 2022 berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Kuota PPDB SD di Kota Semarang Tersisa Ribuan, Ini Sebabnya

Daya tampung atau kuota untuk peserta didik baru dalam PPDB SD Negeri di Kota Semarang tahun 2022 , yang disediakan masih banyak yang kosong.

Tak Sedikit, Ternyata Segini Jumlah Desa Mandiri Energi di Jateng

Dinas ESDM Jateng terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan energi baru terbarukan. Ada ribuan desa di Jateng yang menjadi desa mandiri energi dengan memanfaatkan energi baru terbarukan.

Prakiraan Cuaca Hari Ini di Semarang: Cerah Berawan, Hujan Kemudian

Berikut prakiraan cuaca hari ini di Semarang, Jumat (24/6/2022) yang dikutip dari laman BMKG.

Skate Park Terbesar Indonesia di Ungaran, Ini Asa Skateboarder Lokal

Arena bermain skateboard atau skate park terbesar di Indonesia segera hadir di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng).