Ini Dia Pesawat N219 Nurtanio Asli Produk Indonesia

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung kinerja PTDI dalam mengembangkan pesawat N219 Nurtanio.

 Pesawat N219 Nurtanio mengudara. (ANTARA/HO-Humas Kemenristek)

SOLOPOS.COM - Pesawat N219 Nurtanio mengudara. (ANTARA/HO-Humas Kemenristek)

Solopos.com, JAKARTA — PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kini tengah mengembangkan pesawat N219 Nurtanio sebagai pesawat kebanggaan Indonesia yang diproduksi dan ditangani langsung oleh para ahli dari dalam negeri.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung kinerja PTDI dalam mengembangkan pesawat N219 Nurtanio.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Pesawat tersebut sangat cocok digunakan di negara kepulauan seperti Indonesia dan negara kawasan Asia Pasifik lainnya untuk mengangkut penumpang sipil, angkutan militer, angkutan barang atau kargo, evakuasi medis, penyaluran bantuan bencana alam, hingga surveillance and patrolling,” kata Bambang Soesatyo seusai menerima direksi PT Dirgantara Indonesia, di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Dia menambahkan pesawat N219 Nurtanio mampu terbang dengan kecepatan maksimum 210 knot dan kecepatan terendah 59 knot, dengan daya jelajah mencapai ketinggian 10.000 Ft serta jarak tempuh mencapai 828 NM (1.533 Km).

Baca Juga: PTDI Selesaikan Produksi Pesawat NC 212i Pesanan Thailand

Saat ini, lanjutnya, tingkat komponen dalam negeri N219 Nurtanio sudah mencapai 44,69 persen dan sedang ditingkatkan agar dapat mencapai 70 persen.

Komponen tersebut, menurut dia, mulai dari landing gear, avionics, dan bahan baku pesawatnya dibuat oleh industri dalam negeri, yang pengembangannya sudah memasuki rangkaian uji terbang sebagai penyiapan untuk masuk ke pasar domestik dan internasional.

“Sekaligus penyiapan pengembangan pesawat N219 Nurtanio versi amfibi yang saat ini sudah memasuki tahapan detail desain, untuk kemudian dilanjutkan ke tahapan prototyping and structure test, development flight test, dan ditargetkan perolehan amendment type certificate (ATC)/sertifikasi amfibi di tahun 2024,” jelasnya.

Baca Juga: Sukses Terbangkan N219, PTDI Garap Pesawat N245

Harga jual N219 Nurtanio sangat kompetitif yaitu sekitar 6,8 juta dolar AS atau sekitar Rp97,24 miliar dan total pesanannya sudah mencapai ratusan unit.

Bahkan pasar internasional seperti Nigeria, Tiongkok, dan Meksiko juga sudah menyatakan ketertarikan terhadap pesawat N219 Nurtanio.

“Untuk meningkatkan kemampuan komersialisasi pesawat N219, seperti kemudahan pembiayaan bagi pembeli, perlu dukungan pembiayaan dari perbankan Indonesia, maupun dengan skema leasing oleh perusahaan di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga: Pesawat CN235 Diminati Mancanegara, Ke Mana Saja Pasarnya?

Dia menilai kemampuan PT Dirgantara Indonesia dalam memproduksi pesawat terbang tidak perlu diragukan.

Pada Juni 2022, perusahaan tersebut menyerahkan satu unit Pesawat CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) Full Mission dan dua unit Helikopter AS565 MBe Panther Anti Kapal Selam (AKS) Full Mission kepada Kementerian Pertahanan untuk dioperasikan oleh Skuadron 800 Puspenerbal TNI Angkatan Laut.

Selain itu, di tahun 1978-2019, PT Dirgantara Indonesia mengirimkan 10 unit pesawat buatannya ke Thailand, seperti lima unit NC212 untuk keperluan pertanian yang dipesan Department of Royal Rainmaking.

Baca Juga: PTDI Diklat Pengemudi Angkutan Umum Wonogiri, Apa Maunya?

“Lalu dua unit CN235-200 serta satu unit CN235-200M pesanan Royal Thai Police untuk alat transportasi militer serta dua unit NC212i pesanan Ministry of Agriculture and Cooperatives (MOAC),” jelasnya.

Akhir 2021, PT Dirgantara Indonesia melakukan uji terbang pesawat perdana CN235-220 dari Bandung ke Jakarta dengan menggunakan bahan bakar campuran minyak inti sawit 2,4 persen bernama Bioavtur J2.4.

Langkah itu menjadi terobosan baru bagi Indonesia dalam meningkatkan kontribusi biofuel di sektor transportasi udara dalam rangka meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional.

Baca Juga: Ini Syarat Agar Pesawat N219 Bisa Diproduksi Massal

“Sebagaimana pengembangan N219 Nurtanio, pengembangan bioavtur ini juga harus terus didukung dan dikawal agar bisa berjalan sukses,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, direksi PT Dirgantara Indonesia yang hadir antara lain Direktur Utama Marsda TNI Gita Amperiawan, Direktur Produksi Batara Silaban, dan Sekretaris Perusahaan Irlan Budiman.

Sumber: antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      2023, Menkes Siapkan Transformasi Kesehatan Senilai Rp196,8 Triliun

      Anggaran transformasi kesehatan tersebut menurun dari 2023 senilai Rp96,8 triliun karena ada pengurangan pengadaan vaksin senilai Rp10 triliun.

      Istana: Pelantikan Menteri PAN RB Bersamaan Groundbreaking IKN

      Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan sebelum Agustus berakhir akan berlangsung peletakan batu pertama IKN dan pelantikan menteri PAN-RB

      Sukses Nyanyi, Presiden Jokowi Pesan Ini ke Farel Prayoga

      Inilah isi pesan Presiden Jokowi kepada Farel Prayoga yang sukses menghibur pejabat dan tamu undangan di Istana Merdeka dengan nyanyiannya Ojo Dibandingke.

      Pemilu 2024: Anggaran KPU Rp14 Triliun, Bawaslu Rp5,5 Triliun pada 2023

      Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan anggaran pemilu yang paling besar akan terjadi di 2024, atau pada saat Pemilu berlangsung.

      Para Pemuda Kiri di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

      Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada17 Agustus 1945 niscaya tak akan terjadi tanpa andil para pemuda kiri. Mereka adalah kader-kader komunis dan sosialis.

      Momen Iriana Jokowi, Prabowo-Kapolri Joget Ojo Dibandingke di Istana

      Inilah momen unik yang membuat Ibu Negara Iriana Jokowi, Menhan Prabowo, hingga Kapolri berjoget bersama di Istana Merdeka.

      Nyanyi di Istana, Farel Prayoga Bikin Jokowi Senyum-Prabowo Joget

      Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) membuat Presiden Jokowi dan para pejabat RI terhibur.

      Buton Trending Topic Berkat Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani di HUT RI

      Penampilan Jokowi memakai baju adat Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) menjadi trending topic di Twitter.

      Profil I Dewa Ayu Asal Kudus, Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI 2022

      Inilah profil I Dewa Ayu, siswi SMA N 2 Kudus yang bertugas sebagai pembawa bendera di upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Spesial! Ini Makna Baju Adat Buton Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

      Presiden Jokowi memakai baju adat Buton dalam perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Bambu Runcing dan Granat Kolang-Kaling

      Setelah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Jumat 17 Agustus 1945, gelora revolusi segera merambat ke mana-mana.

      Inilah 16 Parpol Tak Lolos Tahap Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

      Sebanyak 16 parpol ini tidak mampu melengkapi berkas yang dibutuhkan.

      Thrifting dan Dilema Ancaman Kesehatan atau Menjaga Bumi

      Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun lalu ditentang pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.

      Kasus di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda, Jokowi: Hukum Harus Adil

      Jokowi menyebut perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat.

      Sejarah Hari Ini: 17 Agustus 1945, Kemerdekaan Indonesia

      Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 17 Agustus.