Ini Dia Pemilik Uang Puluhan Juta Rupiah yang "Dibuang" di Saluran Irigasi
Heboh uang Rp 23 juta berceceran di saluran irigasi, Batang, Jawa Tengah, Jumat (20/11/2020). (Istimewa/Detik.com)

Solopos.com, BATANG -- Teka-teki siapa pemilik uang puluhan juta rupiah yang tercecer di saluran irigasi di Batang akhirnya terungkap. Video temuan uang dengan jumlah fantastis itu sempat viral di media sosial.

Penemuan uang di saluran irigasi Desa Plumbon, Limpung Kabupaten Batang Jawa Tengah terjadi setelah banjir merendam kawasan tersebut. Setelah banjir itulah sejumlah warga Plumbon menemukan uang pecahan Rp50.000dan Rp100.000.

Videonya pun viral di media sosial setelah diunggah oleh pengelola akun Instagram @viralterkini99. "Penemuan uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 yang berceceran di saluran irigasi. Jumlah uang yang warga temukan mencapai Rp23 juta, Jumat [20/11/2020]," tulis akun tersebut, akhir pekan lalu.

Hiii...Asal Usul Uang Jutaan Rupiah di Saluran Irigasi di Batang Masih Jadi Misteri

Uang puluhan juta itu diduga milik almarhum Kepala Desa Tembok yang rumahnya berada tepat di atas Desa Plumbon, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kala itu, sang anak tidak sengaja membuang uang puluhan juta tersebut saat sedang membereskan rumah.

Konon katanya, uang yang terbuang sejak 4 tahun itu mencapai Rp85 juta, plus emas seberat 50 gram.

Kini, sebagian harta telah ditemukan dan dikembalikan ke pihak keluarga. Untuk uang puluhan juta yang warga temukan, pihak keluarga pun mengaku sudah menghiklaskannya.

Kejadian itu berawal ketika pada Kamis (19/11/2020) malam di lokasi terjadi hujan deras yang menyebabkan saluran irigasi mengalirkan air yang luar biasa banyak dan kencang. Kemudian keesokan harinya, warga mulai menemukan uang yang berceceran di saluran irigasi tersebut.

Geger! Warga Batang Temukan Uang Rp23 Juta Tercecer di Saluran Irigasi

Segepok Uang Rp10 Juta

Kepala Desa Plumbon, Agus Arjito, membenarkan kejadian unik penemuan uang oleh warga setelah banjir. "Kalau kejadian penemuan uang pukul 05.00 usai subuh oleh Nur Khamid. Ketika itu, ia lagi ke sawah miliknya untuk membersihkan irigasi karena semalam terjadi banjir," terang Agus Arjto.

Selang beberapa lama, teman Nur Khamid juga sama menemukan uang di sekitar sawah dan saluran irigasi dalam kondisi basah dan kotor.

"Ada sekitar 12 orang yang menemukan uang, hingga sore hari ada sekitar 50 orang yang ikut mencari juga menemukan uang kertas Rp50.000 dan Rp100.000 dengan total uangnya mencapai Rp23 juta lebih," ungkapnya.

Bernilai Ratusan Juta, Pengiriman 979.400 Batang Rokok Ilegal di Semarang Digagalkan

Tidak hanya itu, ada juga warga yang menemukan uang senilai Rp10 juta dalam satu ikatan kertas uang pecahan Rp100.000.

Atas kejadian ini, Kepala Desa Plumbon berinisiatif memastikan keasliannya ke bank. "Karena saya takut uang itu palsu, maka uang yang warga temukan saya tarik untuk dicek ke bank. Alhamdulilah ternyata uangnya asli," jelas Agus.

Sumber: Suara.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom