Ini Dia Menu Khas Sajian Welcoming Dinner G20 Solo di De Tjolomadoe

Para delegasi dan tamu forum G20 Presidensi Indonesia yang akan mengikuti pertemuan TIIWG menikmati sajian menu khas Solo saat welcoming dinner di De Tjolomadoe, Karanganyar.

Selasa, 29 Maret 2022 - 22:46 WIB Penulis: Wahyu Prakoso Editor: Suharsih | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Para delegasi dan tamu undangan forum G20 di Solo menikmati sajian menu khas Solo saat welcoming dinner di De Tjolomdoe, Karanganyar, Selasa (29/3/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, KARANGANYAR — Para delegasi forum negara-negara anggota The Group of Twenty atau G20 Presidensi Indonesia 2022 di Solo mengikuti museum visit, welcoming dinner reception, dan art performance di De Tjolomadoe, Karanganyar, Selasa (29/3/2022) malam.

Para tamu mendapatkan sajian hidangan khas yang mudah ditemui di Kota Solo pada agenda pertama dalam rangkaian Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) tersebut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, hidangan yang disajikan, antara lain kambing guling, cabuk rambak, dimsum, nasi liwet, dan satai ayam. Selain itu ada sup buntut, sup tim ayam, es krim, vegetarian.

Baca Juga: Gala Dinner G20 di Mangkunegaran Solo, Tamu Makan Sambil Nonton Tarian

Sebelumnya, para delegasi ajang TIIWG berangkat dari Alila Hotel Solo menuju De Tjolomadoe di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, pukul 17.30 WIB. Para tamu disambut tarian di Stasiun Gilingan barat De Tjolomadoe.

Selanjutnya para tamu disuguhi beragam koleksi Museum De Tjolomadoe mulai proses penggilingan tebu, mesin pabrik gula, lalu menikmati sajian gala dinner. Para delegasi duduk di dekat panggung.

Sementara tamu dari Kementerian duduk di sisi utara meja makan delegasi sejumlah negara. Marketing Communication De Tjolomadoe, Clara Adviana Puspitawati, mengatakan hanya menyediakan venue. Sementara untuk hidangan ada pihak lain yang menyediakan.

Baca Juga: 2 Destinasi Ini akan Dikunjungi Delegasi G20 saat City Tour di Solo

Daya Tarik Wisata

“Acara di De Tjolomadoe merupakan acara pertama dari seluruh rangkaian pertemuan G20 di Solo. Untuk De Tjolomadoe welcoming dinner, kunjungan museum dari delegasi dan kementerian. Ada juga penampilan tari kontemporer, ada keroncong musik juga menemani tamu undangan,” ungkapnya.

Menurut Clara, De Tjolomadoe menyiapkan tempat secara maksimal sesuai yang dibutuhkan dan anjuran dari pihak penyelenggara. Venue dalam kondisi aman dan nyaman bagi seluruh tamu/peserta.

“Dampak pertemuan G20 luar biasa karena ini acara internasional. Kami sebagai destinasi wisata pasti dampaknya ke peningkatan daya tarik wisata di kancah global,” jelasnya.

Baca Juga: 2 Bus Tingkat dan Sepur Jaladara Disiapkan untuk City Tour G20 di Solo

Dia mengatakan De Tjolomadoe tidak hanya sebagai tempat wisata namun venue meetings, incentives, conferencing, exhibitions (MICE) dan konser. De Tjolomadoe memenuhi standar internasional dari segi tempat, fasilitas, dan segi kebutuhan apa pun.

Seperti diketahui forum G20 di Solo akan membahas mengenai perdagangan, investasi dan industri dalam pertemuan yang berlangsung di Alila Hotel Solo, Rabu (30/3/2022). Materi industri baru kali pertama ini masuk pembahasan.

Pada hari ketiga atau terakhir, Kamis (31/3/2022), seusai pertemuan, pada siang sampe sore para delegasi akan mengikuti city tour menggunakan sepur kluthuk Jaladara ke Loji Gandrung dan Museum Batik Danar Hadi. Malamnya giliran Pura Mangkunegaran yang menjadi lokasi gala dinner penutupan acara.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif