SOLOPOS.COM - Beras merah (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Beras merah (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA–Beras putih merupakan makanan yang kehadirannya selalu menjadi yang utama dalam menu makan sehari-hari. Namun seringkali orang yang ingin menurunkan berat badan lebih memilih beras merah karena dianggap lebih sehat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari segi rasa, beras putih memang bisa dikatakan lebih enak. Beras putih yang sudah dimasak menjadi nasi memiliki rasa sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan beras merah.

“Beras merah bisa dikatakan lebih sehat karena proses penyulingan yang dilewatinya hanya menghapus kulit dari biji beras, sehingga nutrisinya tetap utuh. Di sisi lain, beras putih mengalami proses penggilingan dan penggosokan, sehingga beberapa nutrisinya hilang,” ungkap Mickey Mehta, seorang ahli kesehatan, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (15/5/2013).

Sekitar 1 cangkir beras merah terdiri atas 88 persen mangan, 27,3 persen selenium, 20,9 persen magnesium, 18,7 persen triptofan dan kalori hanya 12 persen kalori. Proses perubahan beras dari merah menjadi putih menghancurkan sekitar 60 persen zat besi, 80 persen vitamin B1, 67 persen vitamin B3, 90 persen vitamin B6, 60 persen dari besi dan hampir setengah fosfor, mangan dan serat makanan alami yang ada dalam beras.

Beras merah dikatakan oleh ahli memiliki sifat yang baik bagi jantung. Karena konsentrasinya berserat, beras merah memberi efek yang membuat usus bergerak secara sehat dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi satu cangkir beras merah yang dimasak memenuhi sekitar 80 persen dari kebutuhan harian mangan dalam tubuh. Mangan berfungsi untuk membantu pembentukan kolesterol sehat. Beras merah juga meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama.

Mengganti nasi putih dengan beras merah dalam menu makan sehari-hari dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua.

“Seperti gandum, beras merah juga merupakan jenis gandum-utuh. Beras merah yang alami atau organik adalah yang terbaik karena dikemas dengan menjaga semua nutrisi penting dan vitaminnya,” tutur Mehta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya