Kategori: Tips

Ini Dia Makanan yang Bisa Membantu Memulihkan Daya Ingat


Solopos.com/Monica Cahyaningrum

Otak memerlukan nutrisi untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi sepanjang hari. Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya ingat.

Solopos.com, MADIUN – Otak merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh manusia. Otak bertugas menjaga detak jantung, pernapasan pada paru-paru, dan memungkinkan tubuh untuk bergerak, merasakan dan berpikir.

Seiring waktu, fungsi otak akan menurun akibat proses penuaan dan dampak kondisi kesehatan yang tidak baik. Karenanya, otak memerlukan nutrisi yang baik untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi sepanjang hari.

Tidak dimungkiri, nutrisi berperan penting dalam proses metabolisme di dalam otak. Selain itu, proses pembentukan dan penyimpanan memori pun dipengaruhi oleh komponen nutrisi seperti lemak dan vitamin.

Dilansir dari hellosehat.com Senin (25/1/2021), berikut ini beberapa makanan untuk meningkatkan daya ingat.

1. Sayuran

Sayuran sangat bermanfaat untuk tubuh Anda, termasuk untuk kesehatan otak Anda. Sayuran mengandung antioksidan, yang seperti sudah dijelaskan, antioksidan dapat membantu kesehatan otak Anda. Sayuran seperti brokoli, kol, dan sayur-sayuran hijau dapat membantu meningkatkan memori di otak Anda.

2. Buah berry dan ceri

Buah beri, terutama yang berwarna tajam seperti blackberry, blueberry, dan ceri, kaya akan anthocyanin dan kandungan flavonoid lain yang dapat meningkatkan fungsi ingatan di otak Anda akibat antioksidan yang dikandungnya.

3. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan Anda. Lebih spesifik lagi, docosahexaenoic acid (DHA) dapat membantu meningkatkan fungsi ingatan pada remaja.

Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan laut seperti salmon, tuna, sarden dan lain sebagainya untuk mendapatkan asam lemak omega-3 ini.

4. Telur

Telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung kolin, zat yang berbentuk seperti vitamin yang dapat membuat sel berfungsi dengan baik. Telur secara khusus penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di saat otak bayi yang dikandungnya sedang berkembang.

Kolin sendiri secara spesifik sangat penting dalam perkembangan hippocampus, pusat dari daya ingat di otak manusia.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis bahan makanan yang terkenal di Indonesia. Seperti yang Anda tahu, kunyit berwarna kuning dan warna kunyit ini sangat tajam. Warna ini berasal dari kandungan antioksidan yang bernama kurkumin.

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat mencegah pembentukan amyloid, protein yang dapat menyumbat saluran neuro di otak.

6. Oatmeal

Kandungan serat yang tinggi dan protein yang terdapat pada oatmeal atau sereal whole-grains dapat membantu gula darah secara berkala dikirim ke aliran darah. Otak Anda menggunakan gula sebagai sumber energi, dan gula yang dikirim ke otak secara teratur dan berkala diteliti dapat membantu otak menyimpan informasi untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan daya ingat.

Share
Dipublikasikan oleh
Kaled Hasby Ashshidiqy