SOLOPOS.COM - Beberapa wartawan saat memotret model di atas motor dalam acara touring keliling nusantara di Pantai Indrayanti, Senin (13/1/2014). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JAKARTA — Yamaha menunjukkan keunggulan kala banjir melanda. Produsennya pun girang dan mengklaim motor-motornya tahan banjir, tahan debu, dan tetap irit berkat environment survey.

Yamaha Environment Survey adalah survei terkait sejumlah aspek menyangkut kondisi Indonesia yang dinilai perlu menjadi perhatian khusus saat merancang kendaraan bermotor. Aspek tersebut antara lain mengenai fenomena banjir dan kualitas bahan bakar yang kurang baik di rural area.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Desain sepeda motor Yamaha dirancang tahan banjir dan debu,” tulis Yamaha Indonesia dalam siaran pers yang diterima dan dipublikasikan Kantor Berita Antara, Rabu (19/2/2014).

Tim Riset Yamaha juga memperhatikan kebiasaan konsumen saat berkendara di kondisi jalan yang sering macet di indonesia dengan menggunakan customer behavior survey yang umumnya mereka berkendara di range kecepatan 20 km/jam hingga 60 km/jam. Y

MJET-FI rancangan tercanggih teknolgi FI saat ini solusi terkini berkendara di jalan macet. Teknologi YMJET-FI membuat campuran sempurna yang membuat motor sangat irit. “Tapi jika mau kencang dan tinggal tarik gas, FI teknologi Yamaha langsung ngacir. Karenanya teknologi FI Yamaha terkenal kencang dan irit (kencrit),” tulis Yamaha Indonesia.

Soal ketahanan mesin, Yamaha menjaminnya dengan garansi 5 tahun dengan teknologi diasil cylinder dan forged piston terkenal sangat tahan hingga 50.000 km membuat kondisinya masih seperti baru. Ini tidak dimiliki kompetitor.

Yamaha Motor pun lalu memaparkan fitur fitur motor Yamaha yang membuatnya lebih tahan banjir dalam siaran pers itu:

1. Air intake system
Konstruksi saluran udara masuk menuju mesin dan CVT motor-motor Yamaha letaknya tinggi, berfungsi mengurangi risiko dari kotoran tanah dan cipratan air.

2.  Air filter (filter udara)
Wet element penyaring udara tipe basah motor-motor Yamaha dirancang khusus sanggup menyaring debu dengan ukuran terkecil bahkan abu vulkanik gunung berapi yang halus. Wet Filter jangka penggantiannya hingga 16.000 km dan bebas perawatan, sehingga mesin Yamaha lebih awet.

3. Muffler construction
Konstruksi lubang muffler (knalpot) motor-motor Yamaha posisinya lebih tinggi sehingga mengurangi resiko kemasukan air. Dilengkapi lubang pembuangan air (water drain) yang mencegah air tergenang dalam muffler dan mencegah karat.

4. Couplers and cap
Motor-motor Yamaha Menggunakan water proof coupler and cap untuk komponen kelistrikan (ECU, spark plug, MAQS) lebih aman dari korsleting.

5. Battery (Aki)
Aki Yamaha letaknya tinggi dibawah jok (Double seat) dan menggunakan MF Battery (bebas perawatan). Tidak mudah terendam air saat banjir yang dapat menyebabkan hubungan pendek (korsleting).

Lebih lanjut, Yamaha sempat pula membeberkan tips bagi para pengguna motor di daerah banjir :

1. Cuci bersih kendaraan dari kotoran dan lumpur,

2. Berikan perhatian khusus pada:
-Saluran masuk udara dan filter udara dari air dan kotoran lumpur (ganti bila kotor),
-Filter udara CVT dari sumbatan air dan kotoran (bersihkan bila kotor),
-Lubang knalpot dari air atau sumbatan lumpur (bersihkan),
-Kondisi oli mesin dan oli gear dari tercampur dengan air (ganti oli mesin dan oli gear),
-Fuel tank dari kemungkinan kemasukan air (kuras sampai bersih),
-Mekanisme CVT dari masuknya air dan kotoran (bersihkan bila kotor).

3. Lebih lanjut kunjungi dan konsultasi dengan Bengkel Resmi Yamaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya