SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

ilustrasi (google img)

NEW YORK—Microsoft mengumumkan penjualan Winsdows 8 telah mencapai 40 juta lisensi sejak diluncurkan kali pertama pada 26 Oktober lalu. Meski begitu sejumlah pengamat menilai Microsoft telah gagal mendongkrak penjualan perangkat lunak andalannya itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kolumnis CNET, David Carmoy bahkan menyampaikan beberapa kesalahan fatal yang dilakukan Microsoft. Berikut beberapa di antaranya:

1. Harga upgrade ke Windows 8 cukup mahal, lebih dari US$40. Beberapa pengguna menilai Windows 7 masih sangat baik. Apalagi sebagian dari mereka tidak menggunakan perangkat layar sentuh yang menjadi keunggulan Windows 8.

2. Tablet Microsoft Surface RT ternyata tak bisa menjalankan Windows 8 Pro, dan hanya mendukung Windows RT. Hal itu berarti perangkat tersebut tak akan bisa menangani program-program lama.

3. Harga Surface Pro tablet terlalu mahal. Microsoft menyebutkan harga perangkat ini sekitar US$899 dan keyboard US$100. Di pasaran saat ini banyak perangkat yang berharga lebih murah namun lebih unggul dibanding Surface Pro.

4. Microsoft gagal membangun komunitas developer untuk softwarenya. Berdasar survei IDC, hanya sekitar 33% developer perangkat lunak tertarik mengembangkan aplikasi Windows 8 Tablet. Jumlah itu kalah jauh dibanding developer yang berminat mengembangkan di paltform Apple dan Android.

5. Tak ada ponsel andalan untuk Windows 8. Apple telah memiliki iPhone yang terbukti andal, sementara Samsung Galaxy S3 menjadi ponsel andalan Android. Nokia Lumia 920 yang berbasis Windows 8 dianggap belum sebanding dengan ponsel-ponsel Apple dan Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya