Ini Dia Keistimewaan Karanganyar, Punya 86 Objek Wisata!

Salah satu keistimewaan Kabupaten Karanganyar adalah banyaknya objek wisata yang dimiliki. Sedikitnya ada 86 objek wisata di Bumi Intapari berdasarkan data BPS Karanganyar.

 Pembuatan keris di Museum Keris Brojobuwono, Wonosari. Gondangrejo, Karanganyar. (twitter/disparkorakabkaranganyar)

SOLOPOS.COM - Pembuatan keris di Museum Keris Brojobuwono, Wonosari. Gondangrejo, Karanganyar. (twitter/disparkorakabkaranganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah di Soloraya yang memiliki sejumlah keistimewaan. Di antara banyak keistimewaan itu yang paling menonjol adalah di sektor pariwisatanya.

Kabupaten yang memiliki tagline Bumi Intanpari –singkatan dari industri, pertanian, perdagangan, dan pariwisata– ini kaya akan objek wisata. Salah satu faktornya adalah sebagian wilayah kabupaten ini berada di kaki Gunung Lawu yang menjadi berkah tersendiri.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Tak heran apabila sebagian Kabupaten Karanganyar memiliki spot-spot wisata dengan pemandangan yang aduhai, bikin betah berlama-lama.

Sebagian besar warga Soloraya pasti pernah berwisata ke Karanganyar, terutama ke Tawangmangu. Udaranya yang sejuk degan pemandangan alam yang memanjakan mata memang jadi daya tarik utama. Namun wisata di Karanganyar bukan cuma Tawangmangu.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Karanganyar, setidaknya ada 86 objek wisata yang dimilik Karanganyar. Objek wisata ini tersebar di berbagai kecamatan.

Beberapa di antaranya mungkin terdengar asing karena belum sepopuler Grojogan Sewu atau Candi Sukuh. Ini dia sebagian kecil objek wisata menarik dan unik di Karanganyar yang mungkin Anda belum tahu:

1. Rumah Pohon Banyu Anyep

Objek wisata Rumah Pohon Banyu Anyep berada di Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso. Objek wisata ini memilik sejumlah fasilitas spot yang Instagramable. Seperti foto tangan, love, menara pandang, jembatan cinta, jembatan selfie, dan bunga teratai. Di lokasi ini tersedia mushola, toilet atau kamar mandi, gazebo.

Baca Juga: Serba-Serbi Candi Kethek, Konon Jadi Tempat Pembebasan Kutukan dan Dosa

2. Dolphin Tugu Water Park

Dolphin Tugu Water Park berada di Bulakrejo, Tugu, Jumantono. Objek wisata buatan ini menawarkan wahan perosotan waterboom, playground waterboom, ember tumpah, toilet, mushola, area parkir. Ada juga pertunjukan musik yang akan menghibur pengunjung.

3. Monumen Tanah Kritis

Monumen Tanah Kritis berlokasi di  Soko, Sukosari, Kecamatan Jumantono. Monumen ini dibangun untuk mengenang keadaan tanah di Jumantono yang pernah menjadi lahan kritis. Itu terjadi jauh sebelum konservasi tanah dan air berhasil mengembalikan kesuburan tanah daerah gersang tersebut.

Luas Monumen Tanah Kritis adalah 9.125 meter persegi. Tontonan utama Monumen Tanah Kritis ini adalah sebidang tanah kritis yang telah diawetkan. Tanah tersebut seakan-akan mengingatkan kepada pengunjung bagaimana rasanya hidup di tempat gersang.

4. Museum Keris Brojobuwono

Museum yang berada di Wonosari, Kecamatan Gondangrejo ini didirikan oleh Bambang Gunawan dan Basuki Teguh Yuwono pada tahun 1999. Ini adalah sebuah kompleks tempat pembuatan keris sekaligus museum keris.

Di Museum Keris Brojobuwono pengunjung bisa melihat koleksi keris-keris jaman dahulu. Selain museum dan besalen (tempat pembuatan keris), di Padepokan Keris Brojobuwono terdapat juga museum fosil.

Demikian keistimewaan Kabupaten Karanganyar dari sektor pariwisata. Anda tidak akan kehabisan spot wisata menari di Bumi Intanpari ini.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kondisi Global Ancam Stok Gandum Lokal dan Menakar Peluang Budidaya 

+ PLUS Kondisi Global Ancam Stok Gandum Lokal dan Menakar Peluang Budidaya 

Kondisi global seperti Perang Rusia-Ukraina dan larangan ekspor gandum oleh India telah berdampak pada meningkatnya harga dan pasokan gandum lokal, yang dikhawatirkan berpengaruh pada produksi makanan olahan gandum, lalu bagaimana peluang budidaya di Indonesia?

Berita Terkini

4 Kecamatan di Karanganyar jadi Sasaran KKN 988 Mahasiswa UIN

Sebanyak 998 mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan KKN di 45 desa di empat kecamatan di Kabupaten Karanganyar.

Jembatan Jurug C Solo Tanggung Beban Lalin 2 Kali Lipat, Mampukah?

Beban arus lalu lintas selama pembongkaran dan pembangunan kembali Jembatan Jurug B Solo mulai 16 September akan bertumpu pada Jembatan C.

Tak Perlu Khawatir! Pertamina Jamin Elpiji Subsidi Aman

Ketersediaan liquified petroleum gas (LPG) subsidi atau elpiji 3kg dipastikan aman hingga akhir tahun.

Asyik! Wong Boyolali Boleh Jualan di CFD Tanpa Syarat dan Izin

Pedagang asli Boyolali dipersilakan berjualan di area CFD tanpa menggunakan syarat izin. Namun, Pemkab akan tetap melakukan pendataan. 

Luruskan Kabar Pelecehan Seksual JKT 48, Gibran Dipuji Dan Disindir

Langkah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meluruskan informasi mengenai lokasi dugaan pelecehan seksual personel JKT48 tuai pujian sekaligus sindiran.

Kapan Pemutihan Pajak Kendaraan Sukoharjo Dimulai? Ini Kata Samsat

Samsat Sukoharjo telah melakukan berbagai upaya agar kepatuhan wajib pajak (WP) meningkat. Di antaranya program pembebasan denda, bea balik nama (BBN) dan mutasi selama 5 bulan pada 2021.

Lengkap! Ini Jumlah Siswa Yang Diterima Di 8 SMA Negeri Solo Lewat PPDB

Hasil seleksi PPDB SMA negeri di Kota Solo telah diumumkan melalui laman PPDB SMA/SMK Jateng 2022/2023, Senin (4/7/2022) sore.

Banyak Kendaraan Baru, Pembayaran Pajak Sukoharjo 1.500 Per Bulan

Pembayaran Pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kabupaten Sukoharjo mencapai  1.500 objek kendaraan  setiap bulannya.

Jembatan Mojo Solo Direhab, Jembatan Bacem Siap-Siap Tambah Padat!

Jembatan Bacem di Telukan, Grogol, Sukoharjo, akan menjadi jalur pengalihan kendaraan roda empat saat Jembatan Mojo Solo direhab dan ditutup total.

Ribuan Kendaraan Roda Dua Nunggak Pajak, Nggak Bayar Karena Lupa

Ribuan kendaraan roda dua di Sukoharjo nunggak pajak kendaraan bermotor (PKB). Alasan tidak membayar beragam, salah satunya karena lupa.

Komplet! Ini Daftar Menu Hidangan Welcome Dinner G20 Di Keraton Solo

Keraton Solo menyiapkan menu kuliner perpaduan tradisional dengan unsur Eropa dan Cina untuk welcome dinner para delegasi G20, Selasa (5/7/2022) malam.

Jembatan Mojo Solo Diperbaiki, Ini Jalur Alternatif yang Disiapkan

Arus lalu lintas yang melewati jalur alternatif bakal dipecah ke jalan perdesaan di wilayah Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Polokarto selama perbaikan Jembatan Mojo.

Ada 1.201 Bayi di Karanganyar Alami Kurang Gizi, Apa Langkah Pemkab?

Dinkes Karanganyar menyebut ada 1.201 bayi di Bumi Intanpari yang mengalami kurang gizi berdasarkan data 2021. Di sisi lain ada perbedaan data soal jumlah stunting antara versi Pemkab Karanganya dan Pemprov Jateng. 

Wow! TSJK Kumpulkan Jutaan Rupiah Per Malam Untuk Masjid Sriwedari Solo

Taman Sunan Jogo Kali (TSJK) Solo mengadakan acara charity untuk membantu dana pembangunan Masjid Taman Sriwedari dan berhasil mengumpulkan jutaan rupiah per malam.

Ortu Siswa yang Namanya Hilang di PPDB SMAN 1 Gondang Lapor Polisi

Yakin ada indikasi tindak kriminal, dua orang tuan calon siswa yang namanya hilang dari daftar PPDB 2022 di SMAN 1 Gondang, Sragen, melapor ke polisi.