SOLOPOS.COM - Penyerahan KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 di galangan kapal Batam, (Foto: Biro Humas Kemenhan)

Solopos.com, BATAM – Indonesia memiliki dua kapal berang baru bikinan dalam negeri. Dua kapal perang baru Indonesia ini mampu melaju dengan kecepatan 16 knot.

Kapal bikinan industri pertahanan dalam negeri, PT Bandar Abadi tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di galangan PT Abadi di Batam, Selasa (26/10/2021). Berikut spesifikasi kapal yang diberi nama KRI Teluk Wondama-527 dan KRI Teluk Weda-526 itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Jokowi Gunakan P6 ATAV V1 Rantis Paspampres di Kalimantan, Ini Wujudnya

Mengutip keterangan Kementerian Pertahanan melalui rilis di laman resminya, Rabu (27/10/2021), dua kapal perang itu memiliki LOA, panjang keselurahan 117m, lebar 1,40m dan tinggi 7,8m. Kecepatan maksimum dua kapal tersebut disebut 16 knot.

Kapal tersebut memiliki endureance 20 hari dan diawaki 111 orang kru. Selain itu, dua kapal angkut tank ini mampu membawa 367 orang pasukan, 15 unit Tank BMP-3F serta satu unit helikopter.

Baca Juga: Kendaraan Serbu Antar Presiden Jokowi, Ganas Juga Spesifikasinya

Dua kapal itu telah diserahkan kepada TNI Angkatan Laut untuk memperkuat pertahanan Indonesia. “Presiden RI telah menugaskan saya untuk merancang pembangunan kekuatan TNI untuk sekian tahun ke depan. Di antaranya, tekad kita adalah kita harus memiliki TNI AL yang kuat,” ujar Menhan Prabowo Subianto sebagaimana tertera dalam rilis Biro Humas Kemenhan.

Prabowo juga menyampaikan rasa bangganya terhadap industri pertahanan dalam negeri yang mampu memproduksi dua kapal itu. “Ini membuktikan industri pertahanan kita mampu, mandiri, serta matang dalam melaksanakan pekerjaannya,” tambah Prabowo.

Baca Juga: TIPS OTOMOTIF : Atasi Mobil Mogok, Tentara Ini Gunakan AK-47

Dua kapal perang ini masuk kategori angkut Tank AT-8 dan AT-9. Dua kapal itu kini memperukan alutsista TNI AL. Penamaan KRI Teluk Weda-526 diambil dari nama sebuah Teluk yang terletak di Halmahera Tengah Kecamatan Weda Tengah Maluku Utara, yang terkenal akan keindahan taman bawah lautnya, dengan kehidupan ikan melimpah, salah satunya spesies Hiu Kaki Langka.

Sementara nama KRI Teluk Wondama-527, diambil dari nama Teluk di daerah Kepala Burung Pulau Papua, yang dianggap sebagai surga terapung karena keindahan alamnya, di sebelah Raja Ampat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya