SOLOPOS.COM - Muhammad Ishak Al Kasari, calhaj asal Banyumas berusia 18 tahun dan menjadi calhaj termuda dari Embarkasi Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Seorang calon haji (calhaj) yang berangkat dari Embarkasi Solo, Muhammad Ishak Al Kasari, asal Banyumas, tercatat sebagai calhaj termuda hingga saat ini.

Calhaj tersebut tercatat lahir pada 22 Agustus 2003 atau masih berusia 18 tahun. Ia berangkat menggantikan sang ayah yang meninggal dunia pada 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ayah dan ibu Ishak seharusnya berangkat ke Tanah Suci pada 2020 namun diundur karena pandemi Covid-19. Lalu pada 2021, ayah Ishak meninggal dunia sehingga akhirnya ia berangkat menggantikan posisi ayahnya sekaligus menemani ibundanya.

Ishak bersama rombongan kloter 29 diterbangkan ke Tanah Suci pada Kamis (23/6/2022) pukul 17.07 WIB dan tiba pada Jumat (24/6/2022). Kepada wartawan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, sebelum berangkat, Kamis, calhaj termuda dari Embarkasi Solo itu mengaku senang sekaligus sedih bisa berangkat haji pada tahun ini.

“Senang, ada sedih ada senang, karena bisa berangkat lebih awal, tapi sedih karena mestinya bapak saya yang berangkat, mestinya bapak bisa berangkat sekarang,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Sosok Calon Haji Termuda Asal Karanganyar, Baru 19 Tahun

Ishak mendampingi sang ibu, Musriatun, yang sudah berusia 55 tahun. Ayah dan Ibu Ishak mendaftar haji sejak tahun 2011. “Berangkat sama Ibu, Musriatun, usianya 55 tahun, saya menggantikan bapak yang meninggal 18 Oktober 2021, usianya 60 tahun. Mestinya berangkat tahun 2020, tetapi kemudian geser tahun ini, sedangkan daftarnya dari 2011,” ucapnya.

Baru Lulus Ponpes

Memenuhi panggilan sekaligus memenuhi rukun Islam, Isak tidak hanya ingin ke Arab Saudi dan menunaikan haji. Ada cita-cita lain yang ingin diraih calhaj termuda dari Embarkasi Solo itu yakni berkuliah di universitas ternama Madinah.

“Saya baru lulus pondok di Tasikmalaya, rencana mau kuliah di Madinah, Universitas Al Jamiah [Universitas Islam Madinah] karena di sana terdapat banyak ulama dari segala penjuru dunia,” terangnya.

Baca Juga: 5 Calhaj Embarkasi Solo Berusia 20 Tahun, Dulu Daftar Usia Berapa Ya?

Mengenai pembatasan usia calhaj tahun ini, Isak berharap agar aturan tersebut dihapus sehingga mereka yang ingin memenuhi rukun Islam namun sudah sepuh bisa menjalankannya.

“Harapannya semua pemerintah bisa melonggarkan batas usia, jadi bisa segera naik haji. Seharusnya jangan ada batasan, karena kasihan, rukun Islam haji wajib bagi yang mampu. Jika tidak mampu ya jangan memaksakan juga,” tutupnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, hingga Jumat (24/6/2022), total sudah 10.220 calhaj dari Embarkasi Solo yang sudah tiba di Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya