SOLOPOS.COM - Mesin tiket otomatis di Stasiun Klaten. (Twitter/@jalur5_/Instagram/@kabarklaten)

Solopos.com, KLATEN — Aneka kuliner tersaji di dekat Stasiun Klaten. Aneka kuliner ini layak dikunjungi saat berada di dekat Stasiun Klaten.

Berikut aneka kuliner di dekat Stasiun Klaten yang dinilai dapat memanjakan lidah para pengunjung:

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

1. Soto Ayam Mbah Darmo

Soto Ayam Mbah Darmo merupakan salah satu kuliner di dekat Stasiun Klaten yang layak dikunjungi pengunjung. Warung soto ini berlokasi di Jl. Samanhudi No. 64, Tegalsepur, Klaten, Keamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten.

Di lokasi ini ada dua pilihan menu, yakni soto kecil dan soto besar. Soto kecil senilai Rp4.000 per mangkuk dan soto besar senilai Rp8.000 per mangkuk. Selain soto juga terdapat aneka menu lainnya, seperti olahan ayam kampung, ayam negeri, sapi, ikan, kambing, dan lainnya.

Warung yang lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Klaten ini dibuka dari pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

2. Satai Kambing Pak Codot

Kuliner berikutnya di dekat Stasiun Klaten, yakni satai kambing Pak Codot. Lokasinya berada di Jl. Bayangkara, Pondok, Klaten, Kec. Klaten Tengah.
Di warung ini menyediakan berbagai olahan kambing seperti satai, gulai, tongseng, dan tengkleng. Harganya relatif terjangkau.

Olahan favorit yang digemari pengunjung di warung ini, yakni tengkleng. Menu jenis tersebut biasanya lebih dahulu habis dibeli pengunjung dibandingkan menu lainnya.

3. Sop Ayam Bu Lastri

Warung Sop Ayam Bu Lastri termasuk kuliner di dekat Stasiun Klaten yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di trotoar jalan kawasan Bareng Kidul, Kelurahan Bareng, Klaten Tengah.

Warung yang dibuka mulai pukul 21.00 WIB ini menyediakan aneka sup ayam seharga Rp7.000-Rp18.000 per porsi. Saking ramainya jumlah pengunjung, dalam sehari rata-rata di warung ini mampu menjual 30-35 ekor ayam potong yang diolah menjadi sup lezat.

Warung makan Sop Ayam Bu Lastri ini sering didatangi artis Ibu Kota. Warung tersebut dikelola pasangan suami istri Jamaludin dan Lani Retnowati yang sebelumnya bekerja sebagai pencari barang rongsok.

4. Sop Ayam Pak Min

Warung Sop Pak Min paling legendaris berada di Jl. Mayor Kusmanto No. 4, Tegaltalang, Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sop Pak Min sudah menjadi ciri khas daerah Klaten.

Dilansir dari laman ksm.tour, Senin (10/10/2022), Warung Sop Ayam Pak Min sudah ada sejak 50 tahun yang lalu.

Di dalam Sop Ayam Pak Min terdapat potongan daging ayam yang disiram kuah berwarna cokelat bening. Ketika diaduk akan muncul bau wangi dari kaldu serta aroma bawang putih dan lada.

Kebanyakan sop ayam akan memakai kentang atau wortel untuk bahan pelengkapnya namun, Sop Ayam Pak Min hanya memakai kuah dan ayam sebagai pelengkapnya.

Menu yang paling mahal ada sop ayam dada pecok Rp22.000. Menu yang paling murah ada sop ayam campur atau sop ayam biasa senilai Rp7.000. Sop biasa berisi kentang, bihun, suwiran ayam, campuran nasi dan sedikit seledri.

Sop akan lebih nikmat lagi apabila ditambah perasan jeruk nipis dan sedikit sambal bagi pencinta pedas. Ada juga minuman es teh atau teh (Rp3.000) dan es jeruk atau jeruk hangat (Rp4.000). Tak ketinggalan aneka gorengan seperti pergedel dan tahu gimbal seharga Rp2.000, serta tahu dan tempe senilai Rp1.000.

Demikian, aneka kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di dekat Stasiun Klaten. Di luar itu, tentu masih ada kuliner lain yang tak kalah lezatnya. Terlebih di Klaten menyimpan banyak kuliner yang maknyus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya