SOLOPOS.COM - Kopi Toraja. (lionmag.net)

Indonesia menjadi salah satu negara dengan hasil kopi terbaik. Ada beberapa kopi dari Indonesia yang sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Solopos.com, MADIUN – Kopi adalah jenis minuman yang banyak disukai di seluruh dunia termasuk Indonesia. Penikmat kopi di Tanah Air belakangan semakin meningkat. Hal itu terbukti dari banyaknya kedai kopi yang bermunculan di banyak daerah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Iklim tropis yang dimiliki Indonesia memberikan keuntungan tersendiri dalam hal produksi kopi. Hal ini karena tanaman kopi memang sangat cocok ditanam di daerah beriklim tropis.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik. Terdapat berbagai jenis kopi yang diproduksi dengan hasil terbaik dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Melansir dari detik.com, Jumat (11/12/2020), inilah jenis kopi terbaik dari Indonesia.

1. Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo yang berjenis arabika ini banyak tumbuh di dataran tinggi Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Salah satu kopi Aceh yang terkenal adalah kopi Ulee Kareng. Namanya diambil dari suatu tempat di Banda Aceh yang terkenal dengan kopinya.

2. Kopi Toraja

Kopi Toraja berasal dari Sulawesi Selatan. Kopi Toraja tidak hanya dikenal di negeri sendiri, tetapi juga mancanegara seperti Jepang dan Amerika. Kopi Toraja dianggap sebagai minuman premium. Bahkan sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang bernama Key Coffee sejak 2015.

Jadi salah satu jenis kopi terbaik, Kopi Toraja memiliki dua varian yaitu arabika dan robusta. Keduanya memiliki sentuhan rasa kayu manis atau kapulaga.

3. Kopi Papua Wamena

Jenis kopi Indonesia terbaik salah satunya adalah Kopi Papua dari Wamena. Kopi ini memiliki rasa yang unik dengan aroma cokelat dan floral. Rasa asamnya sedang.

Kopi Papua ini adalah jenis kopi arabika yang ditanam di Lembah Baliem, pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kampung Tagulik, Distrik Bugi, Kabupaten Jayawijaya adalah salah satu nama daerah yang warganya didominasi oleh petani kopi. Istimewanya, kopi ini ditanam dengan menggunakan alat tradisional.

4. Kopi Kintamani Bali

Ciri khas dari kopi Kintamani, Bali, adalah adanya rasa pahit sekaligus bercita rasa jeruk. Ini dihasilkan karena kebun kopi di Kintamani bertetangga dengan kebun jeruk sehingga ada sentuhan segar dari kopi Kintamani.

Jenis kopi ini dikenal dengan nama origin coffee. Kopi ini sudah banyak tersedia di Jepang, Perancis, dan beberapa negara Eropa lainnya.

5. Kopi Flores Bajawa

Kopi Bajawa dari Flores ditanam di ketinggian 1.000-1.550 mdp) di perkebunan di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur. Kopi Flores memiliki ciri khas rasa kacang-kacangan serta karamel. Teksturnya kental dengan sensasi sedikit asam tapi masih aman untuk lambung.

6. Kopi Java Ijen Raung

Kopi Java Ijen Raung merupakan jenis kopi khas Bondowoso. Kopi ini pertama kali diekspor pada 2011 dan popularitasnya semakin meningkat. Sampai di tahun 2016, Indonesia berhasil mengekspor 43 kontainer atau 859 ton kopi. Ciri khas dari Kopi Java Ijen Raung ini adalah adanya sensasi rasa pedas dengan sentuhan floral.

7. Kopi Rangsang Meranti Riau

Selain jenis kopi arabika dan robusta, ada juga liberika. Balai Penelitian Tanaman Industri (Balittri) Kementerian Pertanian meminta petani kopi Liberika meranti di Riau untuk mengekspor kopi sebanyak 200 ton per bulan ke Malaysia. Kopi Liberika Meranti ini ternyata sangat diminati di Malaysia sejak dulu.

 

Caption: Kopi Toraja. (lionmag.net)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya