SOLOPOS.COM - Tugu Bandeng Pati. (Instagram/@kelilingpati)

Solopos.com, PATI — Sebagai kota kecil yang berada di kawasan Pantura, Kabupaten Pati memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki kota-kota lain Pulau Jawa. Selain dikenal dengan sentra peternakan ikan bandeng dan juga sentra kerajinan kuningan, rupanya Pati memiliki julukan-julukan unik.

Melansir Patikab.go.id, Rabu (30/6/2021), Kabupaten yang  juga dikenal dengan daerah pesisir pantai Pulau Jawa ini rupanya memiliki banyak julukan. Apa saja julukan itu?

Promosi Lewat BRInita, Kampung Hijau Kemuning Tangerang Sulap Lahan Jadi Produktif

Hogwarts Van Java

Buat penggemar film Harry Potter mungkin tidak asing dengan istilah Hogwart yang mengacu pada sekolah sihir terbesar di dunia Harry Potter. Julukan ini disematkan karena konon Pati adalah tempat tumbuh suburnya para penyihir alias dukun.

Ekspedisi Mudik 2024

Konon, praktik ilmu magis atau klenik di Pati sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Tidak heran di kemudian hari, wilayah ini mendapat julukan ‘kotanya para dukun’ yang seiring berkembangnya budaya populer dengan cerita fiksi Harry Potter.

Kota Para Pensiunan

Karena letaknya yang cukup jauh dengan kota-kota besar, membuat Kabupaten Pati begitu tenang dan damai. Tidak heran jika Pati dihuni oleh para pensiunan dari daerah lain yang ingin menghabiskan masa tuanya di Pati.

Namun beberapa waktu belakangan, kesan tersebut dihapus oleh pemerintah setempat melalui penyelenggaraan acara berskala nasional yang bisa memajukan perekonomian daerah setempat. “Kabupaten Pati sekarang sudah bangkit dengan segudang prestasi yang tentunya terus berusaha kami tingkatkan,” kata Bupati Pati, Haryanto dikutip dari Patikab.go.id.

Bumi Mina Tani

Istilah ini juga merupakan slogan untuk Kabupaten Pati yang memiliki arti lahan sawah yang cukup luas. Selain itu makna “Bumi Mina Tani” juga merupakan akronim dari Berdaya-Upaya-Menuju-Identitas-makmur-Ideal-Normatif-Tertib-Aman-Nyaman-Indah.

Kota Kacang

Kabupaten Pati merupakan daerah pengolahan kacang terbesar di Indonesia. Bahkan dua merek produk olahan kacang terkenal, seperti Kacang Garuda dan Kacang Dua Kelinci berbasis di Kabupaten Pati yang tepatnya di barat kota (Jl. Raya Pati – Kudus) Kecamatan Margorejo.

Berpotensi Wisata

Walaupun sebagian besar berada di dataran rendah, Pati yang terletak di lereng Gunung Muria ini memiliki beragam macam wisata alam yang menarik, seperti air terjun, goa, hutan pinus dan beberapa waduk yang terletak di lereng pegunungan.

Kota Manggis

Kabupaten Pati merupakan penghasil buah manggis terbesar dan terbanyak di Jawa tengah. Selain ikan bandeng, dan kerajinan kuningan, manggis juga menjadi barang komoditi yang telah dikirim ke Surabaya, Bandung hingga Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya