SOLOPOS.COM - Lawang Sewu. (Instagram-@abednego.wibowo21)

Solopos.com, SEMARANG — Perayaan Halloween memang bukan sebuah tradisi di Indonesia. Meski demikian, seiring berkembangnya zaman banyak orang-orang di Indonesia yang merayakan Hallowen yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober itu.

Hallowen yang di sejumlah negara diperingati sebagai hari untuk mengenang orang yang telah meninggal dunia itu pun identik dengan hal-hal yang menyeramkan seperti hantu, makhluk halus, dan lain-lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nah, di Kota Semarang ada beberapa lokasi yang dipercaya merupakan tempat yang menyimpah sederet kisah misteri, menyeramkan, atau angker.

Bahkan, sejumlah orang yang tergabung dalam komunitas Semarangker, kerap mendatangi tempat itu hanya untuk sekadar menguak misteri maupun uji nyali.

Ketua Semarangker, Pamuji Yuono, mengatakan selama ini banyak tempat angker di Semarang yang kerap dikunjungi komunitasnya. Bukan untuk mengamini bahwa tempat itu angker, namun kunjungan anggota Semarangker lebih untuk menguak misteri dan memecahkan mitos yang selama ini dipercaya secara turun menurun.

“Tujuan Semarangker itu bukan untuk mempercayai mitos. Kita justru tertantang untuk memecahkan mitos dan misteri yang selama ini dipercaya masyarakat. Kita ingin membuktikan bahwa semua itu bergantung pada iman yang kita miliki,” ujar Pamuji saat dijumpai Semarangpos.com di markas Semarangker, Jl. Lamper Raya, Kota Semarang, Selasa (29/10/2019).

Penasaran tempat mana saja yang dipercaya sebagai tempat angker di Kota Semarang? Simak daftarnya.

  1. Hotel Sky Garden di Bukit Gombel
Ilustrasi Hotel Sky Garden di Gombel Semarang. (Instagram @semarangker.official)

Bukit Gombel selama ini memang dikenal sebagai tempat yang angker di Semarang. Bahkan berdasarkan acara On The Spot di Trans 7, Gombel merupakan satu dari tujuh tempat angker di Indonesia.

Keangkeran Gombel tak terlepas dari banyaknya kisah misteri yang berasal dari tempat itu. Bahkan, menurut mitos Gombel merupakan asal mahkluk halus Wewe Gombel.

Menurut Pamuji salah satu lokasi paling angker di Gombel terletak di kawasan Hotel Sky Garden. Hotel yang mangkrak sejak 1982 atau 37 tahun silam itu dipercaya menjadi sarang tempat makhluk halus, mulai dari Wewe Gombel, Kuntilanak, hingga pocong.

“Di Gombel berbagai sudut tempatnya memang angker. Di situ kan jadi salah satu titik paling horor di Indonesia. Kalau menurut saya, angkernya sih karena bangunan tua dan sudah lama tidak terawat,” ujar Pamuji.

Baca juga: Misteri Sendang Nganten Di Bukit Gombel Semarang

  1. Lawang Sewu
Lorong dekat tangga menuju ruang bawah tanah Lawang Sewu, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Rio Hernandes)
Lorong dekat tangga menuju ruang bawah tanah Lawang Sewu, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Rio Hernandes)

Tempat lain di Semarang yang dipercaya horor tak lain adalah Museum Lawang Sewu. Menurut Pamuji, lokasi paling seram di Lawang Sewu berada di ruang bawah tanah atau lantai basement.

Tempat itu dipercaya angker karena bekas ruang tahanan pada masa penjajahan Belanda. Letaknya yang gelap, pengap, dan di ruang bawah tanah yang sempit, dipercaya banyak memakan ratusan korban dari kalangan tahanan.

“Karena lokasinya kan pengap, gelap, dan jarang disentuh manusia jadi dipercaya dihuni makhluk halus. Tapi, enggak tahu sekarang. Katanya setelah direnovasi jadi bagus. Yang seram ganti tiket masuknya,” kelakar Pamuji.

  1. Watu Kunti

Di dalam Hutan Tinjomoyo, ungkapnya juga terdapat tempat yang konon sangat angker. Pamuji bilang tempat itu bernama Waru Kunti. Letaknya yang berada jauh dari keramaian, membuat Watu Kunti sering dipakai untuk tempat pemujaan bagi segelintir warga.

“Kita pernah gelar tur umum ke sana. Dulunya Watu Kunti itu dipakai untuk pemujaan warga yang ingin naik pangkat, mencari pelarisan, jodoh, dan lain-lain. Tapi, Semarangker selalu tertantang untuk melawan mitos yang berkembang di masyarakat selama tidak melanggar norma agama,” bebernya.

Watu Kunti, lanjut Pamuji, berwujud batu besar. Lokasinya berada di dalam Hutan Tinjomoyo. Orang-orang yang percaya, Watu Kunti dihuni makhluk halus berwujud kuntilanak.

  1. Villa Singontoro
Villa Singontoro di Semarang (Youtube @Joe Kal)

Berbentuk sebuah bangunan kuno zaman kolonial, Villa Singontoro terletak di kawasan Tanah Putih, Kecamatan Candisari.

Villa Singontoro merupakan rumah tua yang sudah lama tidak berpenghuni. Menurut Pamuji, saking seramnya, Villa Singontoro pernah dijadikan lokasi uji nyali sebuah acara televisi swasta.

Baca juga: Asal Usul Gunung Brintik Semarang & Sosok Perempuan Berambut Keriting

“Konon rumah itu juga sering didatangi orang untuk mencari pesugihan. Tapi, menurut saya, rumah itu seram karena memang sejak lama tidak dihuni,” ujarnya.

  1. Rumah Spanyol

Satu lagi lokasi atau tempat yang dianggap angker menurut Semarangker. Lokasi itu berbentuk bangunan tua yang terletak di kawasan Gajah Mungkur, Kota Semarang. Rumah tua itu sering disebut dengan nama Rumah Spanyol.  

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya