SOLOPOS.COM - Salad buah. (freepik)

Solopos.com, MADIUN — Diet tidak harus membuat kehidupan Anda penuh penderitaan. Meskipun hidup dengan pola makan sehat tidak mudah dilakukan, namun ada sederet alternatif camilan sehat yang tidak membuat Anda gendut.

Maklum saja, sebagian orang memiliki kebiasaan buruk seperti ngemil di waktu-waktu bersantai. Camilan menjadi pilihan tepat untuk mengatasi rasa lapar sebelum waktu makan tiba. Namun camilan yang dikonsumsi tersebut bahkan bisa menjadi salah satu penyebab obesitas jika Anda tidak mengontrolnya dan menggantinya dengan camilan yang lebih sehat.

Promosi BRI Microfinance Outlook 2024 akan Bahas Strategi Memperkuat Inklusi Keuangan

Untuk memulai pola hidup sehat kembali, Anda bisa mulai dengan mengganti camilan yang Anda makan dengan camilan yang lebih sehat. Berikut makanan sehat yang bisa Anda jadikan camilan dikutip Madiunpos.com—grup Solopos.com—dari liputan6.com Rabu (28/10/2020).

Peluang Bisnis Coffee Bun Menggiurkan, Begini Kalkulasinya...

1. Puding atau Agar-Agar

Kedua makanan ini memiliki tekstur yang hampir mirip, hanya biasanya puding disajikan dengan topping atau dikombinasikan dengan bahan lain seperti biskuit atau roti. Puding maupun agar-agar merupakan makanan sehat yang ringan untuk Anda konsumsi dan sudah pasti cocok untuk menjadi pengganti camilan yang sebelumnya kurang sehat.

Puding dan agar-agar memiliki nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, kalsium, mineral, bahkan serat.

2. Salad Buah

Makanan sehat yang bisa Anda jadikan camilan adalah salad buah. Bisa dikatakan bahwa salad buah adalah pilihan terbaik untuk mengganti camilan fast food yang biasanya Anda makan.

Sesuai namanya, salad buah terdiri atas buah-buahan segar mulai dari semangka, mangga, apel, jeruk, kiwi, hingga stroberi. Pastinya, salad buah akan menjadi camilan sehat yang bisa meningkatkan mood-mu juga.

3. Telur Rebus

Jika Anda tidak begitu tertarik dengan camilan yang memiliki cita rasa manis, Anda bisa memilih telur rebus sebagai kudapat sehatmu. Telur merupakan penganan yang paling sehat terutama untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Telur rebus juga memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mengkonsumsi telur rebus juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk terus makan lebih banyak.

4. Kentang Panggang

Makanan sehat lain yang bisa Anda jadikan camilan adalah kentang panggang. Kentang memang sangat terkenal dijadikan sebagai makanan alternatif bagi yang sedang diet. Hal ini karena kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga Anda tidak mudah merasa lapar.

5. Yoghurt

Yoghurt memang bukan makanan tapi minuman. Namun, bagi beberapa orang yoghurt sering dijadikan camilan alternatif. Teksturnya yang padat, menggumpal, serta kental menjadikannya terlihat seperti makanan layaknya cream soup.

Yoghurt memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Yoghurt sangat kaya akan kalsium dan mineral sehingga dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya