Ilustrasi tahu gimbal Pak Man. (Instagram @sbykulinerinfo)

Solopos.com, SEMARANG — Berkunjung ke Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), kita akan disuguhi berbagai objek wisata yang instagramable, seperti Kota Lama, Simpang Lima, hingga Jembatan Banjir Kanal Barat (BKB).

Meski demikian, tak lengkap jika ke Semarang tanpa mencicipi kuliner khas ibu kota Jateng itu. Ada sederet kuliner khas Kota Semarang, seperti lumpia, gulai Bustaman, hingga tahu gimbal.

Nah, di Kota Semarang ada banyak warung yang menyajikan tahu gimbal. Tahu gimbal merupakan kuliner khas Kota Semarang yang merupakan perpaduan antara tahu goreng dengan bakwan udang sebagai komposisi utama. Disebut gimbal karena ada campuran udang yang digoreng dengan tepung dan telur.

Selain campuran tahu goreng dengan bakwan udang, makanan ini juga dikombinasikan dengan kubis dan saus kacang yang membuat rasanya semakin sedap.

Nah di Kota Semarang ada beberapa warung tahu gimbal yang menurut netizen layak didatangi. Bahkan berdasarkan Google, beberapa warung ini mendapat rating bintang 5 dari pengunjung.

Berikut empat warung tahu gimbal yang mendapat rating tinggi dari pengunjung di jejaring Internet:

1. Warung Tahu Gimbal Gang Baru

Warung yang terletak di Gang Baru, Kranggan, Semarang Tengah atau kawasan Pecinan Kota Semarang ini memang tidak banyak mendapat ulasan dari netizen. Meski demikian, warung ini mendapat rating 5 dari netizen yang telah berkunjung.

Bahkan beberapa netizen menyebut jika warung ini merupakan salah satu legenda warung tahu gimbal di Semarang karena sudah lama berdiri. Konon, warung ini dulunya terletak di dekat alun-alun Kota Semarang yang saat ini telah beralih fungsi sebagai kawasan Pasar Johar Kota Semarang.

Harga tahu gimbal di warung ini berkisar Rp14.000-Rp28.000 per porsi.

2. Tahu Gimbal Bang Toyib

Warung Tahu Gimbal Bang Toyib mendapat rating di Google.com, 4,7 dari skala 5. Warung ini terletak di Jl. Suratmo, Gisikdrono, Kota Semarang.

Lokasi warungnya memang cukup sulit ditemui karena berada di tengah kota yang dekat dengan permukiman. Meski demikian, warung ini sebenarnya cukup mudah ditemukan karena berdekatan dengan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang dan tidak jauh dari objek wisata Sam Poo Kong.Untuk makan tahu gimbal di warung Bang Toyib,

Anda cukup mengeluarkan uang Rp23.000 per porsi. Itu pun sudah sekaligus untuk membayar minum, segelas es teh.

kuliner semarang
Lontong Tahu Gimbal Pak Polo. (Instagram @endaonde)

3. Lontong Tahu Gimbal Pak Polo

Warung Lontong Tahu Gimbal Pak Polo berada di Jl. Singa Tengah III No. 90, Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Warung ini disebut-sebut sebagai salah satu warung tahu gimbal legendaris di Semarang. Di sebut legendaris karena warung ini sudah berdiri sejak lama. Warung Lontong Tahu Gimbal Pak Polo mendapat rating 4,6 dari skala 5 dari netizen.

Salah seorang netizin, pengguna akun Sigit Seagate, menyebut jika Warung Lontong Tahu Gimbal Pak Polo memang sulit dijangkau, terutama oleh orang yang belum familiar dengan Kota Semarang.

Ia pun menyarankan agar pengunjung menggunakan panduan Google Maps untuk menjangkau warung Pak Polo.

“It's one of the legendary food around town.. A little bit difficult to get here.. But there's Google map to help you.. The place isn't to spacey but It's clean.. The food itself have a good taste.. It's delicious and have a big portion.. The price is around IDR 20k per portion. [Ini merupakan salah satu makanan legendaris di kota, sedikit sulit ke sini, tapi Google map bisa membantumu. Tempatnya enggak terlalu luas tapi bersih. Makanannya rasanya enak, lezat dan porsinya besar. Harganya sekitar Rp20.000 per porsi],” tulis pengguna akun Sigit Seagate.

Sementara, pengguna akun Luthfan Evan mengaku rasa tahu gimbal Pak Polo tak pernah berubah sejak dulu. Warung Lontong Tahu Gimbal Pak Polo konon berdiri sejak 1980. Dulunya, warung Pak Polo berada di bawah jembatan tol Gayam Sari sebelum pindah ke Jl. Singa Tengah.

4. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Warung Tahu Gimbal Lumayan Pak Man mungkin bisa dikatakan sebagai warung tahu gimbal paling laris di Kota Semarang. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, racikan tahu gimbal di warung Pak Man memang benar-benar lezat.

Saus kacang yang tidak terlalu halus membuat bumbu tahu gimbal Pak Man benar-benar terasa. Apalagi, tahu gimbal di tempat ini juga berani memberikan rasa pedas sesuai permintaan pembeli.

Warung Tahu Gimbal Pak Man mendapat rating 4,4 dari skala 5. Warung ini terlatak di Jl. Plampitan No. 54, Bangunharjo, Kota Semarang.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB – hingga habis. Tapi, jika ingin mencicipi tahu gimbal di warung ini jangan kaget jika harus mengantre karena banyak pembeli. Bahkan, konon meski baru buka jam 10.00 WIB, tahu gimbal di Warung Tahu Gimbal Pak Man sudah tutup pukul 14.00 WIB karena saking banyak pembeli.

“Tahu Gimbal Pak Man, entah kenapa ada kata ‘Lumayan’, sedangkan rasanya lebih dari itu. Tempatnya di Plampitan, dekat dengan Soto Bakoran, Bakmi Jowo Pak Gareng. Mulai buka sekitar pukul 10.00 WIB – habis. Btw, dia habisnya cepat. Rasa gimbalnya [udang] fresh dan wanginya itu loh. Tahu dan telurnya digoreng dadar, yang bedain tahu gimbal yang lain kol di sini digoreng sebentar. Porsinya banyak banget apalagi kalau pakai lontong. Gimbalnya dapat sekitar 6-7 per porsi. Harga 1 porsi Rp27.000,” ulas pengguna akun mimin widaningsih.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten