SOLOPOS.COM - Suasana camping ground di Deles, Kecamatan Kemalang, Klaten, Maret 2022. (Istimewa/Instagram@delesindah)

Solopos.com, KLATENKabupaten Klaten menyimpan sejumlah tempat yang cocok untuk camping ground. Lokasi camping ground di Kabupaten Bersinar, di antaranya tersebar di lereng Gunung Merapi hingga Kecamatan Bayat.

Berikut beberapa rekomendasi lokasi yang cocok untuk camping ground di Klaten:

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

1. Kawasan Sapuangin, Kecamatan Kemalang

Lokasinya berada di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Dukuh Pajegan merupakan perkampungan tertinggi di Tegalmulyo. Lokasinya juga berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Baca Juga: Cek Lur, Ada Banyak Tempat Tongkrongan di Tegalmulyo Klaten Loh

Di kawasan ini terdapat spot selfie yang view-nya langsung Gunung Merapi. Selain spot selfie, ada camping ground di kawasan tersebut. Lokasinya berada di lahan warga yang berbatasan langsung dengan TNGM. Pengelolaannya dilakukan langsung oleh warga di kawasan tersebut.

“Sekarang pengunjung sebagian sudah ke Sapuangin. Jadi ada yang berkunjung itu tujuannya ke Girpasang dan Sapuangin,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo, Subur, Jumat (25/3/2022).

2. Deles Indah, Kecamatan Kemalang

Sebagaimana dikutip dari www.visitklaten.com, Deles Indah merupakan objek wisata yang terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Merapi, sekitar 25 km dari pusat kota Klaten. Deles Indah berada di wilayah desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, dengan ketinggan antara 800–1300m di atas permukaan laut.

Baca Juga: 8 Destinasi Seru di Klaten: Wisata Air, Adrenalin, Sejarah, hingga Alam

Di antara tempat menarik yang dapat dikunjungi di lokasi ini, yakni Taman Ngajaran. Lokasi ini merupakan sebuah taman yang terletak di bagian barat hutan akasia dan sebelah utara Pesanggrahan Pakubuwana X dan juga di sepanjang jalan menuju bukit Petung. Taman ini biasa digunakan untuk rekreasi dan camping.

Keelokan alam di Deles Indah dinilai layak menjadi alternatif camping ground. Dalam Instagram @delesindah juga menyampaikan informasi bertuliskan “camp puncak Deles Indah”. Dalam akun tersebut Instagram itu juga disertai foto sejumlah orang sedang camping lengkap dengan tenda dan cahaya lampu di malam hari.

3. Puncak Arjuna, Kecamatan Bayat

Puncak Arjuna berlokasi di Dukuh Sidowayah, Desa Gununggajah, Kecamatan Bayat. Puncak Arjuna menjadi daya tarik baru di Gununggajah selain Bukit Cinta-Watu Prahu.

Baca Juga: Ada Bus Wisata Jurusan Rawa Jombor dan Girpasang, Berapa Tiketnya?

Lokasi ini berada di kawasan perbukitan di wilayah Klaten di sisi selatan. Sebagian perbukitan tersebut dikembangkan menjadi daya tarik wisata.
Di kawasan Puncak Arjuna juga terdapat bumi perkemahan.

Daya tampung bumi perkemahan itu diperkirakan bisa lebih dari 600 orang dengan fasilitas lengkap. Beberapa fasilitas itu meliputi aula, kamar mandi dan toilet di 23 lokasi, serta lapangan yang bisa digunakan untuk upacara serta menggelar api unggun.

Ketua Pengelola Objek Wisata Puncak Arjuna, Mawan Munangsih, menjelaskan kawasan Puncak Arjuna sebenarnya sudah dikembangkan warga sejak 2016 silam.

Puncak Arjuna berada di kawasan hutan yang dikelola Perhutani. Sebelumnya, warga dan pemerintah desa mengajukan izin kerja sama pengelolaan kawasan.
Pengajuan izin itu disambut Perhutani dengan memberikan ruang seluas 15 ha di Puncak Arjuna untuk kegiatan pemberdayaan warga melalui wisata.

“Belum semua ruang yang diizinkan itu dikelola. Baru 7-10 ha dengan 5 ha itu dimanfaatkan untuk wisata dan bumi perkemahan. Warga yang semula bertanam di sini, kami tawarkan untuk bisa berjualan di kawasan wisata,” kata Mawan saat ditemui Solopos.com, Minggu (21/11/2021).

Baca Juga: Dolan ke Girpasang Bisa Naik Bus DAMRI, Ini Tarifnya?

4. Buper Pramuka Kepurun, Kecamatan Manisrenggo

Bumi perkemahan (buper) ini berlokasi di Dukuh Kalilumpang, Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten. Luas tanah mencapai 31.000 meter persegi dengan dilengkapi sarana lapangan sepak bola dan olahraga.

Dikutip dari https://www.pramukaklaten.or.id, rute menuju Buper Kepurun dari jalan raya jalur bus umum Jogja-Solo sampai di simpang empat/lampu lalu lintas stasiun Prambanan, Klaten. Selanjutnya, ambil arah ke utara menuju ke jurusan Manisrenggo berjalan sejauh sekitar 7 km. Sampai simpang tiga Klewer/Kecamatan Manisrenggo, ambil ke kiri/barat 200 meter.

Sebelum mengajukan permohonan sebaiknya cek dan mendaftar ke Kwarcab Klaten via telepon (0272 322260)/internet /datang langsung ke sekretariat Kwarcab Klaten, Jl. Pramuka 33 Klaten. Pemesan waktu peminjaman buper yang lebih dahulu terdaftar bakal diprioritaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya