Ini Deretan Wisata yang Dibangun Pemilik "Istana Negara" di Wonogiri

Pengusaha tajir asal Wonogiri, Suparno dikenal memiliki "Istana Negara". Selain bangunan unik itu, ternyata Suparno juga memiliki deretan objek wisata lainnya di Wonogiri.

 Suparno (kiri) berbincang dengan temannya di teras Istana Parnaraya yang mirip Istana Negara di Dusun Kebonagung RT 003/RW 001, Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Suparno (kiri) berbincang dengan temannya di teras Istana Parnaraya yang mirip Istana Negara di Dusun Kebonagung RT 003/RW 001, Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri. (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Pengusaha tajir asal Wonogiri, Suparno dikenal memiliki “Istana Negara”. Selain bangunan unik itu, ternyata Suparno juga memiliki deretan objek wisata lainnya di Wonogiri.

Sebagaimana diketahui, “Istana Negara” milik Suparno berada di Dusun Kebonagung RT 003/RW 001, Desa Kebonagung, Sidoharjo. Suparno yang dikenal sebagai pengusaha dengan mengawali usaha di bidang pelumas kendaraan itu mendirikannya sejak 2015 lalu. Proses pengerjaan bangunan sudah mencapai 90 persen memasuki pertengahan 2017.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kompleks istana terdiri atas empat bangunan, yakni bangunan utama Istana Parnaraya seluas kurang lebih 200 meter persegi dengan tinggi lebih dari 12 meter. Interior Istana Parnaraya dilengkapi kursi dan meja kayu mewah, lukisan orang tua dan penari Bali, dan seperangkat alat elektronik canggih.

Di belakangnya terdapat bangunan berukuran 6 m x 15 m yang sedianya akan dijadikan studio film biografi dan museum karya usaha Suparno. Di sisi kirinya ada bangunan 20 m x 8 m menyatu dengan musala. Bangunan itu akan dijadikan kafe yang diberi nama Kafe Cah Tukang Dolan (CTD). Bangunan lainnya adalah garasi mobil dan sepeda motor.

Dalam perkembangannya, Parnaraya Group berkomitmen ikut membangun destinasi wisata di Wonogiri. Parnaraya Group menyatakan kesiapannya berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri.

Baca Juga: Klaten dan Wonogiri Sama-Sama Punya “Istana Negara”, Cek lokasinya?

General Manager Parnaraya Group, Endang Istriningsih, mengatakan Parnaraya Group merupakan kelompok yang membidangi lima destinasi wisata di Kabupaten Wonogiri. Mulai dari Istana Parnaraya, Kitagawa Pesona Bali, Museum Sewurai, Oto Trondolo, dan Girimanik Mountain Camp.

Saat ditemui Solopos.com di Wonogiri, Selasa (17/5/2022), Endang menyampaikan sang pemilik Parnaraya Group, Suparno, membangun sejumlah destinasi wisata tersebut untuk ikut serta membangun Wonogiri.

Melalui pembangunan destinasi wisata, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga: Investor Swasta Lirik Potensi Wisata Wonogiri, Ini Respons Bupati Jekek

“Semua karyawan [yang bekerja di tempat wisata bikinan Parnaraya Group] dari lingkungan masyarakat sekitar. Termasuk, petugas parkir yang mengambil dari pengurus karang taruna sekitar,” ucapnya.

Parnaraya Group bakal mendirikan dua destinasi tambahan. Pertama, Santri Azizah Parnaraya untuk mendidik santri berbisnis dan latihan manasik haji. Kedua, perusahaan tersebut akan mempercantik Pantai Srau di Pacitan Jawa Timur. Dua destinasi tambahan itu saat ini dalam proses perizinan dan pembangunan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Cuaca Sragen Hari Ini Diperkirakan Berawan, Cocok Untuk Jalan-Jalan

Cuaca di Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dengan suhu udara yang tak terlalu panas. Simak ulasan lengkap prakiraan cuaca Sragen pada artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini Cukup Bersahabat

Cuaca Karanganyar hari ini diprediksi akan berawan hampir sepanjang hari, kecuali di sore hari yang berpotensi turun hujan ringan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Sabtu 25 Juni 2022 Ini: Siang Mulai Hujan

Informasi tentang prakiraan cuaca Boyolali pada hari Sabtu (25/6/2022) tersaji dalam artikel berikut ini.

Aman Lur, Prakiraan Cuaca Solo Sabtu Malam Ini Solo Tidak Hujan

Prakiraan cuaca Kota Solo menurut BMKG pada Sabtu (25/6/2022) ini lebih banyak berawan dan hanya diwarnai hujan ringan sore hari.

Mau Malam Mingguan? Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Sabtu 25 Juni 2022

Ulasan tentang prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo, Jumat (25/6/2022) hari ini, tersaji lengkap dalam artikel berikut.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Lebat Sore

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 25 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 25 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Ini Dia Calhaj Termuda Embarkasi Solo, Usianya 18 Tahun Asal Banyumas

Calhaj termuda Embarkasi Solo saat ini tercatat atas nama Muhammad Ishak Al Kasari, asal Banyumas, yang berusia 18 tahun.

Suporter PSIS dan PSS Melintas di Kartasura, Polisi: Jaga Kondusivitas!

Polisi menerjunkan ratsuan personel untuk pengamanan rute dan pengawalan suporter yang melintasi wilayah Kartasura.

Atlet Paralayang Jateng Latihan di Puncak Joglo Wonogiri, Ini Jadwalnya

Puluhan atlet paralayang Jawa Tengah (Jateng) berlatih di Puncak Joglo Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri selama tiga hari, Jumat-Minggu (24-26/6/2022).

Jemaah Selawat Bulan Bung Karno Membeludak Sampai Luar Vastenburg Solo

Jemaah tahlil akbar dan selawat Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDIP Solo menghadirkan Habib Syech membeludak sampai di luar Benteng Vastenburg.

Warga Karangturi Klaten Pilih Bangun Rumah Tahan Gempa, Alasannya?

Membangun rumah dengan konstruksi tahan terhadap guncangan gempa menjadi keniscayaan bagi mereka yang tinggal di daerah rawan gempa bumi. Hal itu, seperti yang dilakukan warga Desa Karangturi, Kecamatan Gantiwarno.

Ganjar-Rudy Absen Selawatan Bulan Bung Karno Bareng Habib Syech Di Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo tidak tampak menghadiri acara tahlil akbar dan selawat Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg Solo.

Hii! Ular Sanca Ini di Atap Kamar Mandi Milik Warga Wuryorejo Wonogiri

Seekor ular Sanca Kembang ditemukan di atap kamar mandi milik warga di Lingkungan Donoharjo, Kelurahan Wuryorejo, Kabupaten Wonogiri, Kamis (23/6/2022) malam.

Cicipi Beras Kencur di Kafe Jamu Nguter, Delegasi G20: Rasanya Segar

Didampingi Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, delegasi negara anggota G20 tiba di Pasar Jamu Nguter, sekitar pukul 16.30 WIB.