SOLOPOS.COM - Masjid Agung Jawa Tengah. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang di Jawa Tengah (Jateng), tak hanya terkenal memiliki daya tarik wisata berupa bangunan-bangunan kuno dengan gaya arsitektur tempo dulu. Kota Semarang juga memiliki destinasi wisata kuliner, alam, hingga religi.

Dihimpun Solopos.com, Rabu (15/6/2022), ada sejumlah objek wisata religi yang ada di Kota Semarang. Mulai dari tempat ibadah berbagai agama, hingga tempat kegiatan keagamaan seperti ziarah hingga latihan manasik haji.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Berikut deretan tempat wisata religi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng):

1. Gereja Blenduk

gereja blenduk
Seorang pengunjung kawasan Kota Lama Semarang berfoto di depan Gereja Blenduk. (Facebook)

Gereja ini sejatinya bernama Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel Semarang. Meski demikian, gereja terletak di Jalan Letjend Suprapto 32, atau di kawasan Kota Lama Semarang ini lebih populer dengan nama Gereja Blenduk.

Gereja Blendug merupaka Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun masyarakat Belanda pada tahun 1753. Bentuknya yang oktagonal atau segi delapan dengan atap berbentuk kubah menjadi alasan kenapa gereja ini disebut Gereja Blenduk.

Baca juga: Buka di Tengah Covid-19, Tempat Wisata Semarang Wajib Penuhi Syarat

Gereja Blenduk merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kota Semarang. Tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat Kristen, gereja ini juga kerap jadi sasaran lokasi atau spot foto wisatawan yang berkunjung ke kawasan Kota Lama Semarang.

2. Sam Poo Kong

wisata religi semarang
Kelenteng Sam Poo Kong Semarang jadi tujuan wisata libur Lebaran, Senin (26/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Sam Poo Kong merupakan kelenteng yang berada di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat. Kelenteng ini memiliki sejarah yang menarik karena kerap dikaitkan dengan pelayaran Laksamanan Ceng Ho dari Tiongkok pada abad ke-13.

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi wisata religi dan prioritas di Kota Semarang. Selain menjadi tempat ibadah umat Tri Dharma, kelenteng ini juga kerap dikunjungi wisatawan terutama saat perayaan Tahun Baru China atau Imlek.

Tak hanya itu, Kelenteng Sam Poo Kong juga pernah menjadi tempat konser grup vokal asal Inggris, Westlife, medio 2019 lalu. Saat itu, penggemar boys band asal Inggris dari berbagai kota di Indonesia hadir ke Sam Poo Kong.

Baca juga: Berusia 2 Abad, Inilah Gereja Tertua di Jawa Tengah

3. Pagoda Watugong

wisata religi semarang
Vihara Watugong dengan Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya menjadi salah satu objek wisata favorit di Semarang, Jateng. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Pagoda ini juga populer dikenal sebagai Pagoda Watugong oleh masyarakat sekitar.

Tempat ibadah umat Buddha ini memiliki gaya arsitektur yang unik. Dengan tinggi sekitar 45 meter, pagoda ini bahkan pernah meraih Rekor Museum Indonesia (Muri) sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Di pagoda ini terdapat patung Dewi Kwan Im dan juga patung Bodhisattva Avalokiteswara yang berdiri kokoh menghiasi interior bangunan pagoda. Selain digunakan tempat ibadah umat Buddha, pagoda ini juga kerap dikunjungi sejumlah wisatawan untuk berfoto.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Bangunan masjid di Kota Semarang banyak yang dibangun dengan gaya arsitektur yang unik dan megah. Namun dari sekian banyak bangunan masjid itu hanya Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terbilang paling megah.

Baca juga: Ada Perayaan Imlek di Sam Poo Kong, Ini Agenda Semarang 2020

Masjid yang dibangun mulai tahun 2001 dan selesai pada 2006 silam ini berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur campuran Jawa, Islam, dan Romawi.

Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang ini selain disiapkan sebagai tempat ibadah, juga dipersiapkan sebagai objek wisata religi. Oleh karenanya tak heran jika ditempat ini juga terdapat wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar berbagai kelas, sehingga peziarah yang ingin bermalam bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

5. Pura Agung Giri Natha

Pura Agung Giri Natha
Ilustrasi Pura Agung Giri Natha di Kota Semarang. (direktoripariwisata.id)

Tak hanya kelenteng, masjid, dan gereja, di Kota Semarang juga terdapat bangunan tempat ibadah agama Hindu yang artistik dan unik. Tempat itu adalah Pura Hindu Dharma Giri Natha yang terletak di Jalan Sumbing Nomor 12, Kota Semarang.

Pura ini berada di tengah Kota Semarang dan tidak terlalu jauh dari kawasan Simpang Lima. Oleh karenanya, pura ini pun tidak sulit dijangkau oleh wisatawan.



Meski demikian, lokasi Pura Dharma Giri Natha ini berada di ketinggian dan dibutuhkan jalan kaki sekitar 300 meter. Meski demikian, setelah sampai di lokasi, pengunjung akan disajikan pemandangan Kota Semarang dari atas bukit.

Nah, itulah sejumlah destinasi wisata religi yang cukup populer di Kota Semarang berupa tempat ibadah. Destinasi wisata religi di Kota Semarang sebenarnya cukup banyak dan tidak terbatas pada tempat ibadah. Ada juga lokasi atau tempat berziarah, tempat pengajian, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya