Ini Deretan Tempat Wisata di Desa Tertinggi di Jateng

Desa tertinggi di Jateng, Desa Sembungan yang berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, menawarkan sederet tempat wisata yang memikat.

 Panorama pegunungan dari Puncak Sikunir di Desa Sembungan, desa tertinggi di Jateng. (JIBI/Harian Jogja/Muhammad Nurbawa)

SOLOPOS.COM - Panorama pegunungan dari Puncak Sikunir di Desa Sembungan, desa tertinggi di Jateng. (JIBI/Harian Jogja/Muhammad Nurbawa)

Solopos.com, SEMARANG – Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, didapuk sebagai desa tertinggi di Jawa Tengah atau Jateng. Desa ini tak hanya unik tapi juga menawarkan sederet pesona alam yang menjadi magnit wisata. Berikut deretan tempat wisata di desa tertinggi di Jateng.

Berada di ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl), Desa Wisata Sembungan memang menawarkan sederet keindahan alam. Bahkan saking indahnya, Desa Sembungan pun masuk nomine 50 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Tak hanya itu, setiap tahunnya desa tertinggi di Jateng ini juga mampu menarik kunjungan wisata sekitar 250.000 orang. Mengutip dari laman jadesta.kemenpraf.go.id, Desa Sembungan berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Desa ini menawarkan eksotisme alam dan budaya dan menyajikan pemandangan sunrise tercantik di Asia.

Pemandangan sunrise maupun sunset yang disebut sebagai yang terbaik di Asia itu bisa disaksikan di Bukit Sikunir. Namun, bukan hanya Bukit Sikunir yang menjadi daya tarik wisata di desa tertinggi di Jateng ini. Berikut deretan objek atau tempat wisata di Desa Sembungan, Wonosobo.

  • Bukit Sikunir
wisata desa tertinggi jateng
Ilustrasi wisatawan berfoto di Puncak Sikunir. (Istimewa)

Bukit Sikunir merupakan salah satu objek wisata andalan di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini kerap dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Sikunir selalu mengincar indahnya pemandangan sunrise dari Puncak Sikunir, atau yang dikenal dengan nama Golden Sunrise Sikunir. Selain itu, dari Puncak Sikunir wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan deretan gunung-gunung tinggi yang berderet.

Bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.263 mdpl. Bukit ini terleta di sebelah timur Desa Sembungan.

Untuk ke Puncak Sikunir, tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari area parkiran, hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Sedangkan untuk menyaksikan panorama dari Puncak Sikunir, pengunjung cukup membayar tarif yang cukup murah, yakni Rp5.000 per orang.

  • Telaga Cebong
desa tertinggi jateng desa wisata
Telaga Cebong yang berada di wilayah Desa Sembungan yang baru saja masuk nomine 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI. (Solopos.com-Antara/Heru Suyitno)

Terletak di desa tertinggi di Jawa, dan Jateng tentunya, yaitu Desa Sembungan, objek wisata Telaga Cebongan sejatinya bekas kawah purba. Dulu luas Telaga Cebong mencapai 18 hektare, namun lambat laun mulai menyempit dan tersisa 12 hektare.

Lokasi Telaga Cebong ini berada di sebelah barat Bukit Sikunir, dengan bentuk menyerupai cebong atau berudu. Hal itupulah yang membuat telaga ini diberi nama Telaga Cebong.

Air di Telaga Cebong tampak berkilau seperti minyak saat pagi hari jika disaksikan dari Puncak Sikunir. Hal itulah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengabadikannya melalui foto. Selain menjadi tempat wisata, Telaga Cebong di Desa Sembungan juga menjadi tumpuan petani untuk mengairi ladang.

  • Air Terjun Sikamir

Secara administratif, objek wisata Air Terjun atau Curug Sikarim sebenarnya tidak berada di wilayah desa tertinggi di Jateng, yakni Desa Sembungan. Curug Sikarim berada di wilayah Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Meski demikian, letak Curug Sikarim ini terbilang sangat dekat dengan Desa Sembungan. Curug Sikarim ini berada di antara Gunung Bisma dan Sikunir pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Air terjun yang berasal dari limpahan Telaga Cebong itu juga mengalir menuruni tebing perbukitan setinggi 90 meter dan jatuh ke Sungai Mlandi.

Curug ini menawarkan kedamaian, alam yang masih perawan dan gemuruh air terjun. Selain itu, lokasinya yang dikelilingi hutan pinus menambah suasana alami dan memberikan kesegaran.

  • Gunung Pakuwaja

Satu lagi tempat wisata yang bisa dikunjung di desa tertinggi di Jateng, yakni Gunung Pakuwaja. Gunung ini terletak di sisi utara Bukit Sikunir dan juga menjadi alternatif jalur pendakian.

Gunung Pakuwaja terletak di ketinggian 2.421 mdpl. Ada tiga jalur yang bisa dilalui untuk mendaki Gunung Pakuwaja yakni melalui Desa Sembungan, Desa Parikesit, dan jalur Desa Dieng.

Puncak Gunung Pakuwaja menyajikan sederet panorama yang indah dengan latar belakang Gunung Prau dan Dataran Tinggi Dien, serta keindahan Telaga Warna Dieng.

Gunung Pakuwaja juga memiliki mitos yang cukup populer, yakni menjadi lokasi pertapaan Tumenggung Kolodete, yang merupakan penguasa Dataran Tinggi Dieng.

Nah, itulah sederet objek wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung ke desa tertinggi di Jawa, dan tentunya Jateng.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      + PLUS Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.