Ini Deretan Peninggalan Pengusaha Terkaya Se-Asia Tenggara di Semarang

Pengusaha terkaya se-Asia Tenggara asal Semarang, Oei Tiong Ham, memiliki sederet peninggalan bersejarah di Jawa Tengah.

 Oei Tiong Ham. (Wikipedia)

SOLOPOS.COM - Oei Tiong Ham. (Wikipedia)

Solopos.com, SEMARANG — Oei Tiong Ham merupakan konglomerat pertama Asia Tenggara asal Semarang, Jawa Tengah. Pengusaha terkaya se-Asia Tenggara keturunan Tionghoa ini memiliki sederet peninggalan di Kota Semarang.

Salah satunya adalah istana seluas 81 hektare yang kini berubah menjadi gedung perkantoran. Istana tersebut berlokasi di Jl Kiai Saleh No 12-14, Mugasari, Semarang. Dulu, kompleks istana itu membentang di sepanjang Jl Pahlawan hingga Pandanaran dan Randusari. Kini, gedung tersebut beralih fungsi menjadi Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Tengah.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Bangunan istana pengusaha terkaya se-Asia Tenggara ini terdiri dari satu rumah induk, dua rumah berukuran lebih kecil di kiri kanan gedung utama yang dihubungkan dengan satu lorong beratap untuk menghindari panas dan hujan, yang biasa disebut Pavillion.

Baca juga: Inilah Sosok Pengusaha Terkaya Se-Asia Tenggara Asal Semarang

Sementara itu, di belakang bangunan utama istana milik konglomerat pertama Asia Tenggara di Semarang ini terdapat beberapa bangunan rumah yang mengelilingi kolam.

Dan sekarang istana ini hanya menyisakan sebuah bangunan yang disebut Balekambang atau dikenal sebagai gedung gula.

Oei Tiong Ham melapisi lantai pada istana tersebut dengan marmer dari Italia. Karakter Tionghoa hanya ada di gerbang pelataran gedung.

Diberitakan Solopos.com tiga tahun silam, Oei Tiong Ham sebelum tinggal di istana megah seluas 81 ha juga sempat hidup di Kampung Bojongsalaman RT 3/7, Semarang Barat.

Baca juga: Pengusaha Semarang Ini Orang Terkaya Se-Asia Tenggara

Bangunan yang terdiri dua lantai itu dan diyakini telah berusia 100-an tahun itu terlihat kusam. Seorang warga yang menghuni bangunan itu, Suwarni, 87, mengatakan rumah bergaya arsitektur tempo dulu itu merupakan peninggalan keluarga Oei Tiong Ham, seorang pengusaha kaya keturunan China.

Sementara itu, dilansir dari jurnal.untagsmg.ac.id, peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Semarang banyak ditemukan di kawasan Kota Lama yang dulunya dibangun oleh Belanda. Sejumlah hasil penelitan menyebutkan ada lima bangunan yang pernah dipakai oleh OTH sebagai kantor dagang berbagai aktivitas bisnisnya dan bangunan bekas kantor OTH tersebut berada di Jalan Kepodang.

Baca juga: 5 Makanan Unik Khas Jawa Tengah, Namanya Bikin Geli

Bangunan pertama adalah restoran Pring Sewu yang diarsiteki oleh Liem Bwan Tjie dari Tiongkok dan saat itu dipergunakan sebagai kantor baru pengganti kantor Kian Gwan Concern yang lama dengan gaya bangunan percampuran kolonial dan Tiongkok di perempatan Jl Kepodang.

Selain itu ada juga gedung Hero Coffe, kantor RNI divisi farmasi yang masih diarsiteki oleh Liem Bwan Tjie yang dulunya dipergunakan sebagai kantor bisnis gula dengan nama Kian Gwan Concern. Selanjutnya Gedung Kosong (Soesmans Kantoor) dan bangunan terakhir adalah Gedung Monod Diephuis di ujung Jl Kepodang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

+ PLUS Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

Berita Terkini

Daftar Kecamatan Terpadat di Jateng, Wilayahmu Termasuk?

Berikut daftar lima kecamatan terpadat di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng, daerahmu termasuk?

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Kaya Akan Bangunan Bersejarah

Kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng rupanya memiliki banyak bangunan bersejarah seperti Keraton Kasunanan Surakarta dan Benteng Vastenburg.

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Ada di Kota Ini

Berikut fakta kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng yang ternyata ada di bagian selatan Pulau Jawa.

Holywings di Semarang yang Tutup Ternyata Pernah 3 Kali Disegel

Holywings di Semarang yang saat ini ditutup imbas promo miras di Jakarta ternyata pernah disegel tiga kali oleh Satpol PP.

Satpol PP Kota Semarang Gelar Razia, 18 PSK Terjaring

Belasan PSK terjaring razia yang digelar Satpol PP di empat lokasi di Kota Semarang, Selasa (28/6/2022) malam.

Operasi Patuh Candi, Angka Kecelakaan di Klaten Tertinggi se-Jateng

Data Ditlantas Polda Jateng menyebutkan angka kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten tertinggi se-Jateng selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022.

Kilas Balik Teror Bom Ledakkan Patung Buddha dan Stupa Candi Borobudur

Sembilan dari 72 stupa yang di dalamnya terdapat patung Buddha di Candi Borobudur Magelang pernah menjadi sasaran teror bom yang diledakkan pada Senin, 21 Januari 1985.

Tumpahan Minyak Cemari Sungai di Cilacap, Ini Kata Pertamina

Tumpahan minyak mentah milik Pertamina Cilacap tumpah dan mencemari Sungai Donan di Kabupaten Cilacap.

Beli Minyak Goreng Pakai Pedulilindungi, Ini Kata Bakul Pasar Semarang

Pedagang atau bakul pasar di Kota Semarang menilai penerapan penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk beli minyak goreng dinilai menyusahkan.

Anak Main Korek Api, Rumah Warga Godong Nyaris Terbakar

Rumah milik warga Godong, Kabupaten Grobogan nyaris terbakar gegara anak laki-lakinya bermain korek api di kamar, Selasa (28/6/2022).

12 Gerai Holywings di Jakarta Ditutup, Begini Nasib yang di Semarang

Gerai Holywings di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan juga ikut ditutup imbas promo miras yang dilakukan Holywings Jakarta.

Operasi Patuh di Jateng Berakhir, Ini Daerah Pelanggaran Tertinggi

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, menyebut Kendal menjadi daerah dengan angka pelanggaran lalu lintas tertinggi selama Operasi Patuh Candi 2022.

Kreatif! Warga Semarang Lukis Bung Karno dengan Padi di Sawah

Petani Desa Bergas Lor, Kabupaten Semarang, membuat lukisan Bung Karno dengan media padi di area persawahan untuk menyambut Bulan Bung Karno.

Terima 5.000 Dosis Vaksin PMK, Disnakkan Grobogan: Masih Kurang

Terima 5.000 dosis vaksin PMK dinilai masih kurang banyak mengingat jumlah hewan ternak sapi dan kerbau di Grobogan mencapai 207.000 ekor.

Simak! Ini Beda Congyang Semarang dengan Ciu Bekonang Sukoharjo

Ciu Bekonang Sukoharjo dengan congyang asal Semarang dua minuman keras atau miras produk dalam negeri atau lokal yang memiliki sederet perbedaan.

Pesugihan Nyi Blorong di Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong di Kebumen, Jawa Tengah, menyimpan kisah misteri tentang ritual pesugihan Nyi Blorong.