Tutup Iklan
Ilustrasi. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Hampir 79% perempuan menggunakan pengering rambut atau hair dryer dan 40% perempuan menggunakan alat hair styling seperti catokan untuk tampil gaya. Padahal suhu hair dryer maupun catokan dapat mencapai 150-160°C, sehingga pemanasan rambut memberi dampak buruk pada rambut. 

Rambut manusia terdiri dari kutikula di permukaan yang berfungsi untuk membuat rambut berkilau. Di dalam rambut juga terdapat korteks yang terdiri dari keratin-keratin rambut yang menentukan rambut lurus atau keriting. Makin rusak kutikula, makin mudah keratin korteks juga rusak.

"Keratin pada rambut mengalami kerusakan atau denaturasi ketika terpapar panas lebih dari 60°C," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Gloria Novelita pada acara talkshow Awas Bahaya Alat Hair Styling Pada Rambut oleh Ellips Hair Vitamin di Jakarta, 22 April 2019.

Bayangkan jika rambut harus menerima paparan panas yang lebih dari 60°C tadi. Inilah yang membuat rambut menjadi kering, pecah-pecah, dan mudah patah. Paparan panas juga dapat membuat rambut mengalami kerusakan dan kusam.

Gloria mengatakan bahwa handuk merupakan alat terbaik untuk mengeringkan rambut. Hair dryer sebaiknya menjadi pilihan kedua. 

Kalaupun harus menggunakan hair dryer sebaiknya pilih hair dryer yang tidak terlalu panas atau pilih yang dingin. Penggunaan hair dryer, kata Gloria, tergantung pada panjang dan ketebalan rambut. 

"Yang diatur jarak penggunaan hair dryer dari batang rambut, yang paling ideal 15 cm," katanya.

Sebetulnya rambut dapat tetap gaya dengan alat styling tetapi nutrisi yang dibutuhkan rambut harus dipenuhi. Selain dari makanan, nutrisi rambut dapat dipenuhi dengan vitamin rambut.

"Bisa menggunakan vitamin rambut yang mengandung pro keratin complex, yang dapat bekerja langsung pada rambut," kata PR Manager PT Kino Indonesia Yuna Eka Kristiana.

Vitamin rambut dapat digunakan pada batang rambut, sehingga ketika ada paparan panas, rambut tidak langsung menerima dampaknya. 

"Vitamin rambut dapat dipakai pada saat rambut setengah kering, setelah itu baru gunakan pengering rambut," kata Yuna. Pilihlah vitamin rambut yang telah teruji klinis dan aman bagi rambut.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten