Tutup Iklan

Ini Daftar Wisata Terbaru di Yogyakarta yang Instagramable

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata terbaru yang layak dikunjungi.

 Pengunjung berswafoto di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Ratu Boko, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (24/9/2021). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

SOLOPOS.COM - Pengunjung berswafoto di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Ratu Boko, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (24/9/2021). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Solopos.com, JOGJA — Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu memberikan kesan di hati karena memberikan banyak pilihan tempat atau destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Terlebih saat ini banyak destinasi wisata di Yogyakarta yang belum banyak diketahui orang.

Destinasi wisata itu tersebar di berbagai daerah di Yogyakarta, mulai dari Gunungkidul, Bantul, Sleman, hingga Kulonprogoro.

Tempatnya pun cukup mengasyikan untuk melepas penat dan menghabiskan waktu luang. Selain itu, tempat-tempat wisata terbaru di Yogyakarta ini juga instagramable dan kerap menjadi lokasi syuting film.

Baca juga: Penuhi Nazar, Guru Olahraga Jalan Klaten-Jogja

Berikut daftar wisata terbaru di Yogyakarta yang layak dikunjungi, dikutip dari laman suara.com:

1. Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong
Studio Alam Gamplong. (Instagram)

Awalnya tempat ini ditujukan untuk syuting film Sultan Agung The Untold Story, yang disutradarai Hanung Bramantyo. Namun lambat laun, studio ini menjadi destinasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Jogja.

Di lokasi ini, wisatawan terkadang juga bisa melihat proses syuting film karena studio ini merupakan milik sutradara kondang, Hanung Bramantyo.

Banyak sekali replika bangunan dari berbagai tempat yang dijadikan spot foto instagrammable. Seperti replika Mataram Kuno berserta suasana tempo dulu. Tempat ini berada di Padukuhan Gamplong, Kalurahan Sumber Rahayu, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman.

Untuk masuk ke Studio Alam Gamplong, pengunjung hanya cukup dikenai biaya masuk Rp3.000. Namun jika membawa kamera akan dikenakan biaya tambahan Rp10.000.

2. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panggung Kediwung
Tangkapan layar wisatawan berfoto di Bukit Pangguk Kediwung. (Instagram)

Ditempat ini kalian akan merasakan sensasi berbeda menyambut dan melepaskan matahari. Sinar matahari dan gumpalan awan cantik memberikan semangat baru untuk memulai hari.

Bukit Panguk Kediwung berada di Magunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Di lokasi ini, pengunjung hanya akan dikenai biaya parkir Rp3.000.

Baca juga: Tuntas! Pemkot Yogyakarta Dapat Lima Kendaraan Vaksin

3. Curug Pulosari

Tangkapan layar Curug Pulosari. (Instagram)

Curug Pulosari berada di tempat terpencil di wilayah Krebet, Sendangsari, Bantul. Di lokasi ini pengunjung bisa melepas penat sambil melihat air terjun.

Curug ini cocok untuk melepaskan penat karena suasananya masih asri dan dipenuhi pepohonan.

4. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung (Instagram)

Keunikan pantai ini terletak pada barisan karangan yang seperti gerbang pembuka. Selain batu karang yang unik, terdapat juga beberapa bukit kecil di sekitarnya.

5. Tebing Breksi

tebing breksi di jogja
Tebing Breksi. (Instagram)

Tebing Breksi sebenarnya sudah cukup populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Tempat ini awalnya merupakan lokasi penambangan batu. Namun, dari hasil penambangan itu tanpa sengaja menghasilkan motif yang cantik dan instagramable.

Baca juga: Cegah Covid-19, Keraton Solo Tiadakan Grebeg Maulud dan Sekatenan Tahun Ini

6. Spot Riyadi

Spot Riyadi Jogja. (Instagram)

Bagi kalangan pencinta fotografi, Spot Riyadi sudah cukup populer. Pemandangan yang cantik di tempat ini, terutama saat pagi dan sore hari menjadi incaran para penggemar foto untuk mengabadikan suasana. Di lokasi ini, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan seputar Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Gunung Merapi, dan hamparan sawah dari kejauhan.

7. Lava Bantal

Lava Bantal (Instagram).

Adrenalin kalian akan sedikit terpacu saat datang kemari. Kegiatan susur sungai bekas aliran lava Gunung Merapi ini membentuk tepi sungi yang unik.

Tersedia pengaman di sepanjang jalur susur, fasilitas lain juga tersedia seperti gazebo, pendopo, dan musala juga ada di sini. Meski demikian, pengunjung harus tetap waspada jika berada di lokasi yang terletak di pinggir Jalan Brebah-Prambanan, Sleman itu.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Diperiksa Polda DIY Gara-Gara Video Vulgar di YIA, Apa Status Siskaeee?

Terduga pemeran video tak senonoh yang terjadi di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) beberapa waktu lalu,  tiba di Polda DIY, Minggu (5/12/2021) untuk menjalani pemeriksaan.

Kronologi Penangkapan Siskaeee, Wanita Pamer Genitalia di Bandara YIA

Aparat Polda DIY menjelaskan kronologi penangkapan Siskaeee, perempuan yang diduga merekam dengan video aksi ekshibisionisme di Bandara YIA, Kulonprogo, dan viral di medsos.

Polisi Ungkap Fakta Baru Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Polisi mengungkap bahwa kasus eksibisionis yang dilakukan perempuan diduga Siskaeee di Bandara YIA menjadi catatan penting bagi Polres Kulonprogo.

Banjir Lahar Dingin Merapi, Bupati Sleman Tetapkan Tanggap Darurat

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir lahar dingin Gunung Merapi.

Sleman Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Lahar Dingin Merapi

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menetapkan status tanggap darurat banjir lahar dingin Merapi agar upaya penanganannya bisa lebih cepat dilakukan.

Kunjungi Seniman Bantul, Rachmat Gobel Pesan 6 Robot dari Motor Rosok

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel mengapresiasi usaha kreatif Eri Sudarmono, 42, warga Bantul yang menyulap motor tua menjadi replika robot.

Libur Akhir Tahun Mau Ke Jogja? Ketahui Dulu 3 Lokasi Penyekatan Ini

Penyekatan akan kembali dilakukan Pemprov DIY di tiga lokasi pada libur Nataru mendatang. Akan ada pemeriksaan sampel pula untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

Dinas Kebudayaan DIY Salurkan Gamelan ke Pesantren, Jadi Media Dakwah

Dinas Kebudayaan DIY menyalurkan seperangkat gamelan kuningan pelog dan slendro kepada sejumlah pesantren.

Bikin Susah, Warga Nanggulan Tolak Penambangan Pasir Kali Progo

Sejumlah warga dari Kapanewon (Kecamatan) Nanggulan, Kulonprogo, mengeluhkan aktivitas penambangan pasir di sekitar Kali Progo.

Disdikpora Bantul Usulkan Gerakan Pasermas Lidi, Apa Maksudnya?

Disdikpora Bantul mengatakan, secara regulasi belum ada aturan yang mengatur keterlibatan masyarakat itu dalam dunia pendidikan.

Pemkot Jogja Tidak Lakukan Pendataan Jaminan Sosial 2021, Ini Alasannya

Pemerintah Kota Jogja tidak mendata ulang keluarga sasaran jaminan perlindungan sosial pada 2021. Pemkot menggunakan data tahun lalu.

Ini Dia! Sosok Siskaeee yang Disebut Pamer Organ Vital di Bandara YIA

Sosok pengguna akun siskaeee tengah ramai dibicarakan setelah video viral perempuan yang memamerkan payudara dan alat vital di Bandara YIA.

Tak Ada CCTV, Tempat Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Perempuan diduga Siskaeee melakukan aksi eksibisionisme di akses jalan penghubung antara lantai satu dan dua parkir Bandara YIA yang tidak terpasang cctv dan jarang dilalui orang.

Kata Bandara YIA Soal Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di Parkiran

PT AP I (Persero) selaku pengelola Bandara YIA merasa dirugikan oleh perempuan yang melakukan aksi eksibisionisme, yakni pamer payudara dan kemaluan di lantai dua parkir Bandara YIA.

+ PLUS PKL Harus Pindah agar Malioboro Menjadi Mirip Orchard Road

Konsep besar yang segera direlisasikan adalah mengembangkan Malioboro menjadi seperti kawasan Orchard Road di Singapura. Basisnya adalah penataan dan pemberdayaan sumbu filosofis keraton dan Kota Jogja.

Polisi Kantongi Identitas Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di YIA

Polres Kulonprogo mengantongi identitas perempuan yang diduga melakukan aksi eksibisionisme di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).