Ini Daftar Wisata Baru di Karanganyar, Bisa Jadi Rujukan untuk Akhir Pekan

Sejumlah objek wisata baru di Karanganyar bermunculan memberikan opsi lebih banyak kepada pengunjung yang hendak berwisata.

 Pengunjung menikmati pemandangan alam dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati pemandangan alam dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

Solopos.com, KARANGANYAR — Objek wisata baru terus bermunculan di wilayah Kabupaten Karanganyar. Hal ini semakin memberikan banyak opsi kepada wisatawan untuk memilih destinasi wisata yang sesuai dengan minat.

Tawangmangu dan kawasan Kemuning di Ngargoyoso menjadi dua lokasi wisata yang paling terkenal di Kabupaten Karanganyar. Tapi sesungguhnya destinasi wisata di Bumi Intanpari tidak sebatas dua kawasan tersebut. Masih banyak yang lain, belum lagi ditambah dengan adanya objek wisata baru.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Berikut ini daftar objek wisata baru di Karanganyar:

1. Telaga Kusuma

telaga kusuma karanganyar
Pembangunan kawasan agrowisata dan waterpark Telaga Kusuma di Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Destinasi wisata baru bakal dibangun di Kabupaten Karanganyar adalah agrowisata dan waterpark Telaga Kusuma. Objek wisata ini dibangun oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Pembangunan objek wisata ini menelan biaya hingga Rp5 miliar.

Nantinya, tempat ini digadang-gadang menjadi destinasi wisata baru favorit di Bumi Intanpari. Menariknya, objek wisata tersebut dibangun seperti HeHa di Gunungkidul, Yogyakarta. Bedanya, objek wisata Telaga Kusuma Karanganyar ini menawarkan pesona keindahan Gunung Lawu.

Baca Juga: Tekan Kemiskinan Melalui Desa Wisata, Kemuning Telah Membuktikannya

Kades Tunggulrejo, Parno Karyo Sumarto, menargetkan pembangunan agrowisata dan waterpark Telaga Kusuma rampung dalam se bulan kedepan.

“Kami akan meresmikan agrowisata dan waterpark tepat di Hari Jadi Karanganyar 18 November nanti,” kata dia ketika dijumpai Solopos.com di Tunggulrejo, Sabtu (27/8/2022).

Di Telaga Kusuma menempati lahan kas desa seluas 1,4 hektare (ha). Di agrowisata ini pengunjung akan disuguhi taman-taman cantik dengan aneka bunga. Kemudian terdapat kafe dan resto serta gazebo di berbagai lokasi. Selain itu juga dibangun enam kolam renang anak dan dewasa lengkap dengan seluncurannya.

Di antara kolam renang ini dibangun tempat khusus snorkling. Pengunjung bisa menyelam dengan pemandangan ikan-ikan cantik. “Nanti pengunjung bisa selfie didalam air dengan ikan-ikan hias,” kata dia.

Selain taman dan kolam renang, pemdes juga membangun gedung serbaguna di lokasi tersebut. Lalu bioskop yang bisa ditonton para pengunjung.

2. Kolam Renang Tirta Arum

kolam renang Kebakkramat karanganyar
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melemparkan bola ke arah anak-anak saat peresmian kolam renang Tirta Arum Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, pekan lalu. (Istimewa)

Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar sekarang punya kolam renang baru yang dibuka untuk umum. Namanya Kolam Renang Tirta Arum.

Kolam ini dibangun sejak 2019 namun terhenti lantaran pandemi Covid-19. Baru pada 2022 pembangunannya kembali digeber sebelum akhirnya berhasil diselesaikan pada Agustus 2022 lalu.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Kumpulkan Dana CSR untuk Bangun Tangga di Gunung Lawu

“Sumber dana kolam renang ini berasal dari dana desa, bantuan keuangan, dan pendapatan asli desa,” ujar Kepala Desa (Kades) Waru, Sularto, dalam acara peresmian kolam belum lama ini.

Ia menambahkan pembangunan kolam renang ini mendapatkan sambutan baik warga Desa Waru. Tirta Arum menjadi sarana rekreasi maupun olahraga masyarakat yang kemudian diharapkan dapat menciptakan atlet renang yang unggul.

3. Camping Ground Berjo

Tambak Camping Ground des Berjo Ngargoyoso karanganyar
Keindahan lampu di Karanganyar bisa dinikmati dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

Selain memiliki Air Terjun Jumog dan Telaga Madirda, Desa Berjo di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar kini juga punya bumi perkemahan atau camping Ground anyar. Lokasinya tak jauh dari pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Tambak.

Areanya lumayan luas, yakni sekitar 1 hektare dan bisa muat 100 tenda. Oleh karenanya bisa digunakan untuk kemah ramai-ramai dalam suatu kegiatan kelompok atau instansi.

Seperti bumi perkemahan lain, di sini juga sudah ada fasilitas kamar mandi dan penerangan yang memadai. Saluran listrik yang disediakan juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kemah dan menghidupkan peranti kelistrikan lainnya. Terutama mengisi daya baterai ponsel.

Baca Juga: Desa Berjo Karanganyar Punya Camping Ground Anyar, Pemandangannya Aduhai

Salah satu yang menjadi daya tarik dari camping ground ini adalah pemandangannya. Dari bumi perkemahan di ketinggian 1.180 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, pengunjung bisa menyaksikan hamparan tanaman hijau yang luas.

Di malam hari, pengunjung bisa melihat keindahan lampu rumah-rumah penduduk atau lampu kota di wilayah Karanganyar, Solo, dan sekitarnya. Tentu, pemandangan ini bisa dilihat ketika cuaca cerah.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      RS Indriati Solo Baru Buka Layanan Bedah Plastik: Bantu Bentuk Tubuh Impian

      Rumah Sakit Indriati, Solo Baru, Sukoharjo, menggelar talk show dengan tema Mencapai Bentuk Tubuh Impian dengan Bedah Plastik.

      Kabar Duka: Mantan Bupati Boyolali Wafat, Pencetus Slogan "Boyolali Tersenyum"

      Mantan Bupati Boyolali periode 1984-1994, Brigjen (Purn) H. Mochamad Hasbi, tutup usia, Jumat (25/11/2022) sore pukul 17.15 WIB. 

      Tak Puas Hasil Seleksi, Calon Perdes Karangtalun Sragen Protes Panitia

      Gagal terpilih menjadi Kasi Pelayanan, calon perangkat desa Karangtalun, Kecamatan Tanon, Sragen, melayangkan surat keberatan kepada panitia seleksi. Ia menuding panitia tak transparan.

      Mantap! Mulan Jameela dan Penyanyi Solo Ikut Meriahkan Konser Dewa 19 Malam Ini

      Konser Dewa 19 di Solo bakal dimeriahkan Mulan Jameela dan Nisa, yang disampaikan promotor pada Sabtu (26/11/2022) jelang konser.

      Edutorium UMS Mulai Ramai, Ribuan Baladewa Bersila Menunggu Dewa 19

      Pantauan Solopos.com, ribuan penggemar Dewa 19 mulai berdatangan di Edutorium UMS sejak sore hari.

      Dibuka Pendaftaran Ratusan PPK-PPS Boyolali, Simak Jadwal dan Syaratnya

      KPU Boyolali membuka ratusan lowongan PPK dan PPS.

      Masyaallah! Murid SDN 1 Wonogiri Rama-Ramai Galang Dana untuk Korban Gempa

      SDN 1 Wonogiri menggalang dana untuk membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Viaduk Gilingan Solo akan Diperdalam Agar Bisa Dilewati Bus Pariwisata

      Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan akan memperdalam Viaduk Gilingan Solo agar bisa dilewati bus pariwisata yang hendak berkunjung ke Masjid Syeikh Zayed.

      Catat! Imbauan dan Larangan Nonton Konser Dewa 19 di Solo Malam Ini

      Do and dont saat konser Dewa 19 di Solo, di Edutorium UMS, Sabtu (26/11/2022) malam ini.

      Solo Bersiap! Malam Ini Konser Dewa 19 Dimeriahkan 4 Vokalis, 30 Lagu Hits

      Konser Dewa 19 di Solo bakal dimeriah karena Ahmad Dhani Cs dengan 30 lagu hits dan 4 vokalis.

      Kadisdik Boyolali Sebut Dosa Besar Pendidikan: Intoleransi & Kekerasan Seksual

      Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Darmanto, mengingatkan tiga dosa besar dunia pendidikan yakni bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi.

      UMKM Pinggiran Gunung Kemukus Belajar Branding Produk Bersama ISI Solo

      Banyak pelaku UMKM di sekitar Gunung Kemukus, Sragen, yang belum memahami pentingnya branding dan pengemasan produk.

      Banyak Kelebihan, Pupuk Organik Cair Buatan Warga Plupuh Sragen Diadopsi Pemkab

      Pupuk organik cair buatan petani milenial asal Plupuh, Sragen, berhasil menarik perhatian Pemkab untuk mengadopsinya dang menggunakannya untuk skala yang lebih luas.

      Cegah Inflasi Melonjak Tinggi, Sukoharjo Mulai Tanam Cabai Massal

      Pemerintah Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan mencanangkan program gerakan penanaman cabai sebagai upaya pencegahan inflasi daerah. 

      Tak Lolos Seleksi Administrasi, Pendaftar PPPK Nakes Bisa Ajukan Keberatan

      Dari 448 nakes yang mendaftar PPPK di Karanganyar, 56 di antaranya dinyatakan tak memenuhi syarat. Mereka yang tak memenuhi syarat berkesempatan mengajukan keberatan paling lambat 27 November 2022.