SOLOPOS.COM - Petugas membersihkan kendaraan listrik delegasi KTT ke-43 ASEAN 2023 di area parkir Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (1/9/2023). (Antara/Zabur Karuru/aww).

Solopos.com, JAKARTA-Berikut ini daftar mobil listrik untuk KTT ke-43 ASEAN. Kendaraan listrik akan kembali menjadi moda utama dalam acara internasioal yang diselenggarakan di Indonessia. Kali ini mobil bertenaga listrik tersebut akan digunakan dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) 2023 di Jakarta Convention Center (JC), 5-7 September 2023.

Hadirnya ratusan produk kendaraan ramah lingkungan tersebut merupakan buah partisipasi dari ekosistem industri otomotif di Tanah Air.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Pilihan untuk menggunakannya sebagai moda transportasi operasional kegiatan-kegiatan resmi internasional di Indonesia sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap pemerintah. Di mana pengembangan kendaraan listrik sendiri merupakan upaya untuk mewujudkan transisi dari energi fosil menuju energi baru terbarukan.

Keterlibatan produsen otomotif nasional seperti perhelatan internasional seperti KTT ke-43 ASEAN 2023 merupakan kali ketiga. Sebelumnya di KTT G-20 di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022 kemudian KTT ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat, 9-11 Mei 2023.

Empat produsen mobil nasional yakni PT BMW Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Wuling Motors berkolaborasi meminjamkan unit produk roda empat mereka untuk digunakan sebagai armada operasional dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Pihak BMW Indonesia pun telah menyerahkan sebanyak 36 unit produk terbaru mereka, BMW i7 xDrive60 Grand Lusso kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Penyerahan dilakukan Senior Vice President Sales Region Asia-Pacific, Eastern Europe, Middle East, and Africa, Jean-Philippe Parain di Jakarta, 6 Juni 2023 lalu.

Demikian diungkapkan oleh Corporate Communications Department BMW Indonesia Jodie O’tania saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (2/9/2023).

Seluruh unit mobil yang memerlukan waktu hanya 34 menit untuk pengisian daya baterai sampai 80 persen tersebut, telah berada di kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, sebagai lokasi utama KTT ke43 ASEAN 2023.

Jodie menyebutkan pihaknya juga telah memberikan pelatihan kepada prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan mengemudikan mobil-mobil buatan produsen asal Jerman tersebut.

“Kami memberikan semacam pelatihan khusus kepada pihak Paspampres bagaimana cara mengendarainya. Termasuk mempelajari fitur-fitur khusus yang disematkan di BMW i7,” kata Jodie.

Selanjutnya ada sebanyak 74 unit IONIQ 6 dan 272 unit Hyundai IONIQ 5 yang dipinjamkan pihak HMID untuk keperluan KTT ke-43 ASEAN 2023.

Penyerahan dilakukan di sela-sela kegiatan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 di Tangerang, Banten, 11 Agustus 2023.

Unit IONIQ 6 akan dipakai untuk kendaraan resmi pasangan para delegasi VVIP sedangkan IONIQ 5 akan dijadikan kendaraan protokol, pengamanan, penyelamatan dan operasional panitia nasional.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama seperti dikutip dari siaran pers HMID, berterima kasih atas dukungan produsen mobil asal Korea Selatan itu untuk pelaksanaan KTT ASEAN. “Kami berterima kasih atas dukungan Hyundai Motors Indonesia untuk KTT ke-43 ASEAN 2023 setelah sebelumnya pada KTT ASEAN di Labuan Bajo dan KTT G-20 di Bali,” ujar Setya, dikutip dari laman Kemenparekraf.

Sementara Presiden Direktur HMID Woojune Cha menyatakan kebanggaannya bisa menjadi bagian dalam pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN 2023 dan mendukung penuh Keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN kali ini.

Selanjutnya adalah pihak TAM, yang meminjamkan sebanyak 76 unit Toyota Bz4X untuk dijadikan kendaraan resmi pejabat tinggi setingkat menteri yang ikut serta pada KTT ke-43 ASEAN 2023.

Sedangkan pihak WMI meminjamkan sebanyak 150 mobil listrik mungil Wuling AirEv untuk kendaraan operasional.

Menurut Public Relations Manager Wuling Motors Brian Gomgom dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (3/9/2023), seluruh unit mobil listrik pertama Wuling di Indonesia berwarna pristine white tersebut diberi tampilan corak (livery) khusus.

Di bagian pintu kanan dan kiri terdapat logo resmi KTT ke-43 ASEAN 2023 kemudian dipadu motif batik khas Betawi yang terdiri dari gambar elang bondol dan melati yang didominasi warna jingga dan ungu tua turut menghiasi bagian samping mobil.

Selain itu, pada bagian kap depan juga tersemat bendera merah putih. “Desain bercorak khusus itu diilhami dari batik sebagai salah satu produk budaya masyarakat Betawi, suku asli Jakarta,” ujarnya.

Demikian daftar mobil listrik untuk KTT ke-43 ASEAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya