SOLOPOS.COM - La Nyalla Mattalitti dikawal petugas saat tiba di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (31/5/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia periode 2019-2024 La Nyalla Mattaliti resmi menjadi salah satu bakal calon ketua umum PSSI periode 2019-2023.

Berdasarkan daftar terbaru dari Komite Pemilihan PSSI yang diterima di Jakarta, Rabu (2/10/2019), La Nyalla akan bersaing dengan lima nama lain sebagai bakal calon ketua umum PSSI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka adalah CEO Nine Sport Inc Arif Putra Wicaksono, Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan, Chairman klub Liga Australia Brisbane Roar Rahim Soekasah, Sarman dan Yesayas Oktavianus.

Nama La Nyalla sendiri tidak asing dengan PSSI. Dia merupakan ketua umum PSSI terpilih pada tahun 2015. Di masa kepemimpinan pria kelahiran 10 Mei 1949 itulah PSSI dilanda sanksi dari pemerintah melalui Imam Nahrawi yang ketika itu menjabat Menpora.

Sanksi itu menjadi alasan FIFA untuk membekukan PSSI selama tahun 2015-2016. Nama La Nyalla sempat terseret kasus korupsi penyelewangan dana hibah, tetapi divonis bebas oleh hakim pada tahun 2016.

Di dunia sepak bola, La Nyalla diketahui pernah menjadi Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur, anggota Komite Eksekutif PSSI dan sempat aktif di Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) yang dibentuk pada Desember 2011.
Selain itu, dalam data sampai Rabu (2/10), ada pula penambahan empat nama untuk posisi bakal calon wakil ketua umum PSSI. Gusti Randa, anggota komite eksekutif PSSI terkini, masuk ke dalam daftar bakal calon terbaru, bersama Ketua Asprov PSSI Jawa Timur Ahmad Riyadh, Sally Atyasasmi dan Wardy Ashari Siagian.

Komite Pemilihan PSSI sendiri masih menerima nama-nama bakal calon Komite Eksekutif PSSI hingga tanggal 3 Oktober 2019. Sementara waktu untuk melengkapi dokumen adalah 1-8 Oktober 2019.

Pengumuman kandidat sementara akan dilakukan pada 9-13 Oktober 2019. Kemudian, waktu banding untuk para kandidat pada 10-16 Oktober 2019. Pengumuman hasil banding akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2019.

Selanjutnya, pemberitahuan kepada anggota atas daftar calon tetap disepakati pada 23 Oktober 2019. Periode kampanye digelar pada 24-31 Oktober 2019. Ada pun kongres pemilihan 15 anggota komite eksekutif (Exco) PSSI termasuk ketua umum akan digelar pada 2 November 2019.

Berikut daftar bakal calon Komite Eksekutif PSSI 2019-2023 sampai Rabu (2/10/2019).

Bakal Calon Ketua Umum:

Arif Putra Wicaksono
La Nyalla Mattaliti
Mochamad Iriawan
Rahim Soekasah
Sarman
Yesayas Oktavianus

Bakal Calon Wakil Ketua Umum

Ahmad Riyadh
Benny Erwin
Cucu Somantri
Doli Sinomba Siregar
Doni Setiabudi
Gusti Randa
Iwan Budianto
Sally Atyasasmi
Wardy Ashari Siagian

Bakal Calon Anggota Komite Eksekutif PSSI

Agus Ambo Djiwa
Agus Radar Sucahyo
Ahmad Riyadh
Amir Burhanudin
Andi Darussalam Tabusalla
Andre Rosiade
Ary Julianta Tridjaka
AS Sukawijaya
Augie Benyamin
Benny Erwin
Bustami Zainudin
Dirk Soplanit
Edu Nurinda Susila
Efendi Syahputera
Endri Erawan
Esti Puji Lestari
Fadhil Rahmi
Faisal Rahman
Frans Lebu Raya
Gusti Randa
Haruna Soemitro
Hasani Abdul Gani
Hasnuryado Sulaiman
Indra DT Raja Lelo
Jamal Aziz
Julius Raja
Juni Rahman
Justinus Laksana
Kodrat Shah
M. Jaelani Saputra
Mulyadi
Nazaruddin Dek Gam
Nirmala Dewi
Nisan Setiadi
Papat Yunisal
Pieter Tanuri
Purwanto
Refrizal
Rezza Mahaputra Lubis
Sabaruddin Labamba
Sonhadi
Sumardji
Tommy Apriantono
Triana Dewi Seroja
Uden Kusuma Wijaya
Very Mulyadi
Vivin Sungkono
Wardy Azhari
Yudo Hadiyanto
Yunus Nusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya