Kategori: Nasional

Ini Daftar 6 Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju Pimpinan Presiden Jokowi


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama enam menteri baru pada jajaran Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020).

Dua dari enam menteri itu untuk mengisi jabatan yang kosong karena menteri sebelumnya terjerat kasus korupsi. Keduanya yakni Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dilansir detikcom, Presiden Jokowi tampak duduk di beranda Istana Merdeka bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Setelahnya, Jokowi memanggil satu per satu nama menteri baru tersebut.

Presiden Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet: Risma Mensos, Sandiaga Uno Menparekraf

Pertama, Jokowi memanggil Tri Rismaharini. Perempuan yang akrab dengan sapaan Risma ini adalah Wali Kota Surabaya dua periode. Risma mendapat tugas sebagai Menteri Sosial.

"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah wali kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ucap Jokowi.

Risma menduduki jabatan yang sebelumnya dipegang Juliari Batubara. Juliari kini ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan korupsi bantuan sosial Covid-19.

Ganggu Proyek Gerbang Tol, Bangunan Di Sambungmacan Sragen Dibongkar Paksa

Kedua, Jokowi memanggil nama Sandiaga Uno. Sandi yang pada Pilpres 2019 lalu menjadi cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto didapuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama.

"Saya ingin mengenalkan tapi kita semuanya saya kira sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, beliau dulu adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Ketua HIPMI," kata Jokowi.

Menteri Kesehatan

Ketiga, Jokowi memanggil Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Budi sebelumnya pernah menjabat Dirut Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Aluminium, dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN.

Underpass Jl Transito Solo Diresmikan, Namanya Sura Nata Sari

Nama keempat yang dipanggil Presiden Joko Widodo adalah Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. Yaqut adalah tokoh muslim Ketua PP GP Ansor.

Kelima, Jokowi memanggil Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang ditangkap KPK atas kasus dugaan suap perizinan ekspor benih lobster atau benur. Sakti sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pertahanan dan merupakan mantan bendahara TKN Jokowi pada Pilpres 2019.

Bantah Keterlibatan Gibran, Sritex Tegaskan Pesanan Goodie Bag Kemensos Sesuai Prosedur

Terakhir, Muhammad Lutfi didapuk Jokowi sebagai Menteri Perdagangan. "Beliau sebelumnya pernah jadi Kepala BKPM, kemudian Menteri Perdagangan, kemudian Duta Besar Indonesia untuk Jepang, dan terakhir Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dan sekarang Menteri Perdagangan lagi," ungkap Jokowi saat memperkenalkan Lutfi.

Keenam menteri baru itu akan dilantik pada Rabu (23/12/2020).

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih