SOLOPOS.COM - Suasana Ramadan 2023 Masjid Jami’ Assegaf (MJA) di Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (23/3/2023). (Solopos.co/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SEMARANG — Bulan suci Ramadan selalu dimanfaatkan sebagian besar umat Islam berlomba-lomba untuk beribadah di masjid. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga tahun 2021 ada sekitar 45.482 masjid yang tersebar di berbagai daerah atau kabupaten/kota di Jateng. Berikut daerah di Jateng dengan jumlah masjid terbanyak.

Dilansir dari laman satudata.kemenag.go.id, hingga tahun 2021 ada sekitar 50.897 masjid yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng. Masjid ini dibagi berdasarkan tipologi yakni masjid agung, masjid besar, masjid raya, masjid jami, masjid bersejarah, maupun masjid publik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari 50.897 masjid yang ada di Jateng, sebagian besar merupakan masjid jami, atau masjid yang didirikan di pusat permukiman wilayah pedesaan atau keluarahan. Jumlah masjid jami di Jateng mencapai 45.916 unit.

Sementara masjid besar mencapai 604 unit, masjid raya 2 unit, masjid agung 35 unit, masjid bersejarah mencapai 166 unit, dan masjid publik mencapai 4.174 unit.

Dari sekian banyak masjid di Jateng itu paling banyak terdapat di suatu daerah di Soloraya. Daerah dengan jumlah masjid terbanyak di Jateng itu tak lain adalah Klaten.

Dikutip dari laman jateng.bps.go.id, Klaten menjadi daerah dengan jumlah masjid terbanyak di Jateng. Jumlah masjid di Klaten mencapai 2.929. Berikut daftar daerah di Jateng dengan jumlah masjid terbanyak.

1. Klaten

Klaten menjadi kabupaten di Jateng dengan jumlah masjid terbanyak. Berdasarkan data BPS, jumlah masjid di Klaten hingga tahun 2021 mencapai 2.929 unit, sedangkan jumlah musala mencapai 1.716 unit.

Sementara jumlah tempat ibadah agama lain seperti gereja protestan mencapai 139 unit, gereja katolik 65 unit, pura 47 unit dan vihara 4 unit.

2. Magelang

Kabupaten Magelang tidak hanya dikenal memiliki banyak pondok pesantren dengan jumlah santri terbanyak di Jateng. Magelang juga dikenal sebagai daerah di Jateng dengan jumlah masjid terbanyak.

Berdasarkan data BPS hingga 2021, jumlah masjid yang ada di Kabupaten Magelang mencapai 2.633. Sedangkan jumlah musala mencapai 1.212 unit, atau turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 3.260 unit.

3. Karanganyar

Sebagai daerah yang terletak di lereng Gunung Lawu, Karanganyar rupanya juga dikenal sebagai daerah di Jateng dengan jumlah masjid terbanyak. Ada sekitar 2.487 unit masjid yang tersebar di berbagai wilayah di Karanganyar. Sedangkan jumlah musala yang ada di Karanganyar mencapai 483 unit.

4. Wonogiri

Satu lagi daerah di Soloraya dengan jumlah masjid terbanyak adalah Wonogiri. Bahkan, Wonogiri masuk dalam daftar daerah dengan jumlah masjid terbanyak di Jateng, yakni mencapai 2.446 unit.

Sedangkan jumlah musala yang ada di Wonogiri mencapai 1.054 unit. Jumlah gereja protestan mencapai 108 unit, gereja katolik 48 unit, dan pura 2 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya