Ini Cerita Perjalanan Religi Wali Kota Solo ke Vatikan
Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo,(JIBI/Solopos/Dok.)

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, belum lama ini melakukan perjalanan religi ke Vatikan.

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo alias Rudy belum lama ini melaksanakan perjalanan religi di sejumlah kota dan negara, termasuk Vatikan, Italia. Perjalanan religi itu berlangsung selama 11 hari sejak berangkat pada Minggu (11/6/2017) lalu.

Rudy memboyong empat anggota keluarganya, yakni istri, anak beserta mantu, dan putra bungsunya. Dua anggota keluarga lain tidak bisa mengikuti lantaran sedang hamil muda.

Wisata ziarah ke Yerusalem dan Vatikan ini merupakan rencana lama yang sempat tertunda pada tahun lalu karena menggelar resepsi ngunduh mantu putra keempatnya, Matheus Rizky Bayu Himawan dengan Elizabet Novia Mira Gupita Indah Pratiwi. Selain ziarah ke Yerusalem, Rudy dan rombongan juga mengikuti misa di Vatikan.

Tak banyak yang berubah dari Rudy seusai kepulangannya dari wisata religi tersebut. Hanya, Rudy mengaku mendapatkan hikmah dan mukjizat selama perjalanan religi itu.

“Di sana kami banyak berjalan dan berdoa. Saya pun merasakan mukjizat itu, meski banyak berjalan dengkul kiri yang sebelum berangkat sakit bahkan harusnya dioperasi karena ada ligamen yang sobek sekarang kondisinya sudah sembuh,” ujarnya ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Senin (3/7/2017).

Tak hanya mukjizat, Rudy juga menemukan hikmah dari perjalanan religi tersebut. Dia mengaku kini lebih religius dan banyak bersyukur atas apa yang dilimpahkan kepadanya. Banyak hal yang dilakukannya bersama rombongan saat berziarah selama sebelas hari itu.

Selain berziarah, Rudy bersama empat anggota keluargannya juga melaksanakan wisata religi serta banyak memanjatkan doa dengan mengunjungi tempat-tempat rohani. Rudy tak ingin menyia-nyiakan waktu untuk hal lain selain khusyuk berdoa.

Tidak hanya berdoa untuk diri sendiri dan keluarga, Rudy juga memanjatkan doa untuk Indonesia khususnya Kota Solo. Doa juga dipanjatkan pula untuk Presiden Joko Widodo agar selalu dilimpahi kesehatan.

Di beberapa kesempatan, ia tetap menyempatkan diri melihat keindahan kota yang dikunjungi tersebut. Ia begitu terpesona dengan penataan kota di sana dan selalu mengabadikannya. Seperti penataan kawasan bagi pejalan kaki atau city walk.

“Di sana city walk ada dua jalur, satu untuk pejalan kaki dan satu untuk pesepeda,” ungkap Rudy.

Rudy ingin mengadopsi penataan city walk tersebut di Kota Bengawan. Jalur pesepeda dan pejalan kaki sejajar. Selain penataan kawasan pejalan kaki, Rudy juga mengagumi penataan taman serta budaya masyarakat di sana.

Menurutnya masyarakat di sana sangat tertib berlalu lintas, bahkan mengutamakan pejalan kaki. “Ketika ada pejalan kaki menyeberang zebra cross, kendaraan seketika berhenti. Jadi sangat tertib. Begitu juga tamannya sangat rapi, tidak ada air mancur yang lumutan,” katanya.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom