SOLOPOS.COM - Dokter Praseno Hadi dari RS Persahabatan Jakarta. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Solopos.com, SOLO — Kadar atau saturasi oksigen dalam darah sangat penting bagi setiap orang untuk tetap bisa terjaga. Normalnya, saturasi oksigen dalam darah berkisar 95% hingga 100%.

Di era pandemi Covid-19 saat ini, banyak pasien yang mengalami penurunan saturasi oksigen dalam darah. Kondisi ini berbahaya jika tidak segera diketahui dan ditangani.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dokter Praseno Hadi dari RS Persahabatan Jakarta, salah satu alat untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah adalah dengan pulse oxymetri. Alat ini, menurutnya, sangat penting untuk dimiliki masyarakat terutama pasien Covid-19. “Jika dulu kita memiliki thermometer dan tensimeter, saat ini alat untuk mengukur saturasi oksigen sangat penting,” ujarnya dalam siaran pers yang disiarkan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Cara Cek Tempat Penyewaan, Isi Ulang dan Pembelian Tabung Oksigen di Semarang

Lebih jauh, Praseno mengatakan perlu ada perhatian khusus bagi pasien Covid-19 yang saturasinya kurang dari 90%. Idealnya, pasien tersebut mendapatkan bantuan oksigen. Jika tidak memiliki tabung oksigen, sambung dia, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam darah.

Pertama adalah tidur tengkurap. Lakukan ini selama setengah jam hingga satu jam dan secara berkala. “Lakukan berulang-ulang. Tujuannya agar distribusi oksigen di dalam paru-paru lebih merata,” ujar pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut.

Cara lainnya adalah dengan tidur miring, baik ke kiri dan ke kanan. Lakukan hal ini secara berulang-ulang. Tujuanya sama dengan tidur tengkurap.

“Kalau usaha itu tidak bisa kita lakukan, mau tidak mau kita harus membeli oksigen atau mengupayakan oksigen. Kalau itu juga tidak bisa, harus dirujuk ke rumah sakit. Itu cara menghadapi sesak napas,” kata Praseno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya