SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA–Hasil quick count antar lembaga penyelenggara yang tidak seragam menimbulkan pertanyaan di benak publik, mana lembaga yang kredibel? Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari memaparkan usulan audit lembaga penyelenggara quick count untuk membuktikan lembaga mana yang bisa dipercaya.

“Pertama, cek data kerangka populasi TPS dan sampel TPS serta metode pemilihan sampel TPS. Kalau kerangka populasinya aja tidak ada, dari mana dia mau narik sampel?” kata Qodari dalam diskusi bertema “Hitung Cepat, Seberapa Akurat?” di Rampapa Restaurant, Jaksel, Sabtu (12/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir detikcom, Qodari menuturkan bahwa hal kedua yang harus dipastikan ialah data organisasi dan personalia quick count. Data nama relawan, bukti perjalanannya ke TPS sampel, hingga data suara di TPS harus bisa diperlihatkan.

“Yang ketiga untuk diaudit ialah data elektronik dan lokasi data center. Lihat data trialnya karena harus ada latihannya, program tabulasi yang digunakan, data pelaporan oleh relawan,” ujar Qodari.

Sementara itu, poin keempat yang bisa membuktikan kredibilitas lembaga tersebut ialah data penayangannya di televisi.

“Harus dilihat apakah ada beda antara data yang dihasilkan lembaga survei dan tayangan di TV,” ucap Qodari.

Keempat poin ini disetujui oleh Hamdi Muluk selaku anggota dewan etik Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) sebagai poin yang bisa membuktikan kredibilitas lembaga penyelenggara quick count.

“Kalau hal hal tersebut tidak bisa dibuktikan, bagaimana bisa dibilang kredibel,” ujar Hamdi.

Menurutnya, lembaga penyelenggara quick count harus bisa menunjukkan bukti-bukti ilmiah. Selama bukti bisa ditunjukkan, audit sumber pendanaan menjadi nomor dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya