Kategori: Leisure

Ini Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa


Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire

Solopos.com, SOLO--Puasa memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Namun bagi penderita maag perlu mengetahui cara mencegah supaya tidak kambuh saat puasa.

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Pasalnya, orang yang memiliki riwayat penyakit maag bukan tidak mungkin mereka disarankan untuk tidak menunda waktu makan. Dilansir dari laman houstonheartburn pada Selasa (13/04/2021), ada hubungan yang kuat antara asupan makanan dan sakit perut. Makanan seperti saus tomat, dan hidangan pedas dapat memicu serangan mulas yang dapat berlangsung selama beberapa jam.

Selama puasa, sekresi ghrelin di perut, hormon rasa lapar akan meningkat. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan terbalik antara kadar ghrelin dalam darah dan maag. Dengan demikian, puasa dapat dikaitkan dengan perbaikan gejala Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung dan kejadian refluks asam yang lebih sedikit. Selanjutnya puasa menurunkan kadar gula darah.

Peningkatan gula darah dikaitkan dengan pengosongan lambung yang tertunda terutama pada pasien diabetes. Pengosongan lambung yang tertunda meningkatkan frekuensi dan durasi refluks asam. Terakhir, puasa menurunkan resistensi insulin. Resistensi insulin yang menurun mendorong penurunan berat badan. Penurunan berat badan pada pasien asam lambung yang kelebihan berat badan dikaitkan dengan penurunan mulas dan refluks asam.

Baca Juga: Viral Nenek Di Malaysia Ungkap Rahasia Berusia Hingga 110 Tahun

Mengutip Bisnis.com, Selasa (13/4/2021), bisa dikatakan, puasa sedikit berpengaruh untuk mereka yang mempunyai riwayat penyakit maag, kecuali untuk mereka yang memiliki maag akut atau sudah kadar tertinggi. Untuk mereka yang memiliki maag akut tidak dianjurkan untuk melakukan puasa. Namun, jika memang kuat boleh saja menjalankan dengan pengawasan dari dokter dan tidak memaksakan diri sendiri.

Nah agar maag tidak kambuh saat puasa, sebaiknya ketahui tipsnya. Berikut ini tipsnya seperti melansir laman detikcom, belum lama ini:

1. Tidak melewatkan waktu sahur

Langkah pertama mencegah maag kambuh saat puasa adalah tidak melewatkan waktu sahur. Melewatkan waktu sahur merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi kamu penderita maag akut. Risiko maag kambuh akan semakin meningkat jika kamu tidak sahur karena perut kosong lebih lama selama seharian penuh.

2. Konsumsi makanan yang kaya serat

Makanan yang kaya serat dapat membuat kamu merasa lebih lama kenyang. Meski waktu sahur tergolong singkat, kamu tidak boleh melupakan untuk tetap mengonsumsi buah dan sayur.

3. Hindari  makanan pemicu maag

Langkah berikutnya untuk mencegah maag kambuh saat puasa adalah hindari makanan yang sulit dicerna oleh tubuh seperti makanan yang berlemak, gorengan, kue tar, dan keju. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas karena dapat merusak dinding lambung. Hindari pula makanan olahan seperti mie dan pasta yang dapat mengiritasi selaput lambung.

Baca Juga: Begini Cara Memenuhi Asupan Cairan Tubuh Saat Puasa

4. Jangan minum sembarangan

Selama berpuasa kamu harus menjaga minuman yang memicu maag kambuh. Kurangi mengonsumsi kopi, teh, dan minuman yang bersoda. Minuman-minuman tersebut dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sebaiknya perbanyak mengonsumsi air putih agar cairan di dalam tubuh dapat tercukupi.

5. Berbuka tepat waktu

Meski sedang sibuk, usahakan untuk tetap berbuka tepat waktu. Hal ini sangat penting untuk mencegah maag kambuh saat puasa. Kemacetan parah pun menjadi alasan menunda buka puasa. Kamu dapat menyiapkan takjil sebelum kamu jalan menuju pulang.

6. Hindari rebahan setelah buka

Setelah makan akan membuat kamu terasa mengantuk. Jangan langsung rebahan karena dapat membuat asam lambung naik ke tenggorokan. Jika ingin rebahan, setidaknya tunggu 30 menit setelah makan.

7. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering

Berbuka bukan berarti kamu harus makan dalam jumlah porsi besar. Makan terlalu banyak akan membuat lambung akan teregang dan membuat perut merasa begah. Asam lambung akan meningkat dan membuat maag kambuh.

Baca Juga: Viral Tukang Servis AC Disebut Mirip Idol Korea, Setuju Enggak?

Ketika berbuka disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam skala kecil, kemudian dapat dilanjutkan dengan makan besar setelah sholat magrib. Hal lain yang harus diperhatikan adalah usahakan untuk makan secara perlahan agar dapat dicerna secara maksimal.

8. Hindari stres

Hindari stres untuk mencegah maag kambuh saat puasa. Stres dapat meningkatkan produksi asam lambung. Hindari kegiatan yang membuat hari-harimu tertekan agar tidak stres. Dengan istirahat yang cukup juga dapat membuat kamu terhindar dari stres.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Astrid Prihatini WD