SOLOPOS.COM - Ilustrasi melihat aplikasi TikTok. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Promosi bisnis di TikTok menjadi salah satu metode pemasaran yang banyak digunakan di era modern ini. Bukan tanpa alasan, karena dengan pengguna TikTok yang luas dari berbagai kalangan, mulai dari anak muda maupun orang dewasa, menjadikan media ini adalah tempat yang tepat untuk jualan.

Untuk bisa berada di for your page (FYP), pebisnis tidak bisa jika hanya mengandalkan konten yang menarik, tapi juga pebisnis harus mengandalkan lagu. Pasalnya, pemilihan lagu menjadi salah satu komponen utama ketika akan mengunggah video di TikTok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemilihan lagu yang bagus akan memperbesar kemungkinan untuk konten tersebut masuk ke dalam FYP. Menyampaikan sebuah pesan dengan menggunakan media musik atau lagu memang tampak lebih menghibur serta menyenangkan.

Harapan pembuatnya tentu saja agar pendengar dapat memahami pesan didalamnya dan selalu diingat konsumen. Bahkan, banyak sekali lagu-lagu yang viral berkat adanya TikTok.

Genre musiknya pun beragam, mulai dari indie, pop, rock, dan lain-lain. Berkat aplikasi ini juga banyak lagu yang asalnya tidak terkenal kemudian dengan cepat menjadi terkenal. Asalkan, musik itu mempunyai ciri khas yang unik dan enak untuk didengar maka kemungkinan viral sangat besar.

Tentunya, seorang pebisnis tidak perlu harus menyewa studio mahal atau mencari penyanyi terkenal untuk bisa menyanyikan lagu brand mereka. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan musik yang berpotensi membuat viral sebuah bisnis?

Berikut adalah cara jualan online lewat TikTok biar viral dan banjir pesanan seperti dilansir dari Bisnis.com, Senin (30/1/2023).

  1. Buat lagu remix

Dengan berkembangnya teknologi, kini produser musik bisa membuat ketukan audio dan menggabungkannya dengan lagu lain. Di Indonesia sendiri, sudah banyak komposer musik lokal mulai berkreasi sendiri secara kreatif, di mana mereka biasanya tidak membuat lagu dari awal tetapi hanya membuat remix dari lagu yang sudah ada sebelumnya.

Salah satunya, ini terjadi pada viralnya produk baju turun naik di TikTok. Sebelumnya, para penjual produk ini menggunakan lagu milik Fresh Boy featuring Blasta Rap berjudul Turun Naik Oles Trus yang kemudian diganti aransemen musiknya.

Alhasil, dengan keunikannya membuat hasil remix tersebut terkenal bahkan kerap disebut dengan tarian bertajuk #danceturunnaik. Hal ini otomatis membuat membuat banyak masyarakat penasaran soal produknya dan tidak sedikit pula baju naik turun tersebut jadi incaran banyak masyarakat. Ini membuktikan, musik ataupun lagu yang menciptakan suara yang unik dan segar, bisa mendorong pertumbuhan brand secara organik, di mana mereka bisa berbagi konten dengan teman dan kolega mereka soal musik yang Anda buat sampai mempengaruhi penjualan.

  1. Buat suara jadi tren TikTok

TikTok membebaskan penggunanya untuk membuat sound atau musik sendiri. Maka, cara ini bisa Anda gunakan untuk membuat viral bisnis Anda. Misalnya, di Indonesia sendiri yang terkenal akhir-akhir ini adalah Jill Shine atau yang akrab disapa Kak Jill, yang mulanya dikenal sebagai penjual gorden, namun dirinya memiliki cara yang unik setiap berjualan di akunnya.

Dengan munculnya sound atau lagu remix yang liriknya sama saat dirinya berjualan live, di mana sang penjual gorden ini kerap memanggil penonton live streaming-nya dengan sebutan ‘sayang’ dan ‘adik Kak Jill’, membuat sound-nya kian terkenal dan mengundang rasa penasaran hingga bisa mendongkrak penjualan.

  1. Buat jingle perusahaan

Jika Anda tidak menyukai ide yang pertama. Maka, jingle bisa menjadi pilihan. Anda bisa menyewa penyanyi untuk menyanyikan lagu soal produk Anda. Jingle adalah melodi pendek yang mudah diingat dan sering digunakan dalam iklan.

Jingle sangat efektif untuk pemasaran karena mudah diingat dan dapat membantu pelanggan mengingat sebuah merek ketika mereka ingin melakukan pembelian. Hal ini bisa menjadi pertimbangan, apalagi mengingat TikTok memiliki fitur hashtag (#) yang memudahkan pengguna untuk menemukan konten yang diinginkan.

Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan memberi hashtag yang sesuai dengan tema, mudah diingat, dan relevan dengan produk Anda. Biasanya, apabila konten Anda berhasil masuk FYP, maka Anda akan memperoleh banyak like, komen dan share.

Kesuksesan besar Coca-Cola sangat dikaitkan karena hubungannya dengan musik dari berbagai era. Terlepas dari berbagai merek, Anda dapat menggunakan kekuatan musik dan fasilitas gratis yang diberikan oleh TikTok.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Cara Jualan Online Biar Viral dan Banjir Pesanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya