SOLOPOS.COM - Ilustrasi kopi (Dok/JIBI/Solopos)

Ada beberapa cara menikmati kopi.

Solopos.com, JAKARTA — Minuman kopi seakan sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Cara menikmatinya juga harus tepat agar sedapnya cita rasa kopi lebih terasa dan nikmat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut sejumlah cara menikmati secangkir kopi yang sedap sebagaimana dikatakan Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Kopi Spesialty Indonesia, Surip Mawardi, seusai Festival Kopi Flores, di Bentara Budaya Jakarta, Sabtu (17/9/2016):

Kopi Murni

Menikmati sedapnya secangkir kopi harus diawali dengan kopi yang diseruput. Ungkap Surip, usahakan kopi yang hendak diseruput baiknya tanpa tambahan apa pun, termasuk gula dan campuran lain. “Kalau ditambah gula rasa kopinya bisa ketutup,” ucapnya.

Aroma

Tak hanya menikmati cita rasa dari kopi itu sendiri. Aroma kopi merupakan satu hal wajib untuk dinikmati sebelum diseruput. “Nikmati pelan-pelan. Seruput aromanya agak dalam biar tahu sedapnya kopi itu seperti apa,” tandas pria yang sudah berkutat dalam dunia kopi sejak 30 tahun itu.

Suhu

Suhu panas atau dingin adalah soal perkara selera. Anda bisa merasakan nikmatnya kopi dalam keadaan dingin atau panas.

Nikmati Perlahan

Minum kopi tidak sama seperti minum air putih. Agar nikmatnya kopi makin terasa, seruput kopi pelan-pelan. Rasakan dan cicipi rasa hingga jejak rasa yang muncul di mulut.

“Rasakan kekentalannya, asamnya, keseimbangan rasa sampai rasa yang muncul setelah itu. Karena kopi punya karakter rasa berbeda dan harus dinikmati. Terkadang ada yang fruity, ada yang rasanya ada unsur kayu manis, rempah, rasa cokelat dan lain-lain,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya