Tutup Iklan
PemkabSukoharjomelakukan tera ulang menggunakan alat bejana ukur standar guna mengukur takaran meter bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Solo Baru, Selasa (14/5)./Indah Septiyaning W.

 Solopos.com, SUKOHARJO--Dinas Perdag-perdagangan-semarang-cek-meteran-spbu" title="Dinas Perdagangan Semarang Cek Meteran SPBU">-perdagangan-semarang-cek-meteran-spbuangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo memperketat pengawasan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Selain mengantisipasi kecurangan SPBU, pengawasan juga untuk memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) selama musim Lebaran.

Salah satu bentuk pengawasan adalah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah -pembuktian-uang-palsu-petugas-spbu-viral-katanya-uang-dari-atm" title="Video Pembuktian Uang Palsu Petugas SPBU Viral, Katanya Uang dari ATM">SPBU, Selasa (14/5/2019). Dalam sidak tersebut, Disdagkop dan UKM dan UPTD Metrologi Legal Sukoharjo menera ulang takaran meter bahan bakar menggunakan bejana ukur standar. Tera ulang tersebut untuk memastikan takaran BBM sesuai dengan meteran di dispenser.

Kepala Disdagkop dan UKM Sukoharjo Sutarmo mengatakan pengujian takaran meteran menggunakan bejana ukur. 

Cara ini dinilai ampuh untuk mengetahui apakah ada takaran BBM yang tidak beres atau sebaliknya. "Kami mengantisipasi kecurangan yang dilakukan oknum [petugas] di -dilayani-beli-solar-puluhan-traktor-diparkir-di-spbu-sawit-boyolali-ini-tanggapan-pertamina" title="Tak Dilayani Beli Solar, Puluhan Traktor Diparkir di SPBU Sawit Boyolali, Ini Tanggapan Pertamina">SPBU dengan uji tera ulang ini," kata dia di sela-sela sidak.

Pengamat tera terampil UPTD Metrologi Legal Sukoharjo, Kristiani Eri Sumanto, menjelaskan bejana ukur merupakan wadah yang memiliki meteran. Meteran ini dapat menunjukkan volume BBM yang keluar dari selang dispenser.

Ada batas toleransi penyimpangan atau selisih takaran yang ditetapkan, yakni 0,5 persen dari total volume. "Karena itu, jika diisi 20 liter, selisih maksimal adalah 100 mililiter," katanya.

Avatar
Editor:
Syifaul

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten